Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Kucing Persia Flatnose

kucing persia flatnose

Saat ini sudah banyak para pembiak kucing yang melakukan perkawinan silang antar kucing persia. Sehingga menghasilkan berbagai kucing ras yang lucu dan menggemaskan salah satunya yaitu kucing persia flatnose. Persia flatnose termasuk ke dalam ras persia yang populer di dunia.

Kucing persia flatnose terbagi menjadi beberapa jenis, pembagiannya berdasarkan pada kondisi bulu dan warna bulu kucing tersebut. Untuk menjawab pertanyaan Anda seputar jenis kucing persia ini, rumahfauna.com akan memberikan informasinya secara ringkas dan jelas.

Berikut adalah beberapa jenis persia flatnose yang terkenal di dunia:

Kucing Persia Flatnose Longhair

kucing persia flatnose long hair

Seperti namanya, kucing ini memiliki panjang bulu yang berbeda dari jenis kucing persia lainnya, yaitu mencapai antara 13 – 15 cm. Sedangkan panjang bulu yang dimiliki jenis kucing persia lainnya mencapai 5 – 15 cm saja. Karena bulunya yang super panjang dan lebat, tentu perawatannya juga lebih sulit ya.

Kucing Persia Flatnose Bulu Kapas

makanan kucing

Dinamakan bulu kapas karena kucing ini mempunyai bulu yang sangat halus seperti kapas. Warnanya bulunya beraneka ragam dan tidak kalah panjang dari persia flatnose lainnya. Jenis kucing ini terlihat sangat unik dan menggemaskan, sehingga banyak para pecinta kucing yang ingin mengadopsinya.

Kucing Persia Flatnose Abu-Abu

harga kucing flatnose

Sebenarnya sama saja dengan jenis persia flatnose lainnya, hanya saja warna bulunya didominasi dengan warna abu-abu. Jenis persia flatnose ini juga banyak dicari para catlovers loh.

Kucing Persia Flatnose Putih

kucing persia flatnose putih

Terakhir ada kucing persia flatnose putih, bagi Anda yang menyukai warna putih, jenis ini cocok sekali untuk dipelihara. Selain itu, kucing flatnose putih ini juga termasuk populer di Indonesia.

Ciri-ciri Kucing Persia Flatnose

Ciri-ciri kucing persia flatnose sangat identik dengan muka datar dan hidungnya yang pesek. Kepala kucing ini tidak terlalu bulat namun sedikit kotak jika dibandingkan dengan persia peaknose. Sama seperti jenis persia lainnya, bulu kucing persia flatnose lebat dan juga panjang.

Tubuhnya yang gemuk, dengan matanya yang bulat dan kecil membuat persia flatnose terlihat sangat lucu. Apalagi kakinya yang pendek membuat kucing ini terlihat gembul dan menggemaskan. Tidak heran kenapa banyak para catlovers yang mengadopsinya.

Karakteristik Persia Flatnose

Banyak orang yang mengadopsi kucing persia flatnose karena tingkah lakunya yang menggemaskan. Kucing jenis ini sangat aktif dan lebih suka diajak bermain oleh pemiliknya. Anda bisa meluangkan waktu untuk bermain atau sekedar mengelus-elus bulunya, karena pada dasarnya jenis kucing persia sangat senang jika mendapat perhatian dari pemiliknya.

Kucing persia flatnose juga merupakan kucing yang ramah, baik kepada orang di sekitar maupun pada hewan lain yang hidup bersama dengannya. Jadi tidak perlu khawatir jika ingin memelihara hewan selain di rumah. Kucing flatnose milikmu akan senang karena mempunyai teman untuk diajak bermain bersama.

Kucing Persia Flatnose vs Persia Peaknose

Banyak yang bertanya apasih perbedaan kucing flatnose dan kucing peaknose. Sebelum benar-benar ingin mengadopsinya, ada baiknya Anda mengetahui dulu bagaimana cara membedakan kedua jenis kucing persia tersebut. Berikut ini beberapa perbedaan antara kucing persia flatnose dan kucing persia peaknose:

  • Kucing persia flatnose

Seperti ciri-ciri diatas kucing persia flatnose ini memang memiliki hidung cukup pesek, mimik wajah yang datar, mata bulat, tubuh gemuk, dan kaki yang tidak terlalu tinggi.

  • Kucing persia peaknose

Sedangkan persia peaknose memiliki hidung yang sangat pesek dibandingkan persia flatnose. Kakinya jauh lebih pendek sehingga mereka ini sulit sekali untuk loncat. Perbedaan kedua kucing tersebut akan terlihat jelas ketika Anda melihatnya dari samping.

Beberapa informasi terkait jenis kucing persia lainnya bisa Anda lihat disini:

Setelah sudah bisa membedakan antara kucing persia flatnose dan kucing persia peaknose, yang harus Anda tahu lagi sebelum ingin membelinya ialah berapa harga kucing flatnose secara lengkap. Hal ini supaya bisa mengira-ngira berapa budget atau biaya yang harus dikeluarkan untuk mengadopsi kucing lucu ini.

Berikut daftar harga kucing persia flatnose tahun 2020 (harga bisa berubah sewaktu-waktu).

Harga Kucing Persia Flatnose

UmurVaksinHarga
3 BulanBelum DivaksinRp 5.000.000-6.000.000
3 BulanSudah DivaksinRp 7.000.000-Rp 8.000.000
6 BulanBelum DivaksinRp 9.000.000-Rp 10.000.000
6 BulanSudah DivaksinRp 11.000.000-Rp 12.000.000

Harga persia flatnose memang kucing yang termahal ke dua setelah kucing persia peaknose. Namun bukan masalah yang besar bagi pecinta kucing demi mendapatkan hewan peliharaan yang sangat disukainya.

Cara Merawat Persia Flatnose

Nah, setelah Anda mengetahui kerakteristik dan harga persia flatnose, materi selanjutnya yang harus dipahami adalah bagaimana cara merawat kucing flatnose yang baik dan benar. Berikut adalah rangkumannya:

1. Memberikan Makanan Bergizi

Makanan yang bergizi tentu memberikan dampak yang baik untuk kesehatan si kucing. Ada dua jenis makanan kucing, yaitu tipe basah dan kering. Supaya tidak bosan, Anda bisa memvariasikan kedua jenis makanan tersebut. Anda bisa membelinya di pet shop terdekat, dan belilah produk makanan yang cocok dengan kucingmu.

Baca Juga: Makanan Kucing Terbaik

2. Merawat Bulu Kucing Persia Flatnose

Karena persia identik dengan bulunya yang halus, panjang, juga lebat, membuat Anda harus rajin merawatnya supaya tidak kusut dan rontok. Caranya dengan menggunakan shampo kucing yang tepat lalu menyisirnya setiap hari.

Perawatan dasar tersebut sangat wajib dilakukan semua pemilik kucing ras guna menjaga kesehatan dan kebersihan si kucing. Jika kamu tidak punya waktu banyak, bisa juga membawa kucingmu ke pet shp terdekat untuk digrooming.

3. Rajin Memandikan Kucing

Jika sudah memutuskan untuk mengadopsi kucing, artinya sudah siap untuk direpotkan dengan urusan perkucingan. Anda harus rajin memandikannya supaya tetap bersih dan sehat. Kucing suka sekali menelusuri area halaman rumah, dan pastinya banyak tungau atau jamur, Jika tubuhnya tidak rajin dibersihkan, khawatir si kucing terkena scabies dan penyakit lainnya.

4. Membersihkan Bagian Mata dan Hidung

Beberapa jenis kucing persia memiliki gangguan mata sehingga dapat mengeluarkan air mata. Maka dari itu rajinlah membersihkan mata dan hidung kucing flatnose ini.

5. Bersihkan kandang

Kandang yang bersih tentu memberikan dampak yang baik pula bagi kesehatan kucing flatnose. Rajinlah untuk membersihkan kandang si kucing, dengan rutin membuang kotoran yang sudah penuh di bak atau tempat kucingmu buang air.

6. Ajak Kucing Berjemur

Supaya kucing tetap sehat, Anda bisa mengajaknya untuk berjemur di bawah sinar matahari supaya mendapatkan udara yang segar. Hal ini juga bisa Anda manfaatkan untuk mengajaknya bermain bersama.

7. Ajak Kucing Bermain

Kucing juga bisa merasa stress jika suasana hatinya tidak bahagia, maka dari itu luangkanlah waktu untuk mengajak kucing bermain di luar rumah. Hal ini supaya kucing jadi lebih aktif dan tidak mudah jenuh. Boleh juga membelikan mainan untuk kucing kesayanganmu.

Nah, itulah informasi lengkap yang disampaikan oleh rumah fauna mengenai kucing persia flatnose. Apakah Anda tertarik untuk mengadopsinya?

Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *