Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Kucing Savannah

kucing savannah

Siapa yang tidak tahu dengan kucing savannah? Yaps, kucing savannah merupakan kucing hutan yang berhabitat di hutan atau rumput liar. Kucing ini memiliki penampilan nyentrik seperti harimau kecil. Ras ini juga masih satu saudara dengan kucing bengal, meski ada beberapa ciri-ciri yang berbeda.

Savannah memiliki banyak sekali energi, ia juga sangat aktif dan suka berpetualang. Sehingga kucing ini tidak cocok untuk kalian yang suka bersantai di dalam rumah.

Sejarah Kucing Savannah

sejarah kucing savannah
pinterest.com

Kucing yang memiliki pola seperti harimau ini ditemukan oleh seorang peternak kucing bernama Judee Frank asal Amerika Serikat. Ia menemukan ras ini dengan cara mengawinkan ras siamese dengan serval jantan. Pada tahun 1986 ia berhasil melahirkan kucing ras baru yang diberi nama Savannah.

Seorang pecinta kucing asal Amerika bernama Patrick Kelley sangat tertarik dengan kucing savannah, sehingga ia membelinya dan berniat untuk mengembangbiakan.

Tidak hanya itu, bersama rekannya Joyce Sroufe, ia berusaha mendaftarkan kucing ini ke organisasi pendaftaran kucing sedunia agar diakui dan dilindungi keberadaannya.

Pada tahun 2001 ras ini baru mendapatkan pengakuan oleh TICA, dan di tahun 2012 CFA juga melakukan pendaftaran terhadap kucing savannah.

Baca Juga: Hewan Peliharaan

Ciri-ciri Kucing Savannah

ciri-ciri kucing savannah
pinterest.com

Sekilas kucing savannah tampak seperti anak harimau karena totol-totol di tubuhnya dan perawakannya yang juga cukup besar.

Ia juga mempunyai gigi taring yang terlihat menakutkan. Mengingat kembali kucing ini merupakan kucing liar, jadi sangat wajar jika penampilannya juga berbeda dari kucing lainnya.

Tubuhnya yang sangat lentur membuatnya dapat mudah bergerak, khususnya memanjat dari satu pohon ke pohon lainnya.

Telinga kucing ini berukuran sedang, bola matanya oval dan sangat menawan. Savannah memiliki beberapa varian warna diantaranya perak tabby tutul, hitam tutul, cokelat tabby tutul, dan masih ada yang lainnya.

Karakter Kucing Savannah

makanan kucing savannah
pinterest.com

Meski savannah merupakan kucing liar, tapi ia mempunyai sifat yang jinak sama seperti kucing pada umumnya. Hal itu karena sudah banyak pecinta kucing yang memelihara kucing ini di rumah. Sehingga savannah dapat bersosialisasi dengan baik dengan pemiliknya.

Selain itu, kucing liar ini mempunyai kecerdasan dan rasa penasaran yang cukup tinggi. Jika kamu melatihnya, savannah akan tumbuh menjadi kucing yang cerdas. Ia akan belajar hal baru disekelilingnya seperti menutup pintu lemari, jendela, dan lainnya.

Namun, jangan lupakan naluri liar yang dimiliki kucing savannah. Ajaklah kucingmu ke luar rumah, kamu akan melihatnya pandai melompat dan bergelantungan di atas pohon. Kucing ini juga tidak takut terhadap air loh, seringkali ia berenang di perairan yang dangkal.

Savannah sangat takut terhadap suara aneh dan bising, ia juga kurang menyukai orang baru selain majikannya dan juga hewan lain.

Baca Juga: Kucing Persia Flatnose

Fakta Kucing Savannah

jenis kucing savannah
pinterest.com

Kucing yang sangat populer di Amerika Serikat ini dihargai hingga ratusan juta rupiah loh. Hm, apa ya kira-kira keunikan kucing liar ini?

Berikut adalah fakta mengenai kucing savannah yang jarang diketahui banyak orang:

  1. Banyak yang belum tahu loh ternyata kucing savannah ini memiliki sifat yang jinak dan suka diajak jalan-jalan.
  2. Semakin murni rasnya, harga kucing savannah akan semakin mahal.
  3. Kucing yang sangat enerjik dan aktif, ia termasuk kucing yang memiliki rasa ingin tahu cukup tinggi.
  4. Savannah tidak takut air loh, bahkan ia dapat berenang. Savannah juga sangat suka sekali melompat tinggi.
  5. Kucing savannah tidak takut terhadap hewan lain seperti anjing.
  6. Corak dan warna bulu kucing liar ini mirip seperti cheetah dan macan.
  7. Kucing savannah mampu bertahan hidup lebih lama.

Baca Juga: Fakta Kucing Hitam

Harga Kucing Savannah

Jika di luar negri, harga kucing liar ini dibanderol hingga ratusan juta rupiah. Sedangkan di Indonesia sendiri cukup rendah yaitu sekitar 30 – 60 juta per ekornya.

Semakin murni rasnya, harganya akan semakin mahal. Seperti jenis F1, dimana ras tersebut masih sangat dekat dengan nenek moyangnya sehingga bisa dihargai hingga 300 juta rupiah.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mengadopsi kucing termahal di dunia ini?

Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Kucing Persia Flatnose

Rumah Fauna
3 min read

Cara Melatih Kucing

Icha
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *