Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Jenis Kelinci Rex

Bagi kamu penggemar atau peternak kelinci pasti tidak asing lagi dengan kelinci jenis ini. Ya, Kelinci Rex atau sering disebut kelinci hias.

Baca juga: Jenis Kelinci

Kelinci Rex (Oryctolagus cuniculus) merupakan salah satu jenis kelinci peliharaan yang pertama kali ditemukan di Prancis pada tahun 1919 dan saat ini sudah sangat familiar di kalangan pecinta kelinci di Indonesia.

Kelinci jenis ini sering dikenal dengan kelinci karpet yang identik dengan bulu yang pendek. Kelinci Rex juga memiliki ciri kusus pada bentuk kepala dan tubuh yang lebih besar dari pada kelinci lainnya, serta memiliki daun telinga yang tegak lurus.

Ciri Fisik

Rex termasuk ke dalam kelinci berukuran sedang dengan tubuh yang bulat. Berat tubuhnya sekitar 3,4 – 4,8 Kg, dapat lebih dari itu untuk betinanya. Panjang bulu kelinci rex sekitar 1,25 cm dengan tekstur yang padat, lembut, dan rata seperti beludru. Ciri khas lain dari kelinci ini adalah memiliki rambut kumis yang keriting.

Karakteristik

Kelinci Rex merupakan ras yang paling pintar daripada yang lainnya, mereka akan lebih aktif di malam dan pagi hari. Kamu tau gak kalau kelinci ini memiliki naluri keibuan yang sangat kuat lho.

Kepribadiannya juga cerdas dan jinak sehingga kelinci ini sering disamakan dengan kucing. Kelinci Rex juga dapat dilatih untuk datang kepada pemiliknya dan berdiri dengan memancingnya dengan snack.

Pakan

Makanan kelinci meliputi sayuran hijau, rumput, umbi-umbian, dan biji-bijian. Biasanya sayuran akan dilayukan terlebih dahulu supaya kelinci tidak diare.

Nah, untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya kamu juga bisa memberikan pelet Yummy Rabbit Staple Food dari Hamsfood. Namun hindari pemberian pelet setiap hari karena dapat menyebabkan kelinci Anda mengalami obesitas.

by rajapetshop.com

Perawatan Kelinci

Kelinci merupakan hewan yang mudah stres jadi kamu cukup memandikannya sebulan sekali.

Mandikan kelinci dengan air hangat dan sampo khusus, lalu siapkan hair dryer atau blower untuk mengeringkan bulunya, setelah itu sisir bulunya supaya tidak kusut dan cantik.

Pemberian bedak pada bulu kelinci membantu bulunya cepat kering dan mencegah kutu. Bersihkan telinganya dengan baby oil dan cotton bud, serta potong kuku kelinci kamu.

Nah, setelah kamu tau karakteristik dan cara merawar kelinci rex, ternyata banyak juga loh jenis jenisnya.

Yuk kenali jenis kelinci rex yang wajib kamu ketahui, sebagai berikut.

12 Macam Jenis Kelinci Rex Beserta Gambarnya

1. Black Rex

gambar by pinterest.com

Pertama Black Rex yang memiliki warna bulu hitam pekat, kecuali lingkaran mata dan telinga bagian dalam yang memiliki warna cream pucat.

2. Broken Rex

gambar by pinterest.com

Kata broken disini bukan berarti rusak, melainkan warna putih yang disertai dengan bercak hitam dan coklat.

3. Amber Rex

gambar by pinterest.com

Seperti namanya, Amber yang berarti warna kuning sawo ini dimiliki oleh kelinci jenis Amber Rex.

4. Blue Rex

pict by pinterest.com

Sekilas seperti berwarna abu-abu, tapi jika kamu cermati kelinci blue rex memiliki unsur warna biru loh, kecuali lubang hidung, dagu, dan perut yang berwarna putih pudar.

5. Chinchilla Rex

pict by pinterest.com

Chinchilla memiliki warna pada area tengah yang gelap, dikelilingi dengan warna abu-abu di sekitarnya, mungkin lebih tepatnya seperti warna batu.

6. Chocolate Rex

pict by pinterest.com

Singkat saja, pasti Anda sudah paham bukan? Chocolate rex memiliki warna coklat yang merata pada seluruh tubuhnya.

7. Lilac Rex

pict by pinterest.com

Jika kita lihat seksama, kelinci ini memiliki warna bulu abu-abu halus dan warna cream pudar pada bagian dagu dan perutnya.

8. Californian Rex

pict by pinterest.com

Californian Rex memiliki ciri warna rata putih bersih di tubuhnya, kecuali hidung, kaki, ekor dan telinganya yang berwarna semi hitam. Kelinci ini juga memiliki mata yang merah menyala.

9. Lynx Rex

pict by pinterest.com

Jenis ini memiliki leher yang berwarna oranye terang yang berbentuk seperti cincin. Jika diperhatikan Kelinci jenis ini hampir sama seperti lilac rex yang sudah kita sebutkan diatas.

10. Red Rex

pict by pinterest.com

Jangan salah ya, sekilas warna pada kelinci rex diatas seperti coklat. Namun, sebenarnya itu adalah warna oranye terang kemerah-merahan, jadi seperti terlihat warna coklat.

11. White Rex

pict by pinterest.com

White Rex memiliki warna putih bersih yang merata pada bagian tubuhnya, serta warna abu-abu biru di bagian matanya.

12. Opal Rex

pict by pinterest.com

Tubuh Kelinci jenis Opal Rex memiliki warna campuran abu-abu biru tua pada tubuhnya. Namun dagu, lingkar mata, bawah ekor, telinga bagian dalam dan perut berwarna putih.

Itulah jenis-jenis kelinci rex yang ada di dunia, pada dasarnya jenis yang kita bahas diatas sama seperti kelinci mini rex. Cuma, kelinci mini rex ukuranya lebih kecil daripada rex yang yang kita bahas kali ini.

Dan rata-rata warna yang sama pada beberapa jenis Kelinci Rex diatas terletak pada bagian dalam telinga, hidung, perut, ekor, lingkar mata, dan dagu.

Setelah mengetahui macam jenis kelinci rex diatas, manakah yang paling menarik untuk dipelihara? Hal itu tergantung pada kepribadian kalian ya.

Cukup sekian artikel mengenai jenis-jenis kelinci rex yang ada di dunia, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kamu. Terimakasih 🙂

Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

makanan kelinci

Rumah Fauna
1 min read

Jenis Kelinci

Rumah Fauna
1 min read

2 Replies to “Jenis Kelinci Rex”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *