Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Ikan Rainbow

Ikan rainbow merupakan ikan hias air tawar yang berasal dari Papua, ikan yang memiliki warna dan corak seperti pelangi ini berukuran mini sehingga cocok untuk dijadikan ikan hias aquascape.
Ikan ini merupakan ikan hias dari danau ajamaru dan danau atinjau yang terletak di Irian Jaya. Mereka lebih sering berada di perairan seperti danau, rawa, dan sungan yang memiliki air bersih.
Mereka dinamai rainbow karena warna tubuhnya cantik seperti pelangi. Ciri khas ikan ini yaitu tubuhnya yang mini dan hanya bisa mencapai 15 cm. Bentuk tubuhnya pipih memanjang dan terdapat 2 sirip di punggungnya, sedangkan mulutnya kecil berbentuk tabung.
Ikan pelangi sangat cocok dipelihara dalam aquascape dan di satukan dengan ikan lain karena mereka ramah dan tidak agresif. Ikan yang cocok dengan ikan pelangi adalah ikan botia, ikan guppy, dan ikan molly.

√6 Jenis Ikan Rainbow Yang Sangat Menawan

sumber gambar dari aqueros.blogspot.com

1. Ikan Rainbow Boesemani

makanan ikan rainbow
sumber gambar dari google.com
Ikan rainbow jenis ini mempunyai ukuran yang bisa mencapai 9 cm dan 7 cm untuk ikan yang berjenis kelamin perempuan. Jenis ikan ini juga sangat murah karena harganya hanya mencari Rp.1000 sampai Rp 10.000 itupun bisa lebih jika ikan ini mempunyai corak warna yang unik.
Nama ilmiah dari ikan ini adalah Melanotaenia Boesmani, ikan ini mempunyai bentuk pipih dan ikan ini mempunyai sirip di bagian punggungnya.

2. Ikan Rainbow Ballon

Ikan pelangi yang satu ini memiliki bentuk unik dan lucu karena pendek dan bulat layaknya balon. Mereka dikategorikan berdasarkan warnanya seperti rainbow bosmani balon, rainbow lacustris balon, dan red rainbow balon.
BACA JUGA: Ikan Pedang

3. Ikan Rainbow Merah

Ikan rainbow jenis ini memiliki tubuh yang dominan berwarna merah bata, biasanya mereka ditemukan di danau sentani Papua. Panjang ikan ini 12 cm untuk jantan dan 10 cm untuk betinanya, tubuh mereka pipih serta memiliki sirip punggung ganda.

4. Ikan Rainbow Makaloci

Jenis yang satu ini mempunyai warna dasar kehijuan dan warna merah pada sirip punggungnya, ekornya berwarna merah cerah, dan warna tubuhnya warna dasar silver metalik. Punggungnya mempunyai warna coklatan dan di perutnya berwarna putih, terdapat garis memanjang horizontal yang berwarna hitam.

5. Ikan Rainbow Lacutris

Ikan jenis ini memiliki nama ilmiah Lake kutubu rainbow fish, mereka berwarna biru atau kehijauan lalu bagian bawahnya cenderung berwarna putih. Panjang ikan rainbow lacutris mencapai 10 cm. ikan ini disebut juga “Rainbow Biru” karena warna tubuhnya dominan biru dan juga seperti pelangi.
BACA JUGA: Ikan Botia

6. Ikan rainbow preacox

Ikan rainbow preacox mempunyai nama ilmiah yaitu Melanotaenia praecox weber, tubuh ikan ini berbentuk pipih serta terdapat sirip ganda di punggungnya, Warna dasarnya biru metalik dan siripnya berwarna merah. Jenis ikan ini warnanya akan lebih bagus saat mereka sedang dalam masa kawin, ikan cantik ini juga termasuk mungil yaitu hanya berukuran 4 – 5 cm.

Cara Merawat Ikan Rainbow

Jika kamu ingin membudidayakan ikan hias ini sebaiknya dimulai dengan menyiapkan tempat yang layaknya berada di habitat asalnya, dengan menambahkan tanaman air pada aquarium, karena ikan ini suka bermain di tumbuhan yang ada di dalam air.
Perawatan ikan ini ternyata cukup membutuhkan ketelatenan, kamu perlu menyediakan pakan dan air aquarium yang berkulitas. Aquarium yang ideal untuk budidaya ikan ini yaitu terisi air sekitar 125 liter dengan temperatur 24 – 26 derajat celcius. Ukuran pH yang bagus untuk ikan ini adalah berkisar 6,5 sampai 7,5. Jika hal tersebut sudah dilakukan, maka ikan ini mampu bertahan lebih lama.
Makanan yang bisa kamu berikan antara lain berupa palet ikan, cacing darah, cacing sutera, atau makanan beku. Pastikan makanan yang kamu berikan adalah makanan yang berkualitas, karena jika tidak maka ikan akan terkena infeksi dan mati.
Jangan lupa untuk menghias aquarium seperti habitat aslinya, karena ikan rainbow suka hidup bergelombol, kamu bisa memeliharanya lebih dari satu ekor.

Cara Membudidayakan Ikan Rainbow

Membudidayakan ikan rainbow lebih baik menggunakan aquarium khusus saat proses pemijahan. Pertama taruh betina 1 sampai 2 ekor pada aquarium, lalu tunggu sampai beberapa jam, jika sudah baru masukan 2 sampai 3 pejantan.
Proses kawin ini memerlukan waktu sekitar 2 minggu, betina biasanya bertelur pada tanaman dan jantannya akan membuahinya. Jika sudah bertelur segera pisahkan telur dengan ikan yang lebih besar untuk menghindari anakan dimakan. Setelah itu berikan pakan yang berkualitas seperti udang air asin pada anakan ikan rainbow tersebut.
Itulah penjelasan tentang ikan rainbow dari jenis hingga cara merawat dan budidayanya. Jadi jenis ikan rainbow mana yang mau kamu pelihara di dalam aquarium?
Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Jenis Ikan Oscar

Rumah Fauna
4 min read

Jenis Ikan Molly

Rumah Fauna
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *