Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Jenis Ikan Guppy

Ikan Guppy – Jenis ikan hias ini merupakan primadonanya para pecinta ikan hias dan tidak kaget lagi kalau ikan hias ini memiliki nilai jual yang mahal.

Memiliki nama latin poecilia reticulata, ikan ini mampu memikat siapa saja yang melihatnya.

Ikan Guppy sangat cocok sekali untuk dipelihara di akuarium dan cocok juga untuk hiasan di dalam aquascape.

Kamu bisa memelihara ikan guppy dengan jumlah yang cukup banyak di dalam 1 akuarium, terlebih ikan hias ini memiliki sifat yang suka berkelompok atau bergerombol.

Varietas ikan guppy masih terus berkembang dengan warna baru yang semakin bervariatif. Jadi jangan ragu untuk membagikan jenis guppy unik yang kamu miliki.

Sama seperti Ikan Botia, kalian idak usah khawatir akan kesulitan memelihara ikan hias ini, karena ikan guppy sangat mudah ditemukan di Indonesia, kamu bisa mencarinya di toko toko ikan hias dekat rumah.

Spesies Ikan Guppy

Ikan cantik satu ini menjadi bagian dari keluarga Poeciliidae dan memiliki tiga spesies, jenis-jenis ikan guppy bisa dilihat berdasarkan pola tubuh, warna, mata, dan ekor.

Poecilia Reticulata (fancy guppy)

fancy guppy by pinterest.com

Fancy Guppy merupakan spesies ikan guppy yang berasal dari Amerika Selatan yang saat ini sudah tersebar keseluruh dunia. pesies ini termasuk yang paling mudah beradaptasi dan berkembang biak.

Poecilia Wingei (endler guppy)

endler guppy by pinterest.com

Spesies ini dikenal sebagai Endler Guppy, dibanding Poecilia reticulata, Poecilia wingei terbilang lebih langka.

Warna ikan sangat beragam, mudah dipelihara dan merupakan ikan yang memiliki sifat tenang. Berbeda dengan ikan guppy lainnya, Endler Guppy jarang tersedia di toko ikan hias.

Micropoecilia Picta (swamp guppy)

swamp guppy by pinterest.com

Ikan yang ditemukan di Amerika Selatan dan Tengah ini merupakan ikan air payau, namun mereka juga bisa hidup di air tawar. Swamp Guppy termasuk ikan omnivora yang jarang sekali ditemukan di Indonesia.

Ikan Guppy Berdasarkan Bentuk Ekor

Ada 13 jenis ikan guppy yang dapat kita bedakan dengan cara melihat bentuk ekornya. Varietas ini merupakan hasil dari pemuliaan selektif selama bertahun-tahun dan akan terus berkembang seiring dengan keberhasilan para peternak.

Guppy Triangle-tail

picture by google.com

Ikan ini dikenal sebagai delta tail guppy, bentuk ekornya menyerupai segitiga. Ikan hias ini memiliki ekor yang mengesankan dan berwarna indah, serta polanya yang menarik.

Guppy Veiltail

guppy veiltail by gerava.com

Ikan Guppy jenis veiltail memiliki ekor yang meyerupai trapesium sama kaki dengan multi warna, sirip punggung dan sirip perut ikan ini memanjang dan mengalir.

Guppy Fantail

guppy fantail by gerava.com

Guppy fantail memiliki ekor yang terlihat sangat elegan menyerupai kipas terbuka dengan warna yang cantik, jenis ekor ini sebenarnya khas fancy guppy.

Guppy Scarftail

ikan guppy scarftail by google.com

Guppy scarftail atau Guppy Flagtail memiliki bentuk ekor lebih sempit di tepi dibandingkan dengan guppy lainnya, ekor ikan ini memiliki warna dan pola yang mengesankan.

Guppy Double Swordtail

Ikan Guppy Double Swordtail by gerava.com

Double Swordtail adalah ikan guppy yang memiliki bentuk ekor yang unik, ikan ini memiliki dua ekor memanjang yang berbentuk seperti pedang di kedua sisi pangkal ekornya.

Guppy Top Swordtail

Ikan Guppy Top swordtail by gerava.com

Beberapa guppy swordtail tidak memiliki dua ekor, hanya saja ekornya memanjang di satu sisi seperti ikan ini yang menampilkan ekor memanjang dibagian atas pangkal ekornya. Dengan hanya satu ujung ekor yang memanjang, ikan ini terlihat mirip ikan swordtail.

Guppy Bottom Swordtail

guppy bottom swordtail by google.com

Bottom Swordtail adalah versi kebalikan dari guppy top swordtail yaitu hanya ujung bawah ekor mereka yang memanjang.

Guppy Lyretail

Guppy Lyretail by gerava.com

Guppy Lyretail sebenarnya adalah variasi dari guppy double tail. Ikan ini memiliki ekor yang terhubung oleh membran transparan kecil.

Guppy Cofertail

guppy covertail by gerava.com

Guppy Cofertail merupakan kelompok guppy dengan ekor pendek, ikan ini memiliki ekor berbentuk duyung dengan pola dan warna yang cantik.

Guppy Speartail

Guppy Speartail by gerava.com

Guppy Speartail memiliki ekor yang tidak terlalu besar dan berbentuk seperti ombak namun sangat mengsankan.

Guppy Roundtail

guppy roundtail by ekor9.com

Guppy Roundtail bisa menjadi pilihan yang menarik bagi kalian yang tertarik pada estetika dan ingin membudidayakan ikan guppy dengan bentuk yang berbeda.

Guppy Pintail

pintail guppy by google.com

Jenis Guppy yang satu ini sedikit mirip dengan varietas guppy speartail, bagian tengah ekornya lebih memanjang, karena itu ia dinamai pintail.

Guppy Halfmoon tail

halfmoon tail bu google.com

Jenis Guppy Halfmoon Tail merupakan ikan guppy yang disukai banyak orang. Memiliki ekor yang menyembul keluar hingga menyerupai setengah bulan. Ekor guppy ini terlihat lebih mengesankan, apalagi mereka memiliki perpaduan warna dan bentuk yang cantik.

Jenis Ikan Guppy Berdasarkan Pola Tubuh

Setelah mengenal ikan guppy dari bentuk ekor, dalam kategori ini kita dapat membedakan varietas ikan guppy berdasarkan pola atau corak tubuhnya.

Guppy Tuxedo

guppy tuxedo by google,com

Jenis ini disebut juga dengan half black atau nigrocaudatus, guppy tuxedo memiliki warna gelap pada pinggangnya seperti warna hitam dan biru. Sеlаіn memberikan pengaruh pewarnaan, gen tuxedo јugа memberikan pengaruh pada ukuran sirip yang cenderung lebih besar.

Guppy Cobra

guppy cobra by google.com

Guppy уаng memiliki corak seperti kulit ular pada seluruh tubuhnya уаng berwarna kombinasi hitam, putih atau kuning. Selain mudah disilangkan, corak inilah yang sejak pertama kali sudah diidentifikasi.

Dari segi warna, mereka bisa berwarna putih, hitam, hijau, oranye terang, menghasilkan kombinasi warna dan pola yang menarik dan mencolok.

Guppy Snakeskin

guppy snakeskin by gerava.com

Ikan ini memiliki pola vertikal yang menyebar diseluruh tubuh mereka, terkadang polanya menyerupai pola harimau dengan warna emas, oranye, dan hitam.

Jenis Ikan Guppy Berdasarkan Corak Ekor

Meskipun dilihat dari bentuk ekor saja sudah menarik, pola ekor guppy juga tak kalah menariknya untuk kita ulas. Berikut pola ekor ikan guppy yang harus kalian ketahui :

Guppy Glass

guppy glass by gerava.com

Guppy Glass adalah jenis ikan guppy yang memiliki ekor tampak transparan atau tembus pandang.

Guppy Leopard

guppy leopard by google.com

Pola yang dimiliki ikan guppy jenis ini terlihat menyerupai bintik-bintik seperti macan tutul dan berwarna gelap.

Guppy Mosaik

mosaic guppy by google.com

Ekor Guppy Mosaik menampilkan pola yang tidak beraturan namun terlihat unik dan khas. Jenis pola ini memberikan kesan yang menarik, apalagi jika dikombinasikan dengan warna yang saling melengkapi.

Guppy Lace

lace guppy by ekor9.com

Jenis Guppy dengan pola ini yang lebih sering ditemukan, yaitu pola lace snakeskin. Pola halus seperti renda ini meluas ke seluruh tubuh si ikan, ekornya berbentuk kipas dengan warna yang sangat bervariasi.

Jenis Ikan Guppy Berdasarkan Warna

Selain bentuk dan pola ekor, kita juga bisa mngetahui jenis ikan guppy dengan cara melihat warna tubuhnya. Berikut adalah variasi warna yang dimiliki ikan guppy.

Guppy Albino

ikan albino by ekor9.com

Tubuh Ikan Guppy Albino sebagian besar berwarna putih dengan ciri khas yang membuatnya sangat berbeda yaitu mata merahnya. ikan guppy jenis ini terlihat sangat elegan dan mempesona, meskipun hanya terdapat satu warna ditubuhnya.

Guppy Putih

Guppy Putih memiliki warna pastel putih susu, tujuan dibiakannya jenis ini untuk menghilangkan warna sekunder termasuk mata yang berwarna.

Guppy Hitam

guppy black by google.com

Ikan guppy terbaik dari spesies ini seharusnya memiliki warna hitam solid diseluruh tubuhnya, namun ikan ini cenderung sulit ditemukan.

Semakin besar tubuh si ikan, akan semakin berkurang juga warna hitamnya. Lalu, warna tubuh dan siripnya semakin bervariasi.

Guppy Biru

Ikan guppy spesies ini memiliki warna biru pekat elektrik, terkadang juga seperti nuansa langit biru dan biru tua. Guppy Biru ini sering dijadikan sebagai ikan pameran.

Guppy Biru Neo

Guppy Biru Neo memeiliki warna yang mencolok, warna biru pada tubuh ikan ini jauh lebih terang dibandingkan dengan guppy biru.

Guppy Hijau

Guppy Hijau termasuk spesies yang sulit dikembangkan, itulah mengapa ikan ini memeiliki harga yang cukup mahal. Warna tubuh pada ikan ini hijau dan terkadang sedikit menampilkan warna biru.

Guppy Merah

guppy merah by google.com

Sebenarnya ikan guppy ini memiliki banyak variasi. Guppy Merah memiliki tubuh berwarna merah solid sebagai warna dominan, namun ada juga yang berwarna merah mencolok.

Guppy Kuning

Seperti namanya guppy kuning, warna tubuh tubuh dan ekornya memang dominan kuning. Tubuh ikan ini terlihat kuning cerah membuat mata menjadi betah memandang.

Guppy Ungu

Warna ungu cerah menutupi setidaknya setengah bagian dari tubuh ikan spesies ini. Bagian punggung/dorsal dan ekornya memiliki warna ungu yang mencolok, dalam bahasa Inggris ikan ini disebut gurple puppy.

Guppy Bronze

Guppy Bronze ini merupakan variasi dari guppy emas, setidaknya mereka harus memiliki 25% warna emas dan memiliki sisik hitam.

Guppy Emas

Seperti guppy bronze atau perunggu, spesies ikan guppy emas juga harus memenuhi warna emas 25% pada tubuhnya untuk dianggap sebagai strain emas.

Guppy Biru Setengah Hitam

Setengah dari tubuh guppy ini berwarna hitam, sementara yang lain menampilkan berbagai warna biru.

Guppy Hijau Setengah Hitam

Varietas guppy ini juga sulit dibiakkan, warna tubuh ikan ini sebagian hitam dan sebagian hijau dengan nuansa emas atau warna lainnya.

Guppy Merah Setengah Hitam

Tubuh ikan guppy ini berwarna hitam lalu sirip dan ekornya ditutupi dengan warna merah, jenis ini sangat indah untuk dilihat.

Guppy Kuning Setengah Hitam

Varietas ini memperlihatkan dua warna yaitu hitam dan kuning yang sangat kontras, ditambah dengan pola ekornya yang menarik menambah kecantikan ikan ini.

Guppy Ungu Setengah Hitam

Tubuhnya berwarna setengah hitamDengan tubuh setengah hitam, ekor dan sirip ungu tua, varietas guppy ini adalah contoh indah lainnya tentang apa yang dapat dicapai oleh pemuliaan selektif ikan guppy.

Guppy Warna Solid

Varietas guppy ini memiliki warna biru, kuning, merah, dan bahkan hitam dan mereka dicirikan dengan satu warna solid baik pada tubuh maupun sirip.

Guppy Bicolor

Guppy Bicolor memiliki warna dasar seperti merah, hijau atau biru, atau warna lain. Warna sekunder harus terbentuk setidaknya 25% dari warna ekornya dan harus berbeda dari warna primer.

Guppy Multi Warna

Guppy multi-warna memiliki setidaknya tiga warna, di mana semua warna 15% terdapat pada ekornya.

Guppy Metal

Guppy Metal memiliki kemampuan unik untuk bersembunyi dari pemangsa berkat pigmen iridofor yang bisa meniru warna tubuhnya meniru lingkungan mereka.

Guppy Koi

Guppy Koi memiliki warna dengan skema ikan koi, ekor mereke berwarna merah, bersisik putih, dan wajahnya merah.

Guppy Panda

Strain ini memperlihatkan warna hitam gelap di sekitar mata, sirip punggung, dan ekor hingga bagian tengah tubuh ikan guppy panda. Setengah lainnya adalah warna yang lebih terang.

Guppy Moskow

Guppy Moskow ini menampilkan varian ungu, hitam, dan hijau solid serta memiliki ekor yang panjang dan mewah.

Guppy Platinum

Strain Guppy Platinum ini memiliki warna platinum di seluruh tubuh, sirip ekor, sirip punggung, dan ekor. Tubuh mereka relatif kecil dan memiliki ekor panjang yang membuat mereka terlihat elegan.

Guppy Dragon Head

Sesuai dengan namanya, ikan guppy ini menampilkan warna dan pola ekor yang sangat menarik. Sirip ekor dan sirip punggungnya berwarna merah-oranye cerah, sedangkan tubuhnya berwarna gelap.

Jenis Ikan Guppy Berdasarkan Warna Mata

Setelah ini kita akan membahas varietas ikan guppy yang bisa kita bedakan dari cara melihat warna matanya, sebagai berikut.

Guppy Mata Merah (RRE)

Guppy ini jarang ditemui, mata mereka berwarna merah terang, merah oranye, yang mudah terlihat.

Guppy Albino Mata Merah

Akibat kekurangan pigmen melanin, mengakibatkan mata dari ikan guppy albino ini memberi warna kemerahan. Varietas ini memiliki mata yang lebih pucat daripada ikan guppy lainnya.

Jenis Ikan Guppy Berdasarkan Sirip Dada

Dalam hal sirip dada ada varietas guppy yang menarik, seperti yang satu ini.

Guppy Dumbo Ear

Guppy Dumbo Ear sering disebut juga dengan guppy gajah karena mereka memiliki sirip dada yang besar. Jenis guppy ini juga memiliki pola dan skema warna.

Kesimpulan

Seperti itulah beberapa jenis ikan guppy yang bisa kita bedakan ciri-cirinya dari beberapa kategori. Jadi jenis ikan guppy yang mana yang kalian suka ?

Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan untuk kita semua, share artikel ini supaya semua orang tahu bahwa ikan guppy mempunyai banyak sekali jenis yang sangat menarik. Terimakasih 🙂

Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Jenis Ikan Oscar

Rumah Fauna
4 min read

Jenis Ikan Molly

Rumah Fauna
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *