Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Jenis Ikan Oscar

cara budidaya ikan oscar

Ikan oscar atau nama latinnya Astronotus Ocellatus merupakan salah satu ikan hias predator yang menempati wilayah sungai- sungai Amerika Utara seperti Peru, Ekuador, Kolumbia, Brazil, dan French Guiana, dan sungai Amazon.

Oscar memiliki sifat yang sangat agresif sehingga tidak dapat disatukan dengan ikan hias lainnya. Ikan ini memang tidak sepopuler ikan cupang, ikan molly, dan ikan guppy, namun penampilan fisiknya tidak kalah menawannya.

Saat menginjak umur dewasa, ukuran ikan oscar bisa mencapai 40 cm degan berat sekitar 3 kg. Makanan dari ikan ini adalah ikan kecil, jangkrik, udang, kepiting, dan lainnya. Apabila mereka dirawat dengan baik, mereka bisa hidup lebih dari 10 tahun lamanya.

Sudah banyak para pecinta ikan hias yang melakukan eksperimen untuk mengawinkan silang antara jenis oscar satu dengan yang lainnya. Nah, berikut ini adalah jenis ikan oscar terpopuler di dunia :

jenis ikan oscar
sumber gambar pertanianku.com

1. Oscar Batik

jenis ikan oscar batik
sumber gambar farmbos.com

Seperti namanya, ikan oscar ini memiliki corak seperti batik didominasi warna hitam dan bintik-bintik berwarna oranye. Oscar batik sering dikatakan mirip dengan oscar tiger karena penampilannya yang hampir sama. Sebenarnya jika diperhatikan, keduanya memiliki corak yang berbeda.

Harga: Rp 75.000

2. Oscar Tiger

jenis oscar tiger
sumber gambar tropicalfishsite.com

Perpaduan warna pada ikan oscar tiger ini sangat unik dan banyak diminati oleh para pecinta Warn oscar tiger memang cukup mengerikan, yaitu dengan perpaduan warna dasar hitam dan terdapat pola berwarna oranye menyerupai harimau.

Harga: Rp 90.000

3. Oscar Hitam

oscar hitam
sumber gambar hewany.com

Seperti namanya, tubuh ikan oscar ini berwarna full hitam.Oscar hitam merupakan ikan hasil perkawinan silang yang memiliki kelainan genetik. Oleh sebab itu, oscar jenis ini cukup sulit ditemukan. Baca Juga: Jenis Ikan Molly

Harga: Rp 85.000

4. Oscar Albino

oscar albino
sumber gambar semuaikan.com

Menjadi salah satu jenis ikan oscar tercantik membuat oscar albino banyak dicari semua orang. Harga ikan hias ini sendiri cukup mahal karena sulit perkembangbiakannya.

Warna dasarnya yaitu putih dan terdapat corak bintik-bintik bludru berwarna merah keemasan. Siripnya yang lebar dan matanya yang berwarna merah membuat oscar albino sangat cantik untuk dipandang. Baca Juga: Ikan Bala Shark

Harga: Rp 130.000

5. Oscar Slayer

Oscar Slayer
sumber gambar gerava.com

Oscar slayer sebenarnya jenis ikan oscar yang mengalami kelainan genetik. Namun kelainannya inilah yang membuatnya menjadi unik dan banyak dicari pecinta ikan hias.

Harga: Rp 140.000

6. Oscar Paris

Oscar Paris
sumber gambar youtube

Ikan oscar yang satu ini juga sangat populer di dunia, pasalnya mereka memiliki warna yang indah dan beraneka ragam.

Harga Rp 70.000

7. Oscar Lemon

Oscar Lemon
sumber gambar pinterest.com

Seperti namanya oscar lemon, ikan jenis ini memang mempunyai warna tubuh yang sangat mirip dengan buah lemon.

Harga: Rp 120.000

8. Oscar Wild

wild oscar fish

Oscar wild atau disebut juga dengan wild oscar fish merupakan jenis ikan oscar yang banyak pula dicari penyuka ikan hias. Warna dasarnya adalah hitam gelap dan terdapat garis warna kuning keabu – abuan yang terbentang dari atas sampai bawah. Ikan ini juga memiliki lingkaran kecil pada pangkal ekornya, dimana ujung ekor dan sirip punggungnya berwarna merah.

Harga: Rp 65.000

9. Oscar Red

Oscar Red
sumber gambar aquariumdomain.com

Seperti namanya ikan ini memiliki warna merah dikombinasikan dengan warna hitam pada sisi kepala, sirip, dan ekornya. Ikan ini dapat hidup lebih dari 10 tahun jika dirawat dengan baik dan benar. Oscar red termasuk jenis ikan oscar yang populer di Indonesia, kamu bisa menemukan ikan cantik ini di toko-toko ikan hias.

Harga: Rp 110.000

10. Oscar Red Tail Bahia

Oscar Red Tail Bahia
sumber gambar pinterest.com

Jenis ikan oscar ini memiliki penampilan yang hampir mirip dengan ikan mujair. Ciri-ciri ikan oscar red tail bahia mempunyai warna tubuh hijau sedikit abu dan ada lingkar merah pada luar matanya. Baca Juga: Ikan Botia

Harga: Rp 75.000

11. Oscar Gold

oscar gold

Seperti namanya, ikan oscar gold memiliki warna keemasan, sedangkan sirip dan perutnya berwarna hitam dan kepalanya berwarna abu-abu.

Harga: Rp 70.000

Cara Budidaya Ikan Oscar

Ikan oscar termasuk ikan jenis air tawar yang sulit untuk dibudidayakan, hal tersebut dikarenakan ikan oscar terlalu pemilih untuk pasangan kawinnya. Disamping itu, ikan oscar baru bisa dikawinkan saat usia 2 tahun atau sudah dewasa.

Meskipun terdengar sulit, ikan oscar masih bisa dibudidayakan dan menghasilkan jika dirawat sesuai prosedur. Berikut adalah cara membudidayakan ikan oscar yang bisa kamu lakukan di rumah. Baca juga Budidaya Ikan Cupang

1. Memilih Induk Oscar

Indukan yang dipilih harus berumur 1,5 – 2 tahun dengan tinggi 10 cm dan panjang sekitar 15 cm. Ikan oscar yang sehat memiliki warna cerah dan tidak ada cacat di tubuhnya.

Karena ikan ini termasuk ikan yang pemilih untuk menentukan pasangan, kalian bisa mencampurkan 5 oscar betina dan 5 oscar jantan, biarkan mereka sendiri yang akan menentukan pasangannya.

Perbedaan oscar jantan dan betina ialah, jika ikan jantan memiliki tubuh yang lebih panjang, sedangkan betinanya memiliki lubang kelamin yang lebih besar. Jika gonad si betina telah matang, nantinya perut ikan betina terlihat menggendut.

2. Pemijahan Ikan Oscar

Setelah kamu memilih bibit ikan yang sudah siap untuk dipijahkan, selanjutnya menyiapkan tempat dengan ukuran1,5 m x 1 m x 0,5 m. Kemudian isi dengan air yang telah diendapkan seharian dengan ketinggian 30 – 40 cm.

Setelah tempatnya sudah siap, masukan induk oscar yang sudah matang gonadnya ke dalam tempat pemijahan.

Tutup sebagian tempat pemijahan supaya lebih teduh tapi masih memperoleh sinar matahari, kamu bisa memasukan batu ceper ke dalam tempatnya.

Pemijahan ini dilakukan pagi dan sore hari sampai betina dibuahi oleh ikan jantan. Saat betina bertelur, masukan ke dalam akuarium penetasan dengan ukuran 70 cm x 40 cm x 40 cm.

Akuarium sebaiknya dipasang aerasi, setelah 3 hari telur akan menetas lalu air akuarium diberi emalin atau methylene blue.

3. Pemeliharaan Benih Ikan Oscar

Benih yang baru menetas memiliki persediaan makan berupa kuning telur, jadi kamu tidak perlu memberinya makan sampai umur 4 hari.

Setelah mereka berumur 5 hari mereka sudah boleh diberi makan berupa rotifera, pemberian makan ini jangan sampai kurang atau telat karena khawatir akan terjadi kanibal.

Setelah benih sudah berumur 2 minggu, kamu bisa memberinya kutu air dan cacing rambut. Kemudian setelah 25 hari, benih ikan oscar sudah dapat dibesarkan di dalam kolam yang lebih luas.

4. Pembesaran Ikan Oscar

Pembesaran ikan oscar menggunakan kolam dengan ukuran sekitar 2 m x 1 m x 1 m yang diisi dengan air setinggi 20 – 25 cm. Satu kolam pembesaran dapat diisi sekitar 300 ekor ikan oscar.

Setelah ikan berumur 1 bulan, kurangi jumlah ikaan di dalam akuarium yang tadinya 300 ekor dikurangi menjadi 200 ekor.

Pakan yang digunakan untuk pembesaran ikan oscar berupa cacing rambut, udang kali, udang rebon, dan pakan jenis lainnya.

Untuk mencari indukan ikan oscar selanjutnya dapat dilakukan saat mereka berumur sekitar 5 – Lakukan berulang – ulang cara di atas supaya bisnis budidaya ikan oscar ini dapat sukses.

Cara Merawat Ikan Oscar

Jika merawat ikan oscar di dalam akuarium yang paling diperhatian adalah kualitas airnya. Berikut adalah beberapa cara merawat ikan oscar dengan baik :

  1. Siapkan akuarium dengan ukuran kurang lebih 40 – 45 galon air. Karena tubuh ikan ini dapat mencapai 40 cm dan mereka sangat aktif, akuarium yang berukuran kecil bisa membuatnya jadi stress.
  2. Pastikan kualitas air selalu terjaga, suhu yang digunakan antara 23 – 27 derajat celcius dengan pH sekitar 6 – 8.
  3. Design akuarium dengan eceng gondok, tanaman air, atau batu-batu alam supaya mereka tetap nyaman.
  4. Pastikan akuarium dapat menjangkau sinar matahari.
  5. Bersihkan air dengan bantuan kondensor setiap minggunya.
  6. Berikan makanan kesukaan ikan oscar seperti udang, ikan kecil, jangkrik, maupun kepiting.
  7. Kamu juga boleh memberikan pelet atau serpihan dari olahan cacing, udang, dan serangga.
  8. Tambahkan alga atau gangga.

Manfaat Ikan Oscar

Ikan oscar dapat dijadikan sebagai ikan hias di rumah kamu. Ikan dengan corak indah dan pergerakannya yang lembut dapat membantu menghilangkan stress.

Ikan hias berharga mahal ini juga dapat dijadikan bisnis untuk menghasilkan pundi – pundi rupiah.

Itulah informasi mengenai ikan oscar yang bisa menambah pengetahuan kalian. Semoga artikel ini dapat membantu bagi kalian yang sedang mencari tahu tentang ikan oscar khususnya untuk pemula.

Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *