Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

mulut kucing bau

Sebagai pemilik kucing kamu pasti ingin kucing peliharaan kamu selalu bersih, akan tetapi kucing tetaplah hewan yang tidak selalu dalam keadaan higines. Namun, sudah sewajarnya sebagai pemilik kucing kamu bisa memberikan perawatan yang baik untuk kucing kesayanganmu.

Salah satu yang bisa membuat risih pemilik kucing atau orang lain ketika menggendong kucing tersebut dan si kucing bau mulutnya.

Banyak pemilik kucing yang mencari tahu bagaimana mengatasi bau mulut pada kucing, tapi sebelum mengobatinya, kamu harus tahu dulu apa nih penyebab mulut kucing bau.

Berikut adalah penyebab dan cara mengobati bau mulut pada kucing, penjelasan ini mungkin akan sangat membantu kalian :

Penyebab Mulut Kucing Bau

cara mengobati bau mulut pada kucing
sumber gambar by google.com

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan mulut kucing jadi bau baik secara eksternal maupun internal. Diantaranya seperti faktor usia, riwayat penyakit, makanan yang tidak tepat, infeksi gusi, karang gigi, diabetes hingga gangguan pada ginjal.

1. Faktor Usia 

Kebanyakan kucing yang sudah lansia rentan terhadap masalah ini, karena daya tahan tubuhnya sudah menurun dan mudah terserang penyakit.

2. Riwayat Penyakit

Riwayat penyakit yang diderita kucing sejak kecil juga bisa menjadi faktor bau mulutnya, seperti diabetes, feline leukemia virus, calicivirus, dan sebagainya.

Baca Juga: ciri ciri kucing sakit

2. Nutrisi Makanan Yang Salah

Nutrisi makanan yang salah dapat juga menjadi penyebab mulut kucing bau, karena makanan yang dikonsumsi sembarangan.

Sebenarnya kucing tidak dianjurkan diberikan makanan berupa daging mentah dan makanan yang sifatnya basah. Karena makanan basah sulit untuk dikunyah dan mudah menempel dan tersisa di dalam mulut.

3. Karang Gigi 

Tidak hanya manusia, kucing yang mempunyai karang gigi juga dapat mempengaruhi kesehatan mulutnya, akibatnya mulut kucing berbau tidak sedap.

4. Infeksi Pada Gusi

Gusi yang terinfeksi serius dapat mengeluarkan nanah, darah, dan semacamnya, hal ini tentu membahayakan kesehatan mulut dan dapat menimbulkan bau mulut yang lebih parah.

5. Gangguan Ginjal

Gangguan ginjal pada kucing menyebabkan keluarnya amonia dan kemudian masuk ke pembuluh darah, sehingga mengakibatkan mulut kucing berbau tidak sedap.

Penyakit seperti ini jangan dibiarkan begitu saja karena dapat membahayakan kesehatan kucing itu sendiri. Parahnya lagi dapat menimbulkan kematian pada kucing kesayanganmu.

6. Diabetes dan Masalah Hati

Kucing yang menderita diabetes bisa menimbulkan bau mulut yang tidak biasa, biasanya baunya manis seperti pewarna kuku. Sama halnya dengan gangguan hati yang dapat membuat nafas kucing jadi bau.

Itulah beberapa penyebab atau faktor yang dapat membuat bau mulut pada kucing peliharaanmu, berikut adalah cara mengobatinya :

Cara Mengobati Mulut Kucing Bau

penyebab mulut kucing bau
sumber gambar arenahewan.com

1. Memperhatikan Jenis Makanan

Jika manusia mengkonsumsi makanan yang bisa menimbulkan bau mulut seperti pete atau jengkol, bau mulut pada kucing juga bisa disebabkan karena makanan yang ia konsumsi. Maka dari itu, perhatikan jenis makanan yang dikonsumsi oleh si kucing.

Untuk menjaga mulut kucing dari bau yang tidak sedap, sebaiknya jangan berikan ia daging mentah, ikan mentah, dan makanan mentah lainnya karena semua itu akan menambah buruk bau mulutnya.

Berikan vitamin sebanyak tiga kali dalam satu minggu pada kucingmu untuk mengurangi bau mulut tersebut.

2. Pemberian Antibiotik

Apa hubungannya antibiotik dengan bau mulut kucing? Perlu kamu ketahui bahwa bau mulut pada kucing bisa jadi disebabkan oleh kondisi kesehatan dalam atau luar tubuh kucing kamu.

Pemberian antibiotik ini dapat membantu meredakan bau mulut kucing yang sangat tidak sedap. Kamu dapat beli di pet shop atau dokter hewan, supaya tidak overdosis ada baiknya mengikuti aturan atau resep dari dokter hewan.

3. Berikan Air Minum

Air minum dapat membantu membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi atau mulut kucing kamu, sebaiknya berikan air bersih dan kurangi jenis minuman berasa seperti susu atau semacamnya.

Tetapi bukan berarti susu dapat menimbulkan bau mulut, hanya saja air bersih dapat membersihkan semua sisa makanan yang terdapat di area dalam mulutnya.

Jangan lupa untuk mengontrol kebersihan air minum kucing kamu supaya tetap higines.

4. Latih Kucing Untuk menggosok gigi

Cukup sulit melatih kucing supaya bisa mandiri untuk menjaga kebersihan serta kesehatan tubuhnya.

Sebaiknya sejak awal mengadopsi kucing, kamu sudah melatihnya untuk terbiasa mau di gosok giginya. Karena dengan membersihkan atau menyikat gigi dapat mengurangi bau mulut pada kucing.

Tetap berhati-hatilah saat melakukan kegiatan tersebut, karena ia bisa saja mencakar ketika merasa tidak nyaman.

5. Bersihkan Karang Gigi 

Membersihkan karang gigi atau scaling merupakan cara ampuh untuk menghilangkan bau mulut kucing yang tidak sedap.

Namun kegiatan ini hanya boleh dilakukan pada kucing dewasa dan harus dengan ahlinya seperti dokter hewan, cara ini bisa dilakukan minimal sekali dalam enam bulan untuk hasil yang maksimal.

6. Pemberian Obat

Tidak ada salahnya untuk memberikan obat penghilang bau mulut khusus kucing seperti, Fresh C Mouth, Fresh Up, Virbac Aquadent, dan obat lainnya.

Kamu bisa membelinya di toko hewan baik online maupun offline, jika kamu khawatir dengan pemberian obat ini, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan.

Apabila bau mulut kucing kamu sudah di level tinggi segera bawa ke klinik hewan untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengobati bau mulut tidak sedap pada kucing, kamu bisa menerapkannya langsung pada kucing kesayanganmu sebagai bentuk menjaga kesehatan dan kebersihan tubuhnya.

Untuk mendapatkan solusi yang tepat, ada baiknya periksa langsung ke dokter hewan terdekat.

Jangan lupa berikan perlakuan yang baik dan selalu perhatikan kesehatan kucing kamu, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Kucing Savannah

Rumah Fauna
2 min read

Kucing Persia Flatnose

Rumah Fauna
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *