Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Jenis Kucing Kampung

Berbicara seputar kucing memang seolah tidak ada habisnya, hewan menggemaskan ini selalu menarik untuk dibahas. Dari sekian banyak jenis kucing yang ada di dunia, pasti anda sudah tidak asing lagi dengan kucing kampung.

Kucing kampung sendiri umumnya dekat dengan kehidupan manusia, baik itu kucing kampung liar, maupun kucing kampung peliharaan. Sama seperti kucing ras, kucing kampung juga terdiri dari berbagai jenis. Dan berikut adalah jenis-jenis Kucing Kampung di Indonesia.

1. Kucing Kampung Putih

jenis kucing kampung
telingakucing.blogspot.com

Pada umumnya, kucing kampung putih kebanyakan berjenis kelamin betina. Warna bulunya yang putih, akan membuat siapa saja terpesona. Khususnya bagi anda para pecinta kucing. Karakter kucing kampung putih, tergolong pintar, suka bermain, dan energik.

Namun, biasanya kucing kampung putih kurang pandai berburu atau berkelahi. Selain itu karena memiliki warna bulu yang putih, kucing kampung putih juga harus sering dimandikan. Jika tidak bulunya akan tampak kotor dan kusam.

2. Kucing Kampung Hitam

kucing hitam
loop.co.id

Selain memiliki bulu berwarna putih, beberapa kucing kampung memiliki bulu berwarna hitam. Bagi sebagian orang, mungkin kucing hitam akan terlihat sedikit menyeramkan.

Padahal, kucing kampung hitam tergolong tipe penurut pada pemiliknya. Karakter kucing kampung hitam juga termasuk aktif, dan pandai berburu.

BACA JUGA: Jenis Kucing Paling Cantik di Dunia

3. Kucing Kampung Hitam Putih

kaskus.com

Jenis kucing kampung selanjutnya adalah kucing hitam putih. Sesuai namanya, kucing ini memiliki bulu dengan perpaduan warna hitam dan putih. Karakter kucing kampung hitam putih, biasanya cenderung pemalas tapi tetap mudah diatur.

Kucing ini juga tergolong pandai berburu, namun tidak menyukai perkelahian dengan sesama.

4. Kucing Kampung Merah Bata

makanan kucing kampung
kucingklik.com

Kucing kampung merah bata, merupakan salah satu jenis kucing kampung yang paling sering ditemui. Karakternya ceria, pemalas, namun tetap penurut. Kucing ini juga kurang pandai berburu, ia cenderung lebih senang berada di rumah.

Kucing kampung merah bata sangat suka jika dibelai pada area perut dan leher, dan jenis kucing ini juga tergolong suka makan.

5. Kucing Kampung Putih Merah Bata

trikmerawat.com

Memiliki warna bulu yang putih, dengan bercak berwarna merah bata, kucing satu ini terlihat unik, dan menggemaskan.

Kucing kampung putih merah bata juga cepat beradaptasi dengan lingkungan baru. Saat masih kecil, kucing kampung putih merah bata cukup aktif dan senang bermain.

Saat dewasa, biasanya ia lebih senang berkelahi dibandingkan bermain, meskipun terkenal pemalas dan suka tidur, namun kucing ini merupakan pemburu yang baik.

Baca Juga: Jenis Kucing Persia

6. Kucing Kampung Calico

kucing.co.id

Kucing kampung calico, atau lebih dikenal dengan kembang telon memiliki bulu dengan corak yang unik. Kembang telon juga memiliki karakter yang pintar dan energik. Meskipun kurang pandai berburu, namun kucing ini lebih senang berada di luar rumah.

Siapa yang tidak pernah lihat kelompok kucing di jalanan? Kucing yang sering kita temui di pinggir jalan sering disebut juga kucing kampung. Siapa yang ingin memelihara kucing kampung?

Meskipun kucing kampung terlihat kotor dan tidak terawat, sebagai pemilik kucing, kamu harus tetap merawatnya dengan baik dan tidak boleh sembarangan.

Untuk itu silahkan simak pembahasan lengkap tentang cara merawat kucing kampung yang tepat sebagai berikut:

Cara Merawat Kucing Kampung Yang Benar

apahabar.com

1. Mandikan Kucing Kampung 

Cara merawat kucing kampung yang pertama yaitu dimandikan supaya tubuhnya bersih dan terhindar dari kutu. Jadi tidak hanya kucing ras saja yang badannya harus bersih.

Cara memandikan anak kucing bisa menggunakan tisu basah dengan cara membasuh ke seluruh badannya. Sedangkan kucing dewasa bisa dimandikan secara biasa dengan hati-hati, karena jika dipaksa kucing kampung akan berontak bahkan mencakar.

Saat musim hujan tiba lebih baik kucing kampung tidak dimandikan, hal ini dilakukan ia rentan terhadap penyakit paru-paru.

2. Memberikan Suplemen

gambar dari google.com

Selain makanan yang bergizi,sebaiknya kucing kamu juga diberikan suplemen atau vitamin untuk memenuhi nutrisi dan menjaga imunitas tubuhnya.

Suplemen ini dapat membantu kucing untuk menjaga stamina, dan mengantisipasi serangan virus dan penyakit yang membahayakan kucing kampung.

Cara pemberiannya disesuaikan dengan berat tubuh kucingnya, berikan 1 softgel suplemen untuk per kg bobot tubuh kucing dalam sehari.

Apabila kucingmu terkena flu, biarkan ia berjemur di bawah sinar matahari dan beri vitamin.

BACA JUGA: Vitamin Bulu Kucing

3. Memberikan Susu

Susu sangat berperan penting untuk perkembangan tubuh kucing, baik itu kucing ras atau kucing kampung. Terutama pada anak kucing yang tidak memiliki induk atau foster.

Susu yang biasa diberikan kepada anak kucing adalah susu formula khusus untuk kucing. Pada saat memberikan susu kepada anak kucing, pastikan tidak ada tumpahan susu di bulunya.

Apabila bulu kucing terkena air susu, segera basuh menggunakan tisu basah dengan perlahan supaya bulunya tidak mengeras.

4. Merawat Bulunya

Bulu kucing yang bersih dan sehat pastinya akan terhindar dari masalah kerontokan bahkan kutu.

Untuk menjaga kebersihan bulu kucing, kamu bisa menyisir bulunya menggunakan sisir khusus kucing, selain itu gunakan bedak khusus untuk menyingkirkan kutu.

Bedak khusus tersebut dapat Kamu beli di pet shop, jika kamu bingung bedak jenis apa yang harus digunakan, kamu bisa menanyakannya pada penjaga pet shop atau rekomendasi dari dokter hewan.

5. Mengantisipasi Keracunan Pada Kucing Kampung

Kamu tidak bisa selalu 24 jam untuk mengawasi kucing kesayanganmu yang sedang bermain diluar. Maka dari itu, jika kucing kamu pulang ke rumah dan menunjukkan gejala yang tidak wajar, bisa jadi ia mengalami keracunan.

Keracunan ini bisa diakibatkan dari makanan yang ia makan saat di luar rumah, apabila kucing keracunan, ia akan muntah-muntah dan badannya terlihat lemas.

Jika sudah seperti ini, berikan kucing kamu obat norit yang telah ditumbuk. Kamu bisa memberikan kucing tersebut obat norit yang telah ditumbuk dengan halus.

Berikan sekitar setengah butir norit untuk anak kucing dan 1 butir norit untuk kucing dewasa.

Peralatan Untuk Merawat Kucing Kampung

gambar kucing by kucingklik.com

1. Bak Pasir Untuk Kucing

Bak pasir ini sangat penting supaya kucing tidak membuang kotoran secara sembarangan dan memudahkan kamu saat ingin membersihkan kotorannya.

Latihlah kucing kamu supaya terbiasa membuang kotoran di bak pasir yang telah disiapkan.

3. Tempat Tidur Kucing

Biasanya kucing kampung memiliki tempat tidurnya sendiri, ia akan mencari tempat yang dirasa nyaman dan aman.

Kalau kamu mau, kamu bisa membuatnya sendiri dari kardus atau keranjang bekas, kemudian lapisi dengan kain atau handuk supaya hangat.

2. Botol Susu

Botol susu ini akan berguna saat kamu ingin memberikan susu pada anak kucing peliharaanmu, botol susu bisa kamu dapatkan di pet shop terdekat.

Makanan Untuk Kucing Kampung

makanan kucing
sumber gambar dari apahabar.com

Terdapat jenis dua makanan yang bisa kamu berikan untuk kucing kampung peliharaanmu, yaitu wet food dan dry food.

Dry food adalah makanan kering dengan kadar air rendah, sehingga setelah pemberiannya harus berbanding lurus dengan pemberian air minum yang cukup. Makanan kering bisa diberikan untuk kucing yang telah dewasa.

Sementara, wet food adalah makanan basah yang diberikan kepada anak kucing agar mempermudah proses menelan makanannya.

BACA JUGA: Makanan Kucing Terbaik

Terdapat banyak merk makanan yang bisa kamu temukan di toko atau pet shop seperti Wishkas, Bolt, dan produk lainnya.

Kucing kampung bisa diberi makanan kurang lebih sebanyak 5 kali dalam sehari. Jika kucingmu bosan dengan makanan yang itu-itu saja, kamu bisa memberikan variasi untuk makanannya. Kamu juga bisa memberikan daging ikan tongkol rebus yang kemudian dicincang halus.

Porsi makan setiap kucing berbeda-beda, ada kucing yang mampu makan berkali-kali, namun ada juga kucing dengan porsi makan sedikit.

Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Kucing Savannah

Rumah Fauna
2 min read

Kucing Persia Flatnose

Rumah Fauna
3 min read

One Reply to “Jenis Kucing Kampung”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *