Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Jenis Kelinci

Kelinci sangat cocok untuk di jadikan hewan peliharaan yang bisa di letakan di dalam rumah atau halaman. Kelinci begitu menggemaskan dan bentuk fisiknya yang imut. Nah, sebelum kamu mulai mengadopsi kelinci, ada baiknya kamu perlu tahu dulu nih apa saja
sih jenis kelinci itu?

Perbedaan Kelinci Hias dan Kelinci Pedaging

Tentunya kedua jenis kelinci tersebut memiliki fungsi yang berbeda, misalnya kamu beli kelinci hanya untuk dipelihara dan sebagai hobi saja maka kamu bisa pilih kelinci hias. Biasanya kelinci hias memiliki bentuk fisik yang lebih cantik dan unik. Sebaliknya, apabila tujuan kamu memelihara kelinci untuk dikonsumsi maka yang cocok dibeli ialah kelinci pedaging.

1. Lihat dari perbedaan fisiknya

jenis kelinci hias
Sebenarnya istilah kelinci hias dan pedaging hanya ada di Indonesia, masyarakat memberikan kategori kelinci pedaging dan hias berdasarkan fisik dan karakternya.

Jenis kelinci pedaging memiliki ukuran yang lebih besar dan dagingnya yang padat, sedangkan jenis kelinci hias tubuhnya mungil kecil dan bulunya halus lebat.

2. Pertumbuhan Kelinci Hias dan Kelinci Pedaging Berbeda

jenis kelinci pedaging
Kamu bisa membedakan kedua jenis kelinci ini dari segi perkembangan tubuhnya, kelinci pedaging relatif lebih cepat besar dan gemuk daripada pertumbuhan kelinci hias.

3. Bentuk Fisiknya

cara merawat kelinciNamanya juga kelinci hias, pasti punya nilai plus dalam segi fisiknya. Kelinci hias yang unik dan cantik bisa memberi kesan enak dipandang bagi para pemiliknya, tidak diragukan lagi jika kelinci hias lebih banyak diincar untuk dipelihara.Tapi semua kembali pada tujuan kita masing-masing, kalau kamu lebih suka daging sate kelinci maka peliharalah kelinci pedaging.

Jenis Kelinci Hias Yang Terkenal

1. Kelinci Angora

2. Kelinci Rex

3. Kelinci American chinchilla

4. Kelinci Dutch

5. Kelinci Netherland Dwarf

6. Kelinci Holland Lop

Jenis Kelinci Pedaging Yang Terkenal

1. Kelinci Flemish Giant

2. Kelinci Himalayan

3. Kelinci New Zealand

4. Kelinci Californian

5. Kelinci Havana

5. Kelnci Belgian

Cara Memelihara Kelinci

Setelah kamu sudah tahu jenis kelinci apa yang mau kamu pelihara, sebaiknya kamu perlu tahu juga cara memilihara kelinci tersebut, jangan sampai setelah kamu beli tapi kamu tidak mengerti cara mengurusinya.

1. Sediakan Rumah Kelinci

Kelinci adalah hewan sosial, buatlah kandang di area lokasi perumahan kamu, jangan lupa sediakan rumput, kotak makan dan tempat mereka membuang kotoran, buatlah kandang kelinci senyaman mungkin.

2. Memberi makanan yang berkualitas

Sangat penting untuk memiliki pemahaman yang baik tentang kebutuhan nutrisi kelinci sepanjang hidupnya. Nutrisi yang tepat dan dalam jumlah yang tepat sangat penting untuk kesejahteraan kelinci. Makanan pokok kelinci adalah serat, kelinci harus memiliki akses ke sarang rumput tanpa batas setiap saat.
Pastikan rumput yang digunakan tidak membawa alergi untuk kelinci peliharaan kamu! Sangat penting untuk memastikan bahwa alergi rumput tidak akan menimbulkan masalah bagi siapa pun di rumah tangga.
Kelinci bisa menjadi hewan yang penuh kasih sayang, tetapi kepribadiannya jelas berbeda dari individu ke individu. Sebagian besar kelinci tidak suka digendong atau diangkat, dan beberapa kelinci lebih menyendiri daripada yang lain.

3. Dipelihara Dengan Kasih Sayang

Kelinci menjadi sangat stres ketika bepergian atau ketika ditempatkan di lingkungan yang tidak dikenal, jadi yang terbaik adalah memiliki pengasuh hewan peliharaan yang baik untuk mengawasi kelinci jika kamu pergi berlibur.

Kesimpulan

Ternyata ada banyak sekali jenis kelinci yang ada di dunia. Mulai dari kelinci hias dan juga kelinci pedaging. Setelah membaca artikel ini semoga kamu bisa mepertimbangkan jenis kelinci apa yang akan kalian pelihara. Tak lupa juga bagaimana cara merawat kelinci kesayanganmu.
Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

makanan kelinci

Rumah Fauna
1 min read

Jenis Kelinci Rex

Rumah Fauna
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *