Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Hewan Peliharaan

jenis hewan peliharaan

Memiliki hewan peliharaan di rumah tentunya menjadi kesenangan tersendiri bagi sejumlah orang. Selain dapat menghilangkan stress, memiliki hewan peliharaan juga dapat membuat suasana rumah jadi lebih hidup dan aman.

Terdapat banyak sekali jenis hewan yang bisa kamu pelihara, mulai dari hewan mamalia, reptil, bahkan unggas. Namun, mempunyai hewan peliharaan tentu membutuhkan perhatian khusus, artinya kamu harus turun tangan untuk menjaganya. Mulai dari pemberian makanan yang cukup, perawatan yang layak, tempat tinggal, dan masih banyak lainnya.

Nah, berikut ini rumahfauna.com akan memberikan list atau daftar hewan peliharaan untuk menamani kamu di rumah. Hewan apa saja ya?

1. Kucing Kampung

kucing kampung

Bagi kamu yang ingin mempunyai peliharaan yang lucu tapi budget pas-pasan, kucing kampung adalah pilihan yang tepat. Hewan penyayang ini sangat mudah untuk dipelihara, karena mereka tidak terlalu membutuhkan perawatan khusus seperti kucing ras.

Umumnya kucing kampung memiliki ketahanan tubuh yang kuat dan sangat lincah. Bulunya tipis dengan warna yang beraneka ragam. Ada yang hitam, hitam putih, oranye, putih, brown atau mix.

Karakteristik kucing kampung ini tidak manja bahkan sangat mandiri, pasalnya mereka bisa mencari makan dimanapun. Meski begitu kamu harus tetap memperhatikan kesehatan dan kebersihannya.

2. Kucing Anggora

kucing anggora
gerava.com

Jenis hewan peliharaan ini bisa kamu jadikan bahan pertimbangan. Kucing anggora merupakan kucing ras yang cukup populer yang memiliki tampilan yang cantik dan bersih, bulunya lebat dan sangat lucu.

Karena bulunya yang lebat, kamu perlu budget lebih untuk menjaga perawatan bulunya. Selain itu kucing ras ini tidak bisa diberi makan sembarangan. Kamu dapat memberinya makanan kucing berkualitas yang bernilai gizi tinggi dan bernutrisi.

Perhatikan pula kebersihan tempat tinggalnya, karena kandang yang tidak bersih bisa membahayakan kesehatan si kucing. Salah satu ciri kucing yang sakit adalah kucing jadi mencret dan bulu kucing rontok. Jadi, pastikan kamu merawat kucing kesayangan kamu dengan baik.

3. Kucing Persia

jenis kucing persia
hewanesia.com

Siapa yang tidak tahu kucing persia? Tentu semua pecinta hewan sudah tau jenis kucing ras yang satu ini. Yaps, kucing persia yang terkenal lucu namun mudah dalam merawatnya. Kucing persia juga memiliki bulu yang lebat dan indah seperti anggora. Bahkan beberapa orang sering mengira persia adalah anggora.

Jenis hewan peliharaan ini cukup mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, untuk soal makanan kamu bisa memberikan makanan kucing basah atau makana kucing yang kering. Jangan lupa untuk membawanya ke pet shop untuk digrooming supaya bulu lebatnya tetap terawat dan sehat.

Ada beberapa jenis kucing persia yang bisa kamu jadikan pilihan, seperti kucing persia himalaya, kucing persia peaknose, kucing persia medium, dan kucing persia flatnose. Semua jenis kucing persia tersebut memiliki daya tarik masing-masing. Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan selera masing-masing.

4. Anjing Pomeranian

makanan anjing
blogspot.com

Jenis anjing yang imut ini cocok juga untuk kamu jadikan teman bermain di rumah. Anjing pomeranian termasuk hewan yang mudah beradaptasi dengan pemiliknya dan cukup mudah diatur. Biasanya mereka suka di tempat yang bersih dan tenang.

Kebanyakan anjing ini berwarna putih dan coklat dengan bulu yang sangat lebat seperti boneka anjing yang ada di toko boneka. Untuk merawat bulunya kamu bisa memandikannya 2 minggu sekali, gunakan shampo khusus anjing, dan setelah itu keringkan dengan hair dryer. menggunakan sisir khusus dan gunakan juga shampo khusus anjing.

Jenis hewan peliharaan yang satu ini sangat lincah, pintar, dan lucu. Bagi kamu yang suka memelihara anjing mungkin anjing jenis ini bisa dijadikan piihannya. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihannya ya.

5. Anjing Shiba Inu

jenis anjing shiba inu
anjing9.com

Anjing Shiba Inu adalah jenis anjing yang berasal dari negara sakura. Ciri khas anjing ini terletak pada bagian telinganya yang mana terlihat jelas berukuran kecil dan berdiri tegak ke arah atas. Tubuhnya yang tegap membuat anjing jenis ini terlihat seperti seekor serigala.

Karakteristik anjing ini yaitu lincah, suka bermain, mandiri, dan pintar diajari hal baru. Tubuh anjing ini berukuran sedang dan bulunya berwarna coklat. Anjing shiba inu termasuk anjing yang relatif murah perawatannya, sehingga cocok untuk kamu yang baru memulai untuk memelihara hewan.

6. Anjing Norwegian Elkhound

jenis anjing norwegian
dunia-anjing.com

Anjing jenis ini memiliki tubuh gagah, telinga tegak lurus pada bagian atas, dan wajah yang mirip serigala. Anjing norwegian elkhound ini sangat suka bermain dan bisa dijadikan anjing penjaga. Mereka juga tergolong ramah dan penurut. Di Indonesia sendiri sudah banyak yang memelihara anjing ini dan menyatakan bahwa mereka sangat peka terhadap perasaan majikannya.

7. Golden Retriever

fakta anjing golden
vetstreet.com

Golden Retriever termasuk ke dalam jenis anjing terbaik dan ras anjing paling populer di Amerika Serikat. Pasalnya anjing ini sangat mudah dilatih bahkan jaman dulu anjing jenis ini dijadikan sebagai teman berburu.

Warna anjing ini putih kecoklatan dengan bulu yang lebat. Untuk merawat bulu anjing ini kamu bisa gunakan shampo khusus untuk anjing. Kemudian sisir perlahan bulunya supaya tetap sehat dan tidak mudah rontok.

8. Hamster

cara merawat hamster
kompas.com

Hewan kecil ini sangat bisa kamu jadikan hewan peliharaan di rumah. Meski bentuknya sekilas seperti tikus, namun hamster ini jauh lebih bersih dan cantik.

Bulunya yang lebat dan ukurannya yang mini membuat hewan yang satu ini disukai banyak orang apalagi anak kecil. Spesies hamster rupanya sangat banyak dan terbesar di Asia dan Eropa. Hamster mempunyai banyak warna, seperti coklat, hitam abu-abu, warna putih bahkan warna merah untuk spesies langka.

Harga hamster sangat terjangkau dan perwatannya juga tidak sulit. Makanan hamster juga mudah ditemukan, kamu bisa memberinya kuaci atau biji-bijian. Untuk merawatnya cukup kamu berikan kandang kecil dengan mainan ayunan berputar, kemudian letakan tempat makanannya. Jangan lupa untuk bersihkan kandang hamster secara berkala.

9. Landak Mini

makanan landak mini
dictio.id

Namanya saja landak mini, sudah tentu hewan ini berukuran kecil layaknya hamser sehingga aman untuk dipelihara. Spesies ini memiliki warna yang beragam seperti putih hitam, coklat, dan lainnya.

Perawatan landak mini cukup mudah dengan memberikannya kandang berukuran sedang dan letakan tempat makanannya di dalam kandang. Karena landak mini termasuk hewan omnivora jadi ia mau diberi makan apa saja. Biasanya makanan hewan ini berupa ulat hongkong, kroto, kacang polong, dan buah-buahan.

10. Marmut

cara merawat marmut
pixabay

Seperti ada yang kurang rasanya jika membahas hamster tapi tidak membahas marmut. Yaps, hewan kecil yang sering tertukar dengan hamster karena bentuknya yang cukup mirip. Marmut ini tergolong hewan yang cocok untuk dipelihara dan aman bagi anak-anak.

Meski ukurannya jauh lebih besar dibandingkan hamster tapi marmut dikenal lebih jinak. Jika marmut akan merasa nyaman jika di sentuh atau dielus-elus, beda dengan hamster yang umumnya akan berlarian jika disentuh manusia.

Makanan yang biasa dimakan marmut adalah rumput. Tapi kamu juga bisa memberinya biji-bijian atau buah-buahan. Jangan lupa sediakan air bersih untuk minumnya.

11. Sugar Glider

fakta sugar glider
idntimes.com

Jenis hewan peliharaan ini tergolong hewan nokturnal dan cukup populer di Indonesia, bahkan ada beberapa komunitas para pecinta sugar glider. Hewan kecil ini berasal dari Maluku dan Papua. Saking kecilnya sugar glider bisa dimasukan ke dalam saku baju. Mereka memiliki beberapa warna yaitu hitam, putih, dan cokelat. Apakah kamu tertarik untuk memeliharanya?

11. Kelinci New Zaeland

jenis kelinci
infobinatang.com

Hewan yang satu ini sudah sangat populer di Indonesia sebagai hewan peliharaan yang baik. Tapi ternyata kelinci mempunyai banyak jenis dan salah sataunya kelinci new zaeland ini.

Jenis kelinci ini memiliki ukuran yang cukup besar bahkan lebih besar dari kelinci pedaging. Ada yang sengaja memelihara kelinci ini untuk diolah menjadi makanan, namun ada pula yang dipelihara sebagai kelinci hias.

Perawatannya juga cukup mudah dengan menyediakan kandang khusus berukuran sekitar 2 X 2 meter. Bersihkan kandang secara berkala supaya tetap bersih. Untuk makanannya seperti biasa yaitu wortel, tomat, buah-buahan, atau sayuran lainnya. Kelinci juga mudah berkembangbiak dan melahirkan 10 hingga 12 ekor.

12. Kura-kura

jenis kura-kura
blogpictures.99.co

Saat ini hewan bertempurung ini cukup populer dan banyak yang mulai menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Mina juga sempat mempunyai peliharaan kura-kura.

Beberapa jenis kura-kura memang tidak bisa dipelihara karena harus dijaga spesiesnya supaya tidak punah. Namun ada beberapa jenis kura-kura air yang bisa kamu pelihara. Kura-kura juga tergolong ke dalam hewan hias yang mudah dirawat dan berkembang biak. Perhatikan makanan yang tepat untuk kura-kura supaya ia bisa bertahan lama.

Kura-kura juga dapat hidup di dua alam, namun akan cepat mati jika kandangnya lembab. Jadi pastikan jika kandanganya sudah kering. Untuk kandangnya kamu bisa gunakan akuarium bekas yang diberi pasir dan batu warna-warni untuk mempercantik.

13. Love Bird

burung love bird

Burung merupakan salah satu binatang yang sangat banyak dipelihara masyarakat khususnya para bapak-bapak. Jenis burung yang selalu ada di depan rumah bernama burung love bird. Ciri khas dari burung love bird ini adalah warnanya yang cantik dan beragam, mulai dari hijau muda, merah, kuning, yang menyatu semua ke dalam tubuh si burung.

Biasanya orang awam mengira burung love bird adalah burung kakak tua karena penampilannya yang cukup mirip. Tentu saja jika diperhatikan kedua burung tersebut jauh berbeda.

Beberapa orang juga melakukan ternak burung love bird untuk dijual kembali dengan harga yang fantastis. Hm, apakah kamu juga berniat untuk melakukan bisnis ini?

15. Kakak Tua

burung kakak tua

Kebanyakan orang memelihara burung kakak tua karena mereka yang sangat human friendly dan cerdas meniru ucapan. Jika sering dilatih kakak tua akan pintar dan patuh terhadap pemiliknya.

Makanan burung ini seperti biji-bijian dan buah-buahan. Untuk tempat tinggalnya bisa gunakan ayunan dari besi atau kayu yang kuat dan talikan kakinya dengan rantai.

16. Ikan Mas

jenis ikan mas
mesinpeletikanapung.com

Tidak hanya binatang darat yang bisa kamu jadikan hewan peliharaan. Hewan air seperti ikan mas ini juga cocok untuk dijadikan hewan peliharaan atau disebut sebagai ikan hias.

Sudah banyak beberapa pecinta ikan yang memasukan ikan berwarna oranye ini ke dalam akuarium mereka. Ikan cantik ini cukup mudah perawatannya, cukup gunakan aerator dan beri makanan khusus ikan mas sesuai aturan. Jangan lupa untuk selalu membersihkan akuariumnya supaya kualitas air tetap terjaga.

17. Ikan Cupang

jenis ikan cupang
popmama.com

Ikan cupang ini dikenal sebagai ikan petarung dan menjadi salah satu ikan paling fenomenal karena kecantikan dan keagresifannya. Warna tubuhnya yang beragam dengan bentuk sirip dan ekornya yang menjuntai membuat ikan cupang banyak dijadikan ikan hias. Banyak juga yang membudidayakannya untuk dijual kembali dengan harga yang beragam tergantung warnanya.

18. Ikan Arwana

makanan ikan arwana
diedit.com

Ikan Arwana menjadi salah satu jenis hewan endemis Indonesia yang cukup sulit dipelihara dan harganya yang sangat fantastis. Ikan ini mempunyai bentuk yang sangat cantik dengan warna kemerahan. Selain itu kamu harus berhati-hati dengan ikan ini karena karakteristiknya yang cukup agresif.

19. Ikan Guppy

ikan guppy leopard

Ikan Guppy juga sudah banyak dipelihara masyarakat karena penampilannya yang kecil dan sangat cantik dengan warna yang beragam. Corak ikan guppy yang menawan membuat ikan ini tampak lebih mahal. Ikan ini mudah dirawat dan dikembangbiakkan karena mereka mudah beradaptasi dengan lingkungan.

20. Ikan Neon

jenis ikan neon tetra
ikanesia.id

Selain ikan cupang dan ikan guppy, ada ikan neon yang bisa kamu jadikan pilihan untuk hewan yang mau dipelihara. Ikan bertubuh mini ini mempunyai keunikan yaitu tubuhnya yang dapat menyala seperti lampu neon. Ikan ini cukup populer di Indonesia dan memiliki banyak jenis yang menarik.

Banyak sekali ikan hias yang bisa kamu pelihara di dalam akuarium. Sesuaikan dengan selera dan budget masing-masing. Jika kamu ingin tahu banyak ikan hias apa saja yang bisa kamu pelihara, bisa kamu cek disini.

20. Iguana

gambar iguana
howstuffworks.com

Siapa sangka hewan reptil ini termasuk ke dalam jenis hewan peliharaan yang cukup terkenal dan banyak disukai para pecinta reptil. Meskipun tampaknya seperti buas, namun hewan mirip kadal ini tergolong dekat dengan manusia. Sebagai pemula pilih iguana yang berwarna hijau, pasalnya mereka lebih jinak dan mudah beradaptasi.

Supaya lebih aman, pastikan kandang binatang ini jauh dari jangkauan anak di bawah umur, sebab akan cukup berbahaya jika ada balita yang mencoba bermain dengannya tanpa pengawasan orang dewasa.

21. Ayam Cemani

fakta ayam cemani
republika.co.id

Ayam cemani menjadi hewan endemis dari Indonesia. Keunikan ayam ini yaitu semua badannya berwarna hitam pekat dari kaki hingga kepala. Ayam ini cukup eksklusif sehingga jika ingin membelinya ada yang seharga hingga 40 juta rupiah. Nominal yang sangat fantastis untuk satu ekor ayam bukan?

Istimewanya lagi, banyak mitos yang beredar menyatakan ayam cemani dapat mendatangkan rezeki untuk pemiliknya, dan tidak sedikit orang yang percaya terhadap mitos tersebut.

23. Ayam Onagadari

jenis ayam hias
googleusercontent.com

Dari namanya saja kita sudah menebak bahwa ayam ini berasal dari Jepang. Dulunya, ayam onagadari dipelihara masyarakat jepang sejak abad ke- 16 masehi. Di Indonesia sendiri ayam ini mulai banyak dibudidayakan yang nantinya akan dijual kembali dengan harga cukup fantastis.

Ayam onagadari mempunyai keunikan tersendiri yaitu bentuk dan ekornya yang sangat panjang. Membuat banyak orang yang mulai menjadikannya sebagai hewan peliharaan.

24. Musang

jenis musang
blogspot.com

Jika mendengar kata musang pasti teringat dengan salah satu merk kopi yang terkenal di Indonesia. Musang ini memiliki kemampuan untuk membedakan biji kopi mana yang berkualitas.

Namun para pecinta hewan peliharaan mempunyai daya tarik tersendiri terhadap hewan berwajah lucu ini. Selain itu memiliki warna dan corak yang menarik, hewan ini rupanya pintar dan ramah terhadap manusia.

25. Kuda

jenis kuda
pinterest.com

Jenis hewan peliharaan yang satu ini terkenal dengan harga jualnya yang selangit. Meski begitu, tak jarang beberap orang rela mengeluarkan uang puluhan bahkan ratusan juta untuk mendapatkan jenis kuda yang mereka incar.

Selain itu, mengurus kuda juga bukanlah hal yang mudah. Kamu juga perlu lapak yang luas untuk dijadikan kandang kuda. Apakah kamu tertarik untuk membeli hewan berkaki empat ini

26. Sapi

makanan sapi
nusabali.com

Hewan dengan segudang manfaat. Sapi merupakan hewan peliharaan yang dapat memberikan manfaat banyak untuk manusia. Dari sapi kita bisa mendapatkan daging, susu, kulit, bahkan tenaganya. Susu sapi juga bisa diolah menjadi susu formula, keju, dan yoghurt. Banyak peternak yang mulai memelihara sapi untuk dikembangbiakan. Mengingat permintaan pasar yang terus meningkat.

Nah, itulah daftar jenis hewan peliharaan yang bisa kamu jadikan refrensi mulai dari hewan bertubuh kecil sampai hewan yang bertubuh besar. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki. Sesuaikan juga dengan keadaan lingkungan rumah kamu supaya memudahkan jika ingin membuat kandangnya.

Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *