Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Jenis Ikan Air Tawar

Jenis Ikan Air Tawar – Ikan air tawar merupakan jenis ikan yang sudah sangat lazim kita konsumsi, selain rasanya enak ikan air tawar memiliki kandungan gizi yang tak kalah unggul dari ikan laut.

Harga ikan air tawar dominan lebih murah dibandingkan dengan ikan air laut, hal ini dikarenakan ikan air tawar lebih mudah didapatkan.

Nah, di Indonesia sendiri ada banyak sekali ikan air tawar yang biasa disajikan sebagai santapan makanan dirumah. Ada apa saja ya? yuk kita simak.

1. Ikan Gurame

ilmubudidaya.com

Ikan Gurame (Osphronemus goramy) merupakan jenis ikan air tawar yang sangat populer dan banyak dijadikan sebagai ikan konsumsi terfavorite di Asia Tenggara maupun Asia Selatan.

Habitat Ikan Gurame yaitu di sungai, rawa, kolam, juga air payau, sesekali Ikan Gurame muncul ke permukaan air untuk bernapas secara langsung dari udara.

Ikan Gurame masuk kedalam menu favorite keluarga karena dagingnya yang padat, durinya besar-besar, rasanya gurih dan enak.

Bahkan beberapa restoran seafood menyajikan Ikan Gurame sebagai salah satu menu andalan, seperti Gurame bakar dan Gurame asam manis, karena itulah Ikan Gurame memiliki harga yang cukup mahal dengan kisaran harga Rp50,000/kg

Gurame juga bisa dimanfaatkan sebagai ikan ikan hias akuarium dan jenis yang sering dijadikan sebagai ikan hias tersebut ialah Ikan Gurame padang.

2. Ikan Bawal

dictio.id

Ikan Bawal atau Bramidae merupakan jenis ikan air tawar yang berbentuk pipih dan lebar. Secara umum Ikan Bawal terbagi menjadi dua jenis yaitu Ikan Bawal Putih dan Ikan Bawal Merah Hitam.

Ikan yang sering ditemukan beriringan dengan udang ini banyak ditemukan di Lautan Hindi, Indonesia juga Jepang.

Dagingnya cukup tebal dan rasanya gurih, Ikan bawal sering menjadi pilihan utama bahan pangan.

Harga Ikan Bawal sendiri tergolong cukup murah yaitu sekitar Rp10,000/kg.

3. Ikan Mujair

cdn.idntimes.com

Ikan Mujair (mozambique tilapia) salah satu jenis ikan air tawar yang cukup adaptif karena perkembangbiakannya yang dianggap sangat pesat sehingga mampu mengganggu ekosistem yang ada.

Para pembudidaya menganggap Ikan Mujair sebagai ikan hama, karena ikan-ikan menjadi kompetitor dalam hal makanan. Ikan mujair memiliki habitat di telaga, waduk, rawa-rawa dan juga di dalam kolam ikan.

Soal rasa jangan diragukan lagi karena Ikan Mujair memiliki daging yang gurih dan juga lezat apabila diolah dengan baik. Untuk harga Ikan ini juga tergolong murah yaitu sekitar Rp24,000/kg.

4. Ikan Mas

thegorbalsla.com

Ikan Mas (Cyprinus carpio) adalah ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis, itulah mengapa populasi ikan ini sangat banyak dan kita bisa menemukannya dengan sangat mudah.

Ikan Mas menyukai habitat seperti pinggiran sungai atau danau yang alirannya airnya tidak terlalu deras. Cara budidaya ikan mas tergolong mudah yaitu hanya membutuhkan manipulasi lingkungan dan kawin suntik.

Ikan Mas memiliki kandungan gizi yang sangat banyak salah satunya mengandung omega 3 yang baik untuk perkembangan otak manusia. Manfaat minyak kan mas juga sangat berperan dalam mengontrol kadar kolestrol, mencegah datangnya lemak jahat, dan juga dapat mengontrol berat badan.

Selain dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi, tak jarang orang memanfaatkan ikan ini sebagai ikan hias karena warna sisiknya yang cantik. Harga Ikan Mas sendiri cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 25,000/kg.

5. Ikan Nila Merah

dinimon.com

Ikan Nila Merah (Oreochromis niloticus) merupakan ikan air tawar yang hampir mirip dengan ikan Mujair dan sama-sama memiliki rasa daging cukup lezat dan tebal.

Selain lezatnya daging Nila Merah, ikan ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita seperti:

  • Membantu mengurangi berat badan
  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • Meningkatkan kesehatan rambut
  • Mengurangi risiko berbagai penyakit kronis
  • Menurunkan kadar trigliserida
  • Membangun tulang yang kuat
  • Mencegah penurunan kognitif
  • Mencegah berbagai jenis kanker
  • Mengurangi tanda-tanda penuaan

Harga Ikan Nila Merah dihargai sekitar Rp 25,000/kg.

6. Ikan Nila Hitam

okdogi.com

Perbedaan Ikan Nila Merah dengan Ikan Nila Hitam bisa dilihat dari warna siripnya. Namun ikan ini lebih mudah ditemui di pasar ketimbang ikan Nila Merah, maka tak heran jika harganya sangat terjangkau.

Nila Hitam memiliki cita rasa daging yang sangat lezat, dagingnya empuk dan gurih serta mampu diolah menjadi berbagai macam makanan.

Karena kandungan gizi yang mendukung kerja sel darah merah dan trombosit, Ikan Nila Hitam bisa dijadikan sebagai bahan alternatif untuk penyembuhan penyakit gangguan darah, seperti Talasemia dan Anemia.

7. Ikan Lele

motherandbaby.co.id

Ikan Lele yang memiliki nama ilmiah Clarias ini adalah ikan di air tawar yang sangat mudah dikenali dengan bentuk tubuhnya yang licin, agak pipih memenjang, serta memiliki “kumis” dibagian mulutnya.

Ikan yang suka disebut dengan Ikan Keli ini sangat populer di Indonesia karena setiap daerah pasti ada yang menjual ikan ini dengan sebutan “Pecel Lele”.

Ikan ini sangat mudah dibudidayakan dan perkembangbiakannya yang cukup pesat. Namun ada juga yang ditangkap dari alam bebas, seperti Ikan Lele Dumbo yang sebenarnya merupakan jenis Ikan Lele dari Afrika.

Ikan ini biasanya diolah dengan cara digoreng atau dipindang, rasa dari Ikan Lele sendiri sudah sangat gurih apalagi diolah dengan baik pasti menjadi sangat lezat.

Selain itu Ikan Lele mengandung VItamin D yang cukup tinggi, mengandung asam lemak omega 3 dan memiliki asam lemak omega 6 yang cukup tinggi.

8. Ikan Patin

netralnews.com

Ikan patin (pangasius) yang masih satu keluarga dengan Ikan Lele mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Ikan ini sangat baik untuk ibu hamil maupun balita yang masih dalam proses pertumbuhan.

Soal rasa tidak usah diragukan lagi karena Ikan Patin memiliki daging yang gurih dan lezat tentunya.

Harga untuk Ikan Patin Sendiri yaitu sekitar Rp 17,000/kg.

9. Ikan Sepat

hewany.com

Ikan Sepat atau Trichopodus trichopterus merupakan salah satu ikan air tawar yang memiliki nilai komoditas perikanan cukup tinggi. Ikan Sepat biasanya dioalah sebagai ikan asin dan ada juga yang memanfaatkannya sebagai ikan hias aquarium.

Jenis Ikan Sepat ada dua, yaitu Ikan Sepat Siam dan Ikan Sepat Rawa. Selain rasanya yang gurih, Ikan Sepat memiliki banyak sekali manfaat antara lain:

  • Mengurangi risiko kanker
  • Mengandung omega 3 yang sangat penting dalam pencegahan penuaan dini.
  • Menstabilkan tekanan darah tinggi.
  • Mengandung Vitamin D dan B2 yang sangat penting untuk kesehatan tulang dan kulit.

10. Ikan Baung

dunia-perairan.com

Ikan Baung (Mystus spp) adalah ikan air tawar yang terdapat di negara ASEAN termasuk di Indonesia. Ikan Baung banyak ditemukan di sungai salah satunya sungai Kalimantan Tengah dan ukuran ikan ini mampu mencapai 20 kg.

Umpan yang akan digunakan untuk memancing Ikan Baung biasanya berupa induk semut rangrang yang berwarna hijau terang.

Rasa daging Ikan Baung ini akan sangat lezat jika diolah dengan cara dibakar atau dipesmol (acar kuning).

11. Ikan Lopis

nakamaaquatics.id

Ikan Lopis merupakan jenis ikan sungai yang masuk kedalam suku Notopteridae. Selain itu ikan ini populer dengan nama Ikan Belida yang diambil dari Sungai Musi di Sumatera Selatan.

Jenis ikan yang satu ini dapat ditemui di Kalimantan, Jawa, Sumatra, dan Semenanjung Malaya,  Ikan ini menjadi bahan utama dalam pembuatan kerupuk khas dari Palembang yang dikenal sebagai kemplang.

Dulu ikan ini juga digunakan untuk pembuatan pempek yang sekarang digantikan oleh ikan tenggiri.

Memiliki tampilan yang unik membuat Ikan Lopis dipelihara di akuarium sebagai ikan hias. Ikan ini sudah berpotensi terancam punah, sehingga lembaga penelitian melakukan penangkaran agar ikan ini tidak punah.

12. Ikan Sidat

sukaikan.com

Ikan sidat (Anguilla spp) merupakan ikan air tawar yang memiliki komoditas perikanan cukup luas. Negara yang menjadi importir terbesar ialah Amerika, Jepang, Eropa dan Taiwan.

Banyak yang mengira ikan ini mirip dengan Belut padahal jika diperhatikan bentuk fisik kedua ikan tersebut tentu jauh berbeda, seperti berikut:

  • Ikan Sidat mampu hidup di dua alam yaitu air tawar dan air laut, sedangkan Belut hanya hidup di lumpur.
  • Pada kepala Ikan Sidat terdapat sirip sedangkan pada Belut tidak ada sirip.

Kandungan gizi yang terdapat pada ikan ini juga sangat berlimpah sama seperti belut yaitu baik untuk perkembangan kerja otak.

Harga Ikan Sidat cukup mahal yaitu sekitar Rp160,000/kg.

13. Ikan Gabus

doktersehat.com

Ikan Gabus yang memiliki nama ilmiah Channa striata ini adalah sejenis ikan predator yang hidup di air tawar. Sebagai sumber makanannya ikan ini memangsa berbagai serangga, ikan kecil, kodok, bahkan berudu.

Ikan Gabus dapat berkembang biak dengan panjang tubuh sampai satu meter, memiliki kepala besar agak gepeng mirip dan ada sisik diatas kepalanya, mirip seperti dengan kepala ular oleh sebab itu ikan ini dijuluki ikan sneakhead

Meskipun ikan lain terkenal dengan kandungan proteinnya, Ikan Gabus ini jauh lebih kaya akan gizi dan protein, bahkan protein Ikan Gabus 25,5%, lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadar protein dari Ikan Bandeng, Ikan Mas, Ikan Kakap, maupun Ikan Sarden.

Bagusnya lagi Ikan Gabus ini sangat kaya akan albumin, salah satu jenis protein penting bagi tubuh manusia.

Albumin ini berperan penting pada tubuh manusia terutama dalam proses penyembuhan luka, membantu penyembuhan beberapa penyakit seperti kanker, stroke, gagal ginjal, dan diabetes mellitus.

14. Ikan Belut

manfaat.co.id

Siapa yang belum pernah makan Ikan Belut? sangat disayangkan bagi kalian yang tidak suka dengan ikan dengan segudang manfaat ini.

Ikan Belut memiliki segudang vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan, antara lain

  • Zat besi
  • Isoleusin
  • B2 (riboflavin)
  • Omega 3 leusin
  • Vitamin A
  • Sodium
  • Protein
  • Kalsium
  • Omega 6
  • B3 (niacin)
  • B6 (pyridoxine)
  • B9 (asam folat)
  • B12 (kobalamin)
  • B1 (thiamin)
  • Magnesium
  • Fosfor, dan masih banyak lagi.

Taka heran jika Ikan Belut dieskploitasi secara besar-besaran karena selain penuh manfaat, Belut bisa dijadikan bahan baku dalam pembuatan kripik, dan juga Belut menjadi komoditas ekspor yang sangat menjanjikan.

Untuk harga Belut sendiri lumayan cukup mahal yaitu sekitar Rp40,000/kg

15. Ikan Betutu

bahasikan.com

Ikan Betutu (Marble Goby) adalah jenis ikan air tawae yang memiliki penampilan sangat khas sehingga mudah diingat. Ikan ini sering juga disebut ikan pemalas karena ketahanannya untuk tidak bergerak sampai berjam-jam.

Ikan ini memiliki kesamaan dengan Ikan Gabus jika dilihat secara sepintas, rasa Ikan Betutu ini juga tidak kalah lezatnya dengan Ikan Gabus dan yang pasti sama-sama memiliki gizi tinggi.

Harga Ikan Betutu juga tidak murah lho, jika sudah masuk rumah makan untuk membelinya kita harus membayar dengan harga Rp200,000 atau Rp180,000

16. Ikan Biawan

dunia-perairan.com

Ikan yang sering disebut Kissing Fish ini masih masuk kedalam keluarga Ikan Gurame. Kenapa ikan ini disebut dengan kissing fish? karena ketika mereka berinteraksi dengan ikan yang sejenis, mereka akan menggunakan mulut sebagai medianya.

Ukuran ikan unik ini besarnya mencapai telapak tangan orang dewasa, dan ikan ini merupakan ikan konsumsi yang cukup favorite karena dagingnya yang empuk dan gurih.

17. Ikan Bilih

life.trubus.id

Ikan yang sering dikeringkan lalu dijadikan sebagai ikan asin ini merupakan ikan konsumsi yang cukup penting di daerah Sumatera Barat.

Tahun 2003 produksi ikan ini di danau Singkarak mencapai 73,8% yang totalnya hingga 352,3 ton.

18. Ikan Hampala

lalaukan.com

Ikan Hampala merupakan ikan air tawar yang termasuk kedalam ikan predator. Ikan ini menyukai sungai-sungai yang deras dengan dasar berpasir atau berlumpur. Ikan ini banyak ditemukan di danau ataupun waduk.

Ikan ini cukup digemari sebagai ikan konsumsi karena dagingnya yang enak dan Ikan ini juga digemari sebagai ikan pancingan.

19. Ikan Jelawat

medium.com

Ikan Jelawat (Leptobarbus hoeveni) sering disebut juga sebagai ikan sultan atau ikan lemak. Ikan ini tersebar luas di Kalimantan, Thailand, Sumatra dan Malaysia. Ikan Jelawat merupakan jenis ikan air tawar yang herbivora atau pemakan tumbuhan.

20. Ikan Jendil

hewany.com

Taukah kalian bahwa ikan Jendil (Clupisoma sinensis) ini menjadi salah satu menu masakan khas dari sungai Bengawan Solo. Ikan ini sejenis dengan Ikan Patin bedanya hanya Ikan Jendil memeiliki bentuk tubuh yang agak lebih kecil dan memanjang.

Ikan yang memiliki lendir dan warna putih hijau ini hidup di sejumlah sungai di berbagai daerah nusantara. Masyrakat sekitaran Sungai Bengawan Solo senang mengkonsumsi ikan ini karena lemaknya yang sedikit dan tekstur dagingnya lembut.

Biasanya Ikan Jendil diolah dengan cara digoreng biasa atau dibuat sayur lodeh jendil yang terkenal di warung-warung sepanjang Sungai Bengawan Solo.

21. Ikan Nilem

dunia-perairan.com

Nilem merupakan salah ikan air tawar yang masih minim dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Padahal cita rasa dari ikan nilem ini lebih gurih bila dibandingkan dengan ikan tawar lainnya.

Hal tersebut terjadi karena ikan nilem banyak mengandung sodium glutamat di dalam dagingnya yang dengan alami terbentuk karena pengaruh dari sumber pakannya.

Ikan Nilem juga punya banyak sekali manfaat sebagai berikut:

  • Dapat menghilangkan pegal-pegal
  • Melancarkan peredaran darah
  • Menghilangkan jaringan kulit mati
  • Menghilangkan kulit pecah-pecah

Untuk harganya sendiri ikan ini dibandrol dengan harga Rp14,000/kg

21. Ikan Tawes

gambarikan.com

Ikan Tawes merupakan salah satu ikan air tawar yang menjadi favorite masyrakat di daerah Asia Tenggara daratan maupun kepuluan. Biasanya masyarakat mengolah ikan ini dengan cara digoreng atau dijadikan pencok ikan tawes.

22. Ikan Toman

ikanhias.id

Ikan toman salah satu ikan air tawar yang memiliki daging berwarna putih lembut dengan rasanya yang gurih juga lezat. Ikan ini biasa diolah menjadi ikan bakar, sup, dijadikan ikan asin, sampai diolah menjadi gulai.

Di Negara Singapura, ikan ini lebih dipelihara di kolam-kolam untuk jadi rekreasi memancing.

Ikan toman yang masih muda memiliki warna yang indah dan banyak yang menjadikannya sebagai ikan hias. Oleh sebab itu ikan ini kerap diekspor ke mancanegara salah satunya Amerika Serikat.

23. Ikan Tombro

pixaby.com

Jenis ikan air tawar yang satu ini biasanya hidup secara bergerombol. Ikan Tombro menyukai tempat yang tidak terlalu banyak air atau tidak terlalu dalam. Jika kalian ingin memelihara ikan ini akan lebih baik jika dipelihara dibawah pancuran air atau ditengah-tengah kolam.

Ikan Tombro terkanal memiliki rasa daging yang gurih dan juag enak, jadi tidak heran jika ikan ini banyak diminati masyarakat. Selain rasanya yang lezat, kandungan protein yang terkandung pada ikan ini juga sangat tinggi.

24. Ikan Wader

indonesia.co.id

Ikan Wader adalah ikan air tawar yang sudah fenomenal di negara kita Indonesia. Selain dikonsumsi ikan ini juga sering diolah menjadi snack atau sebagai lauk lalap.

Harga Ikan Wader biasa dijual dengan harga Rp17,000/kg.

25. Ikan Pedih

ayobandung.com

Ikan Pedih atau Ikan tor adalah ikan air tawar yang habitat aslinya yaitu Aceh Tengah. Arti dari nama Ikan Pedih sendiri yaitu rajanya ikan.

Konon, hanya raja dan tokoh masyarakat saja yang boleh mengkonsumsi ikan ini, oleh karena itu ikan ini digunakan sebagai lambang kesejahteraan masyarakat Aceh Tengah.

Ikan Pedih juga tergolong sangat mahal karena ikan ini hampir sulit ditemukan. Harga Ikan Pedih di Jawa Tengah bisa mencapai Rp650,000.

Demikian pembahasan mengenai jenis-jenis ikan air tawar konsumsi yang terkenal di Indonesia. Jenis ikan air tawar mana yang kalian suka? Semoga artikel ini bisa menambah wawasan untuk kita semua. Terimakasih.

Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Jenis Ikan Oscar

Rumah Fauna
4 min read

Jenis Ikan Molly

Rumah Fauna
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *