Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Kucing Persia Himalaya

Kucing persia himalaya adalah salah satu ras kucing persia yang paling diminati di dunia. Kucing ini memiliki bulu yang khas, menawan, cantik dan unik jika dibandingkan dengan ras persia lainnya. Ditambah dengan bentuk tubuh kucing ini yang menarik, banyak pecinta kucing yang ingin memeliharanya.

Ras kucing ini merupakan hasil persilangan antara kucing persia dengan kucing siam, kucing himalaya sangat identik dengan mata yang berwarna biru dan pola warna poin.

Sejarah Kucing Persia Himalaya

sejarah kucing persia himalaya

Sebenarnya kucing ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, tetapi baru diperkenalkan di Eropa ditahun 1950-an dengan sebutan yang berbeda, yaitu kucing persia warna poin.

Kucing ini sudah dikategorikan ke dalam ras yang berbeda dengan kucing persia oleh The International Cat Associaton, tetapi masih masuk dalam kelompok yang sama dengan kucing persia.

Menurut beberapa pemilik kucing, ras himalaya masih dianggap sebagai versi warna lain dari kucing persia sehingga tidak dianggap sebagai ras terpisah.

Karakteristik Kucing Persia Himalaya

cara merawat kucing persia himalaya

Kucing cantik ini memiliki bentuk tubuh yang gemuk dan kaki yang besar sama seperti kucing persia lainnya, hal ini yang membuat si kucing jadi sulit melompat.

Disisi lain kucing ini juga memiliki tubuh layaknya kucing siam yang artinya memiliki tubuh yang langsing ramping dan anggun.

  • Kucing persia himalaya termasuk kucing yang memiliki tubuh besar dengan tulang yang kuat. Kucing persia himalaya memiliki berat kurang lebih 4 – 6 kg.
  • Memiliki kepala yang bulat dan penuh serta hidung yang pesek, pada bagian kepalanya didominasi warna putih dengan warna kecoklatan seperti warna kucing siam.
  • Dibagian telinga memiliki warna yang gelap seperti halnya kucing siam. Ukuran telinganya pendek seperti kucing persia pada umumnya, bagian mata kucing ini memiliki warna mata yang biru dan bulat besar.
  • Kucing ini memiliki kaki yang pendek dengan warna yang gelap, kaki kucing persia himalaya dilapisi bulu yang lebat dan ditompang oleh cakar yang besar dan kuat.
  • Memiliki kekuatan untuk bertahan hidup sekitar 9 – 15 tahun.

Fakta Kucing Himalaya

Kucing Himalaya

1. Bukan Berasal Dari Himalaya

Banyak orang yang salah dengan mengira kucing ini berasal dari pegunungan himalaya di Nepal. Fakta yang benar kucing ini tidak berasal sanah. Pemberian nama himalaya dikarenakan kucing ini memiliki titik warna mirip seperti kelinci himalaya.

2. Himalaya Merupakan Hasil Persilangan

Pada tahun 1920an banyak peternak yan berusaha membuat kucing dengan fisik seperti kucing persia dan pola warna yang mirip kucing siam. Namun, baru pada tahun 1957, peternak Amerika Margaret Goforth menamai jenis tersebut Himalaya. Kucing Himalaya telah resmi diakui oleh Cat Fanciers’ Association di tahun yang sama.

3. Himalaya Adalah Bintang Film

Siapa yang masih inget kucing yang memerankan tokoh bernama Sassy di film The Incredible Journey tahun 1999? Disitulah kucing himalaya memperlihatkan bakat aktingnya.

4. Penuh Kasih Sayang

Kucing himalaya mempunyai sifat yang lebih tenang dibandingkan leluhurnya kucing siam. Meskipun tidak terlalu aktif, tapi mereka sangat senang bermain dengan teman-teman kucingnya. Selain itu kucing ini juga sangat penyayang dan ramah terhadap pemiliknya.

5. Perlu Perawatan Ekstra

Sama seperti kucing ras yang memiliki bulu lebat dan panjang, himalaya perlu perawatan ekstra untuk menjaga kebersihan juga kesehatan tubuhnya. Sebagai pemilik kucing ini kamu harus rajin menggroomingnya, berikan juga vitamin yang cocok..

6. Bukan Pelompat Yang Hebat

Kaki pendek kucing Himalaya membuat mereka sulit untuk melompat tinggi seperti kucing lainnya. Tidak seperti kucing kampung atau jenis savannah yang bertubuh ramping dan sangat menyukai lompatan tinggi. Himalaya cocok untuk kamu yang menyukai kucing pendiam dan ramah.

Cara Merawat Kucing Persia Himalaya

makanan kucing persia

Sebelum membeli atau mengadopsi kucing persia himalaya, tidak ada salahnya dong untuk tahu dan mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara merawat kucing ini dengan baik. Berikut adalah cara merawat kucing persia himalaya :

1. Perhatikan kandang kucing

Sebenarnya tidak ada yang berbeda untuk perawatan kucing persia himalaya, pertama kamu harus memberikan tempat tinggal yang nyaman dan bersih untuk kucing kesayanganmu. Tempat tinggal sangat berpengaruh loh untuk kesehatan dan kenyamanan si kucing.

2. Pasir kucing

Selanjutnya sediakan pasir yang lembut dan saring pasir terlebih dahulu agar bebas dari kotoran kucing tidak, pasir ditempatkan didalam wadah dan diletakan didalam kandang kucing.

3. Kualitas makanan dan minuman

Kemudian jangan lupa menyediakan stok makan dan minuman dikandang si kucing, jangan sampai stok makan dan minum si kucing kehabisan. Kamu juga harus pintar dalam memilih produk yang sekiranya kucingmu cocok dan suka.

4. Jangan sampai stress

Luangkan waktu kamu untuk bermain dengan si kucing, kamu bisa ajak kucingmu bermain di halaman rumah. Atau kamu boleh membelikan mainan untuk kucing kesayanganmu. Intinya manjain si kucing agar dia merasa tenang, nyaman dan tidak stres.

5. Perhatikan kebersihan dan kesehatan si kucing

Kebersihan dan kesehatan sangat penting untuk kelangsungan hidup si kucing, kalau kucing kotor pasti rentan terhadap penyakit. Apa lagi bulu kucing ini yang lebat, jika tidak diurus dengan baik kuman dan kotoran bisa hinggap di bulunya.

Kamu bisa memandikan kucingmu sendiri atau pergi ke petshop terdekat untuk pakai jasa grooming kucing mereka. Nah, untuk harganya ras himalaya ini biasanya akan di bandrol dengan harga berikut:

Daftar Harga Kucing Persia Himalaya

Anakan Kucing Persia Himalaya Lucu
UmurVaksinHarga
3 BulanBelum DivaksinRp 3.000.000-Rp 4.000.000
3 BulanSudah DivaksinRp 5.000.000- Rp 6.000.000
6 BulanBelum DivaksinRp 7.000.000-Rp 8.000.000
6 BulanSudah DivaksinRp 9.000.000-Rp 10.000.000

Dibandingkan dengan jenis persia yang lainnya, harga ras himalaya ini merupakan harga yang paling bersahabat untuk para catlovers.

Tips Memilih Kucing Persia Himalaya

  • Pertama kamu harus siapkan budgetnya terlebih dahulu.
  • Belilah kucing persia himalaya ditoko hewan yang sudah legal dan terpercaya.
  • Kamu harus tau harga-harga pasaran kucing terbaru dan selalu update tentang harga kucing.
  • Jangan lupa tanyakan kepada pemilik sebelumnya atau ditoko hewan jenis makanan apa yang cocok untuk kucing tersebut.
  • Dan yang terakhir buat bukti pembelian serta bukti tertulis untuk mencegah penipuan yang dilakukan penjual.

Demikian beberapa penjelasan tentang kucing persia himalaya, semoga artikel ini dapat membantu kamu memberikan informasi yang ingin mengadopsi ras kucing teersebut.

Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Kucing Savannah

Rumah Fauna
2 min read

Kucing Persia Flatnose

Rumah Fauna
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *