Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

makanan kelinci

Bagi para peternak kelinci hal wajib yang harus ditekuni adalah mengetahui jenis makanan kelinci terbaik dan bagaimana cara pemberiannya. Kenapa? supaya pertumbuhan kelinci normal dan hasil budidaya lebih optimal.

Semua orang tahu kelinci mengkonsumsi wortel, tapi di habitat aslinya kelinci mengonsumsi biji-bijian, rumput-rumputan, dan daun-daunan. Namun kelinci juga membutuhkan zat makanan lainnya seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air.

Oleh karena itu, rumahfauna.com akan mengulas pakan apa saja yang disukai kelinci dengan bahan utama yang mudah ditemukan, harga murah, dan juga bergizi untuk kelinci. Berikut makanan kelinci terbaik dan cara pemberiannya:

1. Air Susu Induk

Air susu induk adalah makanan alami terbaik karena memiliki zat paling lengkap serta baik untuk kelinci yang masih baby dan masih menyusu.

Air susu induk memiliki kandungan yang lebih banyak dibandingkan susu sapi, lemak dan protein empat kali lebih besar, dan mineral lebih banyak tiga kali lipat.

2. Hijau-hijauan

pict by pixabay.com

makanan yang dimaksud hijau-hijauan diantaranya adalah rumput, daun kacang panjang, daun lamtaro, daun ubi jalar.

Cara pembriannya yakni daun tersebut dilayukan terlebih dahulu kemudian diberikan secukupnya. Jika tidak dilayukan, kelinci akan mengalami keracunan yang membahayakan nyawa si kelinci.

BACA JUGA : Jenis Kelinci Rex

3. Biji-Bijian

pict by pixabay.com

Biji-bijian ini termasuk dalam salah satu makanan terbaik kelinci karena asupan jenis ini mempunyai protein tinggi.  Seperti jagung, padi, gandum, kedelai, dan jenis kacang.

Untuk cara pemberiannnya biji-bijian ditumbuk terlebih dahulu, lalu diberikan ke kelinci sebanyak 150-250 gram per ekor dalam satu hari.

4. Hay

pict by kelincipedia.com

hay adalah rumput yang dipotong saat hampir berbunga lalu diawetkan dengan cara dikeringkan supaya masih ada gizi dan seratnya.

Rumput hay ini rasanya manis, sehingga kelinci akan suka dengan pakan ini.

Kamu juga bisa memberikan ampas tebu yang sudah direndam selama 24 jam dan telah difermentasikan dengan molase.

Jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai pakan kelinci :

BahanProtein (%)Lemak (%)
Daun Lamtoro126,5
Rumput Kalamenta10,261,46
Daun Kacang Tanah16,592,90
Daun Pisang16,815,90
Daun Dadap27,152,91
Daun Turi Merah31,687,05
Daun Duri Putih40,625,65
Jerami Jagung5,571,25
Rumput Jampang8,291,01
Rumput Cakar Ayam8,441,47
Rumput Ginting8,671,22
Jerami Padi9,832,15

5. Umbi-Umbian

Selain hijau-hijauan, ada jenis umbi yang bisa menjadi makanan alternatif untuk kelinci.  Diantaranya seperti talas, ubi jalar, singkong rebus, dan jenis umbi-umbian lainnya.

Kesimpulan

Nah, itulah jenis makanan kelinci terbaik yang bisa kita dapatkan dengan mudah dan tentunya dengan harga yang sangat terjangkau. Kalian bisa jadikan refrensi diatas untuk alternatif dalam memberi makan kelinci kesayangan kalian. Semoga bermanfaat ya 🙂

Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Jenis Kelinci Rex

Rumah Fauna
3 min read

Jenis Kelinci

Rumah Fauna
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *