Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Jenis Ikan Mas Koki

jenis ikan mas koki

Siapa yang tidak tahu ikan mas koki? hampir semua orang tahu bahkan yang awam tentang ikan pun pasti tau dengan ikan hias ini. Ternyata ikan koki mempunyai banyak jenis dan semuanya memiliki daya tarik masing-masing.

Mulai dari yang berwarna jingga, putih, hitam, ada yang ukurannya besar, dan ada juga yang ukurannya mini. Ikan mas koki juga terkenal dengan bentuknya yang lucu dan aneh.

Harga ikan mas koki di pasaran juga beragam, ada yang murah dan ada yang harganya sangat mahal. Semua tergantung dari jenis dan keunikannya. Semakin menarik dan langka ikan tersebut, tentu harganya akan semakin mahal.

jenis ikan mas koki
sumber gambar dari gerava.com

Seperti yang tadi mina katakan, ternyata ikan mas koki mempunyai banyak jenis. Mungkin diantara jenis tersebut belum pernah kalian ketahui sebelumnya. Nah, berikut ini adalah 30 jenis ikan hias mas koki yang sangat populer di dunia :

1. Ikan Mas Koki Black Teleskop / Black Moor

The Black Telescop, Black Moor, Broadtail Moor, atau bahasa Indonesianya ikan mas koki teleskop hitam.

Ikan mas koki ini memiliki keunikan yaitu sisiknya didominasi dengan warna hitam dan matanya yang menonjol. Mereka dapat hidup mencapai usia 6 – 25 dan tumbuh mencapai panjang 15 cm.

Perawatannya juga tidak sulit bahkan cenderung mudah, cocok untuk kalian yang masih pemula.

Baca Ini: Jenis Ikan Hias Kecil

Harga Ikan Mas Koki Black Moor Rp 25.000

2. Ikan Mas Koki Ryukin

jenis ikan mas koki ryukin

Jenis mas kako ini berasal dari Jepang, memiliki nama panggilan lain seperti Fantail, Veiltail, Ribbontail Jepang, dan lain sebagainya.

Mas koki ryukin mempunyai sirip 2 kali lebih besar dari ukuran tubuhnya. Bentuk tubuhnya bungkuk cenderung pendek, dan ia tidak memiliki punuk. Selain itu mereka memiliki moncong  berbentuk lancip.

Mereka dapat tumbuh mencapai panjang 21 cm dengan berbagai variasi warna. Ikan mas koki ryukin sangat indah jika dipandang di dalam akuarium.

Harga Ikan Mas Koki Ryukin Rp 10.000

3. Ikan Mas Koki Komet

ikan komet

Ikan mas koki komet ini berasal dari Amerika Serikat yang dikembangkan oleh seseorang bernama Hugo Mullert pada akhir abad-19. Mas koki komet memiliki penampilan yang mirip dengan jenis common yang sangat mirip dengan ikan common.

Dibandingkan jenis ikan mas lainnya, mas koki komet yang tubuhnya lebih kecil dan tipis. Ekor komet ini sangat indah, panjang, dan bercabang. Pergerakan mereka di akuarium sangat lincah dan aktif.

Tubuh ikan komet dikombinasikan dengan warna putih, merah, orange, kuning, dan warna cantik lainnya.

Harga Ikan Mas Koki Komet Rp 5.000

4. The Tamasaba

ikan mas koki tamasaba

The Tamasaba atau biasa disebut dengan ikan mas koki sabao ini berasa dari negara sakura. Ikan mas koki ini merupakan hasil persilangan dari ikan mas koki ryukin dan ikan mas koki syounai. Maka dari itu ikan mas koki ini memiliki penampilan yang mirip dengan mas koki ryukin.

Tubuh ikan ini bulat dan melengkung kebelakang, ekornya panjang dan cenderung tunggal mirip dengan mas koki ekor mackerel.

Warna dari ikan ini umumnya merah dan putih. Panjang mereka saat dewasa dapat melebihi ikan mas koki ryukin yaitu mencapai 5 – 10 cm.

Harga Ikan Mas Koki Tamasaba Rp 45.000

5. Fantail Goldfish

Fantail Goldfish

Ikan mas yang cantik ini bernama ikan mas koki fantail goldfish yang merupakan varietas barat dari ikan ryukin. Ikan ini juga disebut dengan ikan mas ekor kipas. Sirip ekornya panjang dan menjuntai sangat indah.

Tubuhnya mungil dengan sirip punggung yang tinggi dan ekornya yang lebih panjang dari tubuhnya. Tidak heran karena kecantikannya ikan mas koki jenis ini merupakan salah satu primadona di dalam akuarium.

Panjangnya tubuhnya rata-rata berukuran 10-15 centimetar dengan tubuh berwarna kuning dan perak keemasan. Mereka termasuk ikan mas koki yang mudah untuk dibudidayakan.

Harga Ikan Fantail Goldfish Rp 30.000

6. Curly Fantail Goldfish

ikan mas koki Fantail Goldfish

Curly Fantail Goldfish sering disebut juga dengan ikan mas koki tosakin. Seperti namanya, jenis mas koki ini sangat cantik dengan ekor kipas keritingnya. Panjang tubuh ikan ini dapat mencapai 5 – 7 centimeter dengan varian warna yang cantik.

Harga Ikan Curly Fantail Goldfish Rp 10.000

7. The White Telescop

Nama Indonesia dari ikan ini adalah teleskop putih, ikan ini lebih populer jika dibandingkan dengan jenis teleskop hitam. Ciri khas dari ikan ini adalah warna putih di tubuhnya dan matanya yang menonjol. Panjang ikan mas koki teleskop putih ini dapat mencapai 5 – 10 cm.

Baca Juga: Jenis Ikan Molly

Harga Ikan The White Telescop Rp10.000 – Rp1.000.000

8. Fancy Telescope Goldfish

Ikan mas koki jenis yang satu ini sering dikenal dengan ikan mas koki mata naga atau ikan mas koki mata globe. Keunikan dari ikan ini yaitu bentuk matanya yang menyembul keluar seperti naga.

Ikan ini memeiliki bentuk yang mungil dengan warna dasar putih dan terdapat bercak hitam. Pada bagian perut bawahnya terdapat warna kuning dan warna orange pucat.

Harga Ikan Fancy Telescope Goldfish Rp20.000

9. Fancy Panda

ikan mas koki panda

Dinamai dengan ikan mas koki panda, pasalnya ikan ini memiliki wrna hitam dan putih sebagai warna dasarnya.

Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang bulat, panjangnya dapay mencapai 20 – 30 cm dengan aksen ekornya yang lebar. Sayangnya ikan ini termasuk langka di pasaran. Harganya juga cukup mahal.

Harga Ikan Mas Koki Panda Rp 100.000

10. Fancy and Hardy Japanese Shubunkins

Ikan mas koki Fancy and Hardy Japanese Shubunkins atau Brokat Merah ini berasal dari negara Jepang. Corak warnanya yang unik dan rame ini menjadi salah satu daya tarik dari ikan mas koki ini. Panjang tubuhnya dapat mencapai 3 – 10 cm.

Sisiknya berkilau dan termasuk ke dalam ikan ekor tunggal. Karakter ikan ini tangguh, lincah, dan kuat, sehingga cocok jika dipeliahara dalam akuarium.

11. The Fancy Pearlscale

Melihata penampilannya saja kita sudah jatuh cinta dengan ikan hias yang satu ini. Yaps, keunikannya yang memiliki sisik timbul seperti mutiara menjadi daya tarik ikan mas koki ini.

Ukuran mereka dapat mencapai panjang sekitar 5 – 7 cm. Warna tubuhnya beragam ada yang ebrwarna putih polos, kuning, merah putih, dan lainnya.

Harga Ikan Mas Koki Mutiara Rp 25.000

BACA JUGA: Jenis Ikan Komet

12. The Curled-Gill

The Curled-Gill

Ikan mas koki memang terkenal dengan penampilan yang  unik. Seperti jenis ikan yang satu ini, nama baratnya adalah the curled-gill atau lebih dikenal dengan ikan insang Keriting. Nama insang keriting diambil karena tutup insangnya yang terbalik.

Daya tarik lain dari ikan ini yaitu memiliki corak tubuh berwarna silver. Mereka sangat cocok jika kamu pelihara dalam aquascape atau akuarium bersama ikan hias lainnya.

Harga Ikan the curled-gill Rp 50.000

13. Hana Fusa

ikan mas koki Hana Fusa

Warna yang dimiliki ikan hana fusa hampir mirip dengan jenis ikan mas koki ekor kipas, hanya saja warnanya sedikit lebih pucat. Uniknya ikan ini yaitu terdapat daging yang tumbuh disekitar hidung dan rahangnya.

Harga Ikan Hana Fusa Rp 30.000

 

14. The Lionhead-Ranchu

The Lionhead-Ranchu

Jenis ikan mas koki ini merupakan hasil perkawinan silang antara ikan mas koki lionhead dan ikan mas koki ranchu. Maka itu ikan ini dinamai dengan the lionhead ranchu atau ikan mas koki kepala singa.

Keunikan dari ikan ini yaiut kepalanya yang lebih besar dibandingkan dengan jenis ikan mas koki lainnya. Panjang ikan ini dapat mencapai 5 – 10 cm.

Lucunya, ikan ini tidak memiliki sirip atas. Tubuhnya yang besar dan melengkung membuat ikan mas koki kepala singa terlihat sangat unik.

Harga Ikan Mas Koki Kepala Singa Rp 15.000

15. Ikan Mas Koki Oranda

Oranda Goldfish

Ikan mas koki oranda berasal dari negara Jepang dan China. Jenis ikan mas koki ini menjadi yang paling banyak dicari oleh banyak orang, bahkan sampai ke seluruh penjuru dunia.

Kenapa begitu? karena ikan cantik ini memiliki keunikan yaitu kepalanya yang seperti mahkota atau raspberry. Panjang tubuh ikan ini dapat mencapai 5 – 10 centimeter.

Harga Ikan Mas Koki Oranda Rp 50.000

BACA JUGA: Jenis Ikan Tetra

16. Ikan Mas Koki Shukin

ikan mas koki shukin

Jenis ini merupakan hasil perkawinan dari ikan mas koki oranda dan ikan mas koki ranchu. Sehingga ikan mas koki shukin memiliki tampilan dan karakteristik yang tidak jauh berbeda dengan kedua mas koki tersebut.

Harga Ikan Mas Koki Shukin Rp 10.000

17. The Egg-Fish

the Egg-Fish

Dinamai dengan egg fish, karen ikan mas koki ini memiliki tubuh yang bulat seperti telur, mereka dapat tumbuh hingga mencapai 20 cm.

Warna tubuhnya didominasi dengan warna kuning dan tidak memiliki sirip punggung sama sekali.

Harga The Egg Fish Rp 10.000

18. Ikan Mas Koki Meteor

Ikan Mas Koki Meteor

Bentuk tubuhnya yang unik menjadi daya tarik ikan mas koki jenis ini. Tubuhnya tidak proporsional dan cenderung aneh karena ia tidak memiliki sirip ekor. Namun keunikan itulah yang membuatnya banyak dicari para pecinta ikan hias.

Harga Ikan Mas Koki Meteor Rp 10.000

19. Ikan Mas Koki Calico

Ikan Mas Koki Calico

Ikan mas koki Calico hampir mirip dengan ikan mas koki ryukin, namun jenis ikan mas koki ini masih belum terlalu banyak dikenal. Kepala ikan ini berukuran kecil dengan sirip yang panjang. Tubuhnya diselimuti dengan tiga kombinasi warna yang berbeda.

Harga Ikan Mas Koki Calico Rp 35.000

20. Ikan Mas Koki Telescope Eye

Ikan Mas Koki Thelescope Eye

Dari tampilannya ikan ini hampir mirip dengan ikan mas koki hitam, bedanya yaitu ikan ms koki telescope eye memiliki perpaduan tiga warna yang cantik yaitu hitam, putih, dan emas.

Harga Ikan Mas Koki Telescope Eye Rp 25.000

21. Ikan Mas Koki Sakura

 

Memiliki warna tubuh yang menyerupai bunga sakura membuat ikan mas koki ini memiliki harga yang cukup mahal. Ikan mas koki sakura juga sangat langka di pasaran.

Harga Ikan Mas Koki Sakura Rp 12.000

BACA JUGA: Jenis Ikan Hias Kecil

22. Ikan Mas Koki Wakin

Ikan Mas Koki wakin

Harga ikan mas koki yang satu ini juga cukup fantastis. Pasalnya ikan ini memiliki tampilan yang unik dan mirip dengan ikan koi. Bentuk ekornya bercabang layaknya ikan koki pada umumnya.

Harga Ikan Mas Koki Waki Rp 45.000 – Rp 200.000

23. Ikan Mas Koki Watonoi

Watonoi

Terdapat beberapa macam jenis ikan watanoi. Ada yang warna tubuhnya emas yang membuat ikan mas koki watanoi sangat indah dipandang. Warna emas tersebut menyelimuti kepala hingga ekornya. Selain itu sirip ikan ini juga cukup panjang.

Harga Ikan Mas Koki Watanoi Rp 40.000

24. Bubble Eye

bubble eye

Ikan mas koki Bubble Eye adalah salah satu jenis ikan mas koki yang juga berasal dari negara China. Dinamai bubble eye atau mata gelembung karena keunikan matanya yang besar menyerupai gelembung.

Namun, matanya yang besar ini menjadikannya sensitif terhadap benturan, meskipun terbentur sedikit saja bisa membuat matanya jadi infeksi.

Ikan mas koki mata gelembung dapat hidup dengan panjang tubuh mencapai 7 – 10 cm. Warna tubuhnya termasuk dalam warna-warna yang cerah seperti putih, kuning, orange, atau perpaduan dari ketiga warna tersebut.

Harga Ikan Mas Koki Bubble Eye Rp 40.000

25. Celestial Eye

calestial eye

Ikan cantik ini merupakan salah satu jenis ikan double tailed dengan sepasang mata teleskop yang menghadap keatas. Mata mereka akan menghadap keatas ketika sudah memasuki umur dewasa.

Calestial eye atau ikan mata langit bisa kamu temukan di pedang ikan hias. Warna ikan ini bervariasi yaitu seperti putih, merah putih, dan orange keemasan.

Harga Ikan Mas Koki Calestial Eye Rp 20.000

26. The Butterfly Tail Moor

The Butterfly Tail Moor atau biasa disebut dengan butterfly telescope ini menjadi salah satu jenis ikan mas koki paling langka di dunia.

Ikan mas koki ini ekornya berbentuk seperti sayap kupu – kupu. Jenis ini masih keturunan dengan ikan mas koki teleskop yang bentuk matanya menonjol dan panjang tubuh mencapai 5 – 7 cm.

Harga The Butterfly Tail Moor Rp 10.000

27. Ikan Mas Koki Lionhead

Ikan mas koki Lionhead merupakan hasil perkawinan silang antara ikan mas koki lionheads dengan ikan mas koki ranchus.

Tubuh ikan ini besar dan melengkung ke belakang, panjangnya bisa mencapai 10 – 16 cm. Keunikan dari ikan ini yaitu kepalanya yang besar dan tidak memiliki sirip atas. Warna ikan mas koki lionhead ini beragam dan semuanya memiliki ciri khas masing-masing.

Harga Ikan Lionhead Rp 50.000

28. Ikan Mas Koki Ranchu

Ikan mas koki ranchul ucu

Banyak pecinta ikan hias yang menyebut ikan ini dengan nama ras ikan mas, karena ikan mas koki ini memiliki warna yang sangat cantik.

Tubuh ikan mas koki ranchu sangat menarik, karena perutnya yang besar dan sirip ekornya yang tidak menjuntai.

Biasanya orang-orang mencari ikan mas koki ranchu ini yang warnanya pucat dan terdapat warna merah di tengah kepalanya.

Harga Ikan Mas Koki Ranchu Rp 30.000

29. Ikan Mas Koki Jumbo

mas koki jumbo

Namanya saja ikan mas koki jumbo, sudah pasti tubuh ikan mas koki ini 2 kali lipat lebih besar dari ikan mas koki pada umumnya.

Harga Ikan Mas Koki Jumbo Rp 50.000

30. Ikan Mas Koki Mini

Ikan mas koki mini merupakan jenis ikan mas koki yang berukuran mini dan tidak dapat tumbuh besar. Biasanya orang-orang yang membeli ikan ini akan memeliharanya di dalam aquascape mereka.

Harga Ikan Mas Koki Mini Rp 5.000 – Rp 15.000

Cara Memelihara Ikan Mas Koki

Setelah kamu mengatahui jenis ikan mas koki beserta harganya, ada baiknya juga kamu mempelajari bagaimana cara memelihara ikan mas koki yang benar.

Apalagi jika kamu yang berniat untuk membudidayakannya dan menjadikannya peluang bisnis. Berikut adalah cara memelihara ikan mas koki yang bisa kamu lakukan dirumah:

1. Pelihara di kolam

Meskipun kamu bisa memelihara ikan ini di dalam akuarium, tapi sebenarnya ikan mas koki lebih suka tinggal di kolam. Pasalnya kolam menyediakan banyak ruang untuk mereka berenang dengan bebas.

Selain itu, ikan mas koki akan mencapai ukuran maksimum, dan kolam adalah tempat yang tepat untuk mereka berkembang biak sampai usia tua.

Menempatkannya di dalam kolam juga dapat memberikan kamu banyak ide untuk mereplikasikan dengan hebitat aslinya. Mereka juga akan terpapar cahaya sinar matahari.

Jadi, selain di dalam akuarium, kamu juga bisa ya memelihara ikan mas koki peliharaan kamu di dalam kolam.

2. Pelihara di Akuarium

Jika kamu ingin memelihara ikan mas koki di dalam akuarium dan ingin mereka memliliki umur panjang, mungkin metode ini bisa membantu.

Belilah akuarium yang sanggup menampung air hingga 200-250 dengan suhu yang tetap terjaga yaitu kisaran 20-23 derajat celcius. Karena ikan mas koki suka dengan lingkungan yang mirip dengan habitat aslinya, maka kamu bisa menambahkannya dengan tanaman air.

3. Menjaga Akuarium Tetap Bersih

Lingkungan tempat tinggal ikan mas koki yang tidak bersih dapat memicu penyakit dan infeksi pada ikan kamu. Masa hidup ikan akan singkat jika kebersihan akuarium yang buruk.

Jangan menunggu akuarium sampai benar-benar kotor baru kamu membersihkanya, karena kotoran yang menumpuk dapat mencemari kualitas air. Untuk menguji apakah akuarium kamu kotor, kamu bisa menggunakan test kit untuk menguji kadar amonia dan nitrogennya.

Ikan mas koki biasa hidup dengan suhu 20-23 °C dan membutuhkan pH antara 6,8 hingga 7,6. Pastikan memilih filter yang tepat untuk akuarium ikan mas koki, filter eksternal lebih baik untuk akuarium yang sangat besar dan penuh ikan.

4. Berikan Makanan Yang Tepat

Ikan mas koki merupakan ikan omnivora yang dapat makan tumbuhan dan makanan hidup. mereka dapat memakan zooplankton, serangga, cacing mikro, tanaman air, dan ganggang.

Kamu juga boleh memberikan pakan buatan seperti pakan serpih atau pelet. Namun setiap pakan yang kamu berikan harus memiliki kandungan gizi dan protein yang seimbang.

Pakan hidup berguna untuk mengaktifkan naluri mangsanya, pakan hidup ini berupa kutu air, udang air asin, dan cacing tubifex.

5. Hindari kepadatan

Meskipun kamu sudah memilih akuarium yang besar, tapi kamu juga harus memperhatikan populasinya. Hindari kepadatan di dalam akuarium untuk menjaga perilaku ikan.

Akuarium yang penuh dapat menyebabkan peningkatan agresi, selain juga membuat akuarium akan cepat kotor. Terlalu banyak ikan dapat menyebabkan perkembangan ikan yang buruk. Ikan yang kurang berkembang akan mati jauh lebih cepat daripada ikan dewasa.

Itulah jenis ikan mas koki yang populer di dunia beserta cara merawatnya. Semoga artikel ini bisa membantu kamu yang baru memulai memelihara ikan hias.

Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Jenis Ikan Oscar

Rumah Fauna
4 min read

Jenis Ikan Molly

Rumah Fauna
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *