Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Jenis Ikan Tetra

jenis ikan tetra

Siapa yang tidak tahu dengan ikan tetra? Yaps, ikan hias yang kerap kali menjadi primadona di dalam kehidupan aquascape. Ikan yang masuk ke dalam keluarga Characidae ordo Characiformes ini menjadi salah satu ikan hias paling populer di Indonesia.

Terdapat 100 lebih jenis ikan tetra, mulai dari yang terkecil (glowlight tetra) hingga yang terbesar. Di indonesia sendiri ikan ini sudah banyak dibudidayakan dan dipelihara menjadi ikan hias aquascape.

Ikan tetra memiliki ukuran mini yaitu sekitar 3 – 4 cm, dihiasi dengan warna tubuhnya yang berkilau nan indah. Ada yang dapat mengeluarkan cahaya bak lampu neon, ada juga yang memiliki warna silver dengan sisik horizotal.

Ikan tetra merupakan ikan yang sifatnya damai dan suka berkelompok. Baiknya untuk membeli lebih dari satu ekor supaya ikan tidak stress dan cepat mati. Selain itu jangan satukan ikan kecil ini bersama ikan predator maupun ikan besar lainnya.

Nah, sebelum kamu ingin membeli ikan tetra, ada baiknya kamu mengetahui dulu jenis ikan tetra yang populer. Yuk disimak!

1. Neon Tetra

jenis makanan ikan tetra
sumber gambar dari gerava.com

Ikan ini berasal dari Amerika Selatan, tepatnya di kawasan Brasil. Ikan neon tetra menjadi salah satu jenis tetra yang sangat populer. Pasalnya ikan cantik ini memiliki banyak keunggulan, seperti warna sisiknya yang cantik, serta tubuhnya yang dapat menyala seperti lampu neon.

Dari kepala sampai ekornya terdapat tiga warna yang cukup kontras, yaitu berwarna perak yang berkilau di perutnya, berwarna biru dipunggungnya, dan berwarna merah di bagian ekor sampai sirip tengahnya.

Neon tetra memiliki ukuran tubuh yang mini yaitu sekitar 4 cm saja, sifatnya damai dan tenang, sehingga kamu bisa menyatukannya dengan ikan hias lainnya.

Tak perlu perawatan khusus untuk merawat ikan hias satu ini. Mereka juga dapat makan apa saja yang kalian berikan. Kalian dapat memberikan mereka makanan seperti pelet – pelet kecil atau makanan alami berupa cacing darah beku, cacing sutra, artemia, daphnia, dan lain sebagainya

Peliharalah ikan ini dalam jumlah minimal 5 – 6 ekor,  karena neon tetra suka hidup secara bergerombol. Dengan begitu ikan tidak mudah stress di dalam akuarium.

2. Cardinal Neon Tetra

sumber gambar dari
dictio.id

Ikan tetra jenis ini memiliki tampilan fisik yang hampir mirip dengan neon tetra, dan ikan ini juga salah satu primadonanya akuarium.

Perbedaan cardinal neon tetra dengan neon tetra terdapat pada garis berwarna merah yang mereka miliki. Jika garis merah pada neon tetra tergambar dari ekor sampai sirip tengah saja, sedangkan garis merah pada cardinal tetra full dari kepala sampai ekornya.

Ikan yang memiliki habitat Habi asli di sungai Rionegro, Amerika Selatan ini suka dengan lingkungan seperti tempat asalnya. Mereka juga suka bergerombol dan menyukai pakan apa saja seperti neon tetra.

Sifatnya yang damai dan tenang sangat aman untuk disatukan dengan ikan hias lainnya. Perawatan yang benar dapat membuat ikan cardinal neon tetra hidup lebih lama.

Harga Ikan Cardinal Neon Tetra Rp 1.000 – Rp 3.000

3. Black Neon Tetra

sumber gambar dari theaquariumguide.com

Black Neon Tetra atau nama latinnya Hyphessobrycon Herbertaxelrodi ini tidak jauh berbeda dengan dua jenis neon tetra di atas, yang membedakan hanya warna tubuhnya saja.

Seperti namanya ikan ini memiliki warna hitam disertai dengan garis horizontal yang memanjang dari kepala sampai ekornya. Black neon tetra sangat menawan jika dipelihara di dalam aquascape.

Harga Ikan Black Neon Tetra Rp 1.500 – Rp 5.000

4. Serpae Tetra

makanan alami ikan tetra
sumber gambar dari pinterest.com

Memiliki nama latin Hyphessobrycon Eques, ikan ini berasal dari Paraguay, Bolvia, dan Brazil. Nama Serpae diambil dari nama desa yang ada di sungai Amazon yaitu Desa Serpa.

Tubuhnya mini sekitar 3 – 4 cm dan berwarna merah kecoklatan. Mereka suka sekali menggigit ikan lain yang memiliki sirip panjang seperti ikan guppy. Oleh sebab itu, jangan satukan ikan serpae tetra dengan ikan lain yang mempunyai sirip panjang.

Harga Ikan Serpae Tetra Rp 3.000 – Rp 5.000

5. Bleeding Heart Tetra

sumber gambar dari
pinterest.com

Bleeding Heart Tetra memiliki warna perak kemerahan dan warna merah di dekat jantungnya. Terdapat pula garis berwarna hitam dan putih di sekitar sirip punggungnya. Ikan yang memiliki nama latin Hyphessobrycon Erythrostigma sangat menawan jika dipelihara dalam aquascape, pasalnya sirip mereka akan melebar ketika sudah dewasa.

Harga Ikan Bleeding Heart Tetra Rp 5.000

6. Glowlight Tetra

sumber gambar dari gerava.com

Diantara jenis ikan tetra lainnya, jenis tetra inilah yang hargannya paling mahal. Glowlight Tetra memiliki tubuh mengkilap berwarna kuning kemerahan yang menyala seperti api. Ikan ini juga suka disebut dengan Neon Api.

Ikan neon jenis ini akan terlihat lebih cantik jika berada di ruangan yang terang, namun ketika pemijahan harus di dalam ruangan yang sangat gelap, karena saat pemijahan ikan ini sensitif pada cahaya.

Glowloght tetra memiliki nama latih Hemigrammus Erythrozonus dan berasal dari Guyana. Ikan tetra jenis ini dapat hidup pada suhu air mencapai 22 – 25 derajat celcius.

Harga Ikan Glowlight Tetra Rp 10.000

7. Head and Tail Light Tetra

Memiliki nama latin Hemigrammus Ocellifer, ikan ini menjadi jenis tetra yang sangat cocok untuk dipelihara para pemula, pasalnya perawatan mereka tidak sulit dan cenderung mudah.

Ikan tetra jenis ini dapat berkembang biak pada kadar air dengan pH diatas 7. Selain itu mereka memiliki penampilan yang sangat cantik, sehingga banyak para pecinta ikan hias yang menjadikannya ikan hias favorit.

Harga ikan Head and Tail Light Tetra Rp 3.000 – Rp 5.000

8. Black Tetra

sumber gambar dari pinterest.com

Ikan Black Tetra atau nama latinnya Gymnocorymbus Ternetzi juga menjadi salah satu ikan tetra yang disukai para pecinta ikan hias. berbeda dengan ikan black neon tetra.

Jenis ini berbeda dengan ikan black neon tetra, jika black tetra memiliki beberapa garis vertikal berwarna hitam di tubuhnya, sedangkan black neon tetra terdapat garis hitam horizontal.

Habitat asli tetra hitam ada di sungai Rionegro, meski begitu ikan ini cukup mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, sehingga pemeliharaannya juga tidak menyulitkan untuk para pemula.

Harga Ikan Black Tetra Rp 4.000

9. Diamond Tetra

sumber gambar dari pinterest.com

Ikan tetra yang cantik ini memiliki tubuh lebar dengan warna silver yang mengkilap. Diamond tetra memiliki nama latin Moenkhausia Pittieri ini sedikit berbeda dengan jenis tetra lainnya, habitat asli mereka ada di negara Amerika Selatan, Valencia, dan Vanezuela. Ikan ini memiliki keunikan yaitu tanda berwarna merah yang ada diatas pupilnya.

Harga Ikan Diamond Tetra Rp 6.000

BACA JUGA: Ikan Pedang

10. Penguin Tetra

sumber gambar dari pinterest.com

Seperti namanya, ikan ini memiliki warna tubuh yang didominasi dengan hitam dan silver layaknya hewan penguin. Dan terdapat garis berwarna hitam yang membentang dari belakang kepala sampai ujung ekor bawah.

Harga Ikan Penguin Tetra Rp 5.000

11. Rummynose Tetra

sumber gambar dari fishkeepingworld.com

Ikan tetra yang satu ini memiliki tampilan fisik yang anggun dan sangat cantik. Mereka memiliki warna perak transparan dikombinasikan dengan hijau terang. Kepalanya berwarna merah dan terdapat garis horizontal berwarna hitam dan putih.

Rummynose tetra memiliki nama latin Hemigrammus Bleheri, tapi sering juga dipanggil dengan sebutan  firehead oleh para pecinta ikan hias.

Ikan hias cantik ini suka dengan perairan yang mirip dengan habitat aslinya, dengan  tingkat keasaman yang cukup, dan terdapat tanaman air sebagai hiasannya.

Harga Ikan Rummynose Tetra Rp 6.000

12. Rosy Tetra

Ikan yang berasal dari Brasil dan Amerika Serikat ini bernama rosy tetra, dan memiliki nama latin yaitu Hyphessobrycon Rosaceus. Ikan hias tetra ini memiliki warna tubuh merah pada bagian tubuh, sirip, dan ekornya.

Pada sirip punggungnya terdpaat garis berwarna hitam putih dan garis vertikal pada bagian matanya. Panjang tubuh rosy tetra hanya dapat mencapai 3 cm saja, ikan ini terlihat sangat mungil dan cocok jika dipelihara dalam aquascape.

Harga Ikan Rosy Tetra Rp 5.000 – Rp 6.000

BACA JUGA: Jenis Ikan Guppy

13. Lemon Tetra

sumber gambar dari pinterest

Ikan lemon tetra memiliki latin Hyphessobrycon Pulchripinnis dan berasal dari Amazon. Memiliki tubuh transparan dan berkilau sehingga cocok untuk dipelihara di dalam aquascape dengan pencahayaan sedikit.

Harga Ikan Lemon Tetra Rp 4.500

14. Red Eye Tetra

Ikan tetra dengan nama latin Moenkhausia Sanctaefilomenae ini habitat aslinya adalah Bolivia, Brazil, Paraguay, dan Amerika Selatan.

Tubuh red eye tetra berwarna perak dan pada mata bagian atasanya terdapat bentuk seperti busur berwarna merah. Ujung sirip ikan ini berwarna kuning tipis dan ekornya berwarna hitam.

Red eye tetra mampu bertahan kurang lebih 5 tahun jika pemeliharaannya dilakukan dengan baik.

Harga Ikan Red Eye Tetra Rp 4.000

15. Green Neon Tetra

sumber gambar dari pinterest.com

Tampilannya tidak jauh berbeda dengan ikan neon tetra, hanya saja garis horizontal ditubuhnya berwarna hijau.

Green neon tetra memiliki nama latin Paracheirodon Simulans dan berasal dari Sungai Orinoco dan Negro bagian atas di Amerika.

Harga Ikan Green Neon Tetra Rp 6.000

16. Blind Cave Tetra

sumber gambar dari pinterest.com

Astyanax Mexicanus adalah nama latin dari salah satu jenis ikan tetra yang memiliki tubuh sangat transparan ini. Blind cave tetra berasal dari Texas dan Meksiko, ukurannya terbilang cukup mini karena hanya mencapai 6 – 7 cm saja. Saking transparannya, wajah ikan ini seperti tidak memiliki mata dan mulut.

Harga Ikan Blind Cave Tetra Rp 5.000

17. Congo Tetra

Ikan congo tetra atau nama latinnya adalah Phenacogrammus Interruptus merupakan jenis ikan tetra yang berasal dari Afrika. Ikan ini memiliki warna yang sangat cantik dan menarik, yaitu perpaduan biru kemerahan dan kuning keemasan.

Sisik ikan ini lebih lebar dibandingkan dengan jenis tetra lainnya. Panjang ikan congo tetra jantan bisa mencapai 8,5 cm, sedangkan untuk betinanya hanya 6 cm saja.

Meskipun congo tetra sangat menarik, ikan ini tidak terlalu cocok untuk pemula, karena perawatannya yang cukup sulit dan sangat sensitif terhadap suhu air.

Harga Ikan Congo Tetra Rp 3.000

18. Neon Albino Tetra

Seperti namanya, ikan ini memiliki warna tubuh putih transparan dan ujung ekornya berwarna merah. Neon albino sangat cantik jika dipelihara dalam aquascape bersama dengan ikan hias jenis lainnya.

Harga Ikan Neon Albino Tetra Rp 2.000

19. Buenos Aires Tetra

sumber gambar dari pinterest.com

Jenis tetra yang satu ini berasal dari negara Argentina yang memiliki nama latin Hyphessobrycon Anisitsi. Buenos aires tetra sangat menyukai lingkungan yang mirip dengan habitat aslinya, sehingga mereka cukup sulit untuk dipelihara di dalam akuarium.

Harga Ikan Buenos Aires Tetra Rp 2.000 – Rp 5.000

20. Colombian Tetra

Dibandingkan dengan jenis tetra lainnya, ikan yang satu ini memiliki ukuran yang jauh lebih besar yaitu dapat mencapai 7 cm. Memiliki nama latin Hyphessobrycon Columbianus, colombian tetra berasal dari Colombia, Amerika Selatan.

Warna tubuhnya perak berkilau dengan sirip merah yang mencolok, ikan ini termasuk jenis tetra yang dicari pada pecinta ikan hias.

Selain memiliki tampilan fisik yang indah, perawatan mereka juga tidak sulit, sehingga cocok untuk dipelihara para pemula.

Harga Ikan Colombian Tetra Rp 4.500

Baca Juga Jenis Ikan Oscar

Tips Merawat Ikan Tetra

Untuk merawat ikan tetra tidak terlalu sulit bahkan cenderung mudah untuk dilakukan para pemula. Berikut adalah tips merawat ikan tetra yang benar :

  1. Isi akuarium dengan air bersih sekitar 80 liter dengan suhu sekitar 21 – 27 derajat celcius dan pH air antara 6,5 – 7,5.
  2. Gunakan filter air supaya kondisi air tetap terjaga dan tidak mudah keruh. Kamu bisa menggunakan filter internal atau external.
  3. Ikaan hias tetra suka dengan lingkungan yang mirip habitat aslinya, maka designlah akuarium kamu dengan tanaman akuatik, batu-batuan, dan akar pohon untuk mereka berteduh.
  4. Berikan makanan yang bergizi dan menjamin kebutuhan mereka. Kamu bisa memberikannya cacing darah, udang air asin, cacing putih, kutu air dan lain sebagainya.

Makanan Alami dan Buatan Ikan Tetra 

Supaya ikan hias peliharaan kamu tidak bosan dengan makanan yang itu-itu saja, berikut ini adalah jenis pakan ikan tetra yang bisa kamu gunakan sebagai pakan ikan hiasmu :

1. Cacing Darah

Pakan alami yang satu ini sudah cukup populer dan sering digunakan para pemilik ikan hias sebagai pakan alternatif. Selain alami, cacing darah juga sangat baik untuk pertumbuhan ikan tetra dan dapat menambah kecantikan ikan hias tersebut.

Selain mudah ditemukan, harganya juga terjangkau. Kamu bisa menemukan cacing darah ini di toko ikan terdekat,

2. Cacing Sutra

Cacing sutra memiliki kandungan protein yang sangat bagus untuk pertumbuhan ikan hias.  Pakan alami ini juga bagus untuk diberikan kepada anakan ikan tetra. Kamu bisa membeli pakan ini di toko ikan.

3. Artemia

Pakan ini baik untuk menjaga kekebalan tubuh ikan hias kamu dari serangan penyakit. Artemia merupakan pakan dari udang renik yang ketersediaannya cukup sulit ditemukan.

4. Kutu Air

Pakan yang satu ini menjadi pakan alami yang sering digunakan oleh para pecinta ikan hias dan ikan tetra maupun ikan hias lainnya sangat menyukai pakan jenis ini.

Makanan Buatan Ikan Tetra

1. Tetra Bits

Tetra bits adalah salah satu merk pakan ikan hias yang sangat bagus untuk diberikan kepada ikan neon tetra. Bahan baku produk ini menggunakan kualitas yang terbaik. Keunggulan produk ini yaitu mampu meningkatkan warna ikan hias jadi lebih menarik dan cantik.

3. PK – BIT

Produk ini namanya PK-BIT, salah satu merk pakan ikan yang bahan bakunya juga berkualitas, serta keunggulannya mampu meningkatkan kecantikan ikan hias tetra.

2. XTera

Pakan ikan buatan yang satu ini juga tidak kalah berkualitasnya. Keunggulan produk ini untuk meningkatkan keagresifan ikan hias dan juga mampu mempercantik ikan.

Tips Memberi Makan Ikan Neon Tetra

Pemberian pakan ikan tetra sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering, cukup 2 kali sehari saja. Karena jika pemberiannya dilakukan secara berlebihan, khawatir akan mengotori akuarium serta dapat mengganggu kesehatan ikan itu sendiri.

Jika ikan tetra masih burayak, berikan pakan yang berukuran kecil seperti kutu air dan cacing sutra. Setelah ikan sudah cukup dewasa, baru kamu boleh memberikan pakan ikan yang ukurannya lebih besar.

Nah, itulah 20 jenis ikan tetra yang populer di Indonesia, serta bagaimana cara merawatnya dan jenis pakan yang bisa digunakan. Semoga artikel ini bisa membantu kalian yang sedang ingin mencoba memelihara ikan hias.

Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Jenis Ikan Oscar

Rumah Fauna
4 min read

Jenis Ikan Molly

Rumah Fauna
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *