Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Fakta Kucing Hitam

mitos kucing hitam

Berbicara tentang kucing hitam, pasti selalu identik dengan ilmu hitam, sihir, pembawa sial, hantu, dan hal buruk lainnya. Padahal kucing hitam tidak semenakutkan itu loh, mereka sama seperti kucing lainnya yang menggemaskan dan banyak dijadikan hewan peliharaan.

Jadi, mitos yang beredar tentang kucing hitam tidak bisa dikatakan benar, seperti artikel Arti Mimpi Digigit Kucing, sebaiknya untuk tidak mempercayainya.

Menurut penelitian bahwa sekitar 26,1% masyarakan menyatakan bahwa warna pada kucing sangat penting ketika ingin mengadopsi kucing, dan sekitar 23,9% masyarakat netral terhadap warna kucing, sedangkan 50% lagi mereka berpendapat warna kucing tidak penting.

Kebanyakan penyuka kucing memelihara kucing yang berwarna putih polos, abu-abu, cokelat, dan oranye. Tapi balik lagi ke selera para catlovers, ingin warna apa dan jenisnya seperti apa. Berikut adalah fakta menarik tentang kucing hitam yang diambil dari berbagai sumber, apakah kamu percaya?

1. Bulu Kucing Hitam Bisa Berkarat

idntimes.com

Siapa yang pernah melihat langsung bulu kucing hitam berubah menjadi kecoklatan dan seperti berkarat?

Hal ini terjadi karena eumelanin atau pigmen yang menghasilkan warna hitam, menjadi memudar ketika kucing terpapar sinar matahari langsung, dan hasilnya memperlihatkan efek karat pada bulunya.

Namun bisa jadi karena kucing hitam kamu membawa gen berwarna merah atau sedang kekurangan nutrisi, bulu mereka juga akan berubah menjadi keabu-abuan bila menua.

Kucing hitam yang memiliki gen pola belang juga dapat terlihat pola belangnya saat terpapar sinar matahari langsung. Hmm, menarik ya?

2. Pembawa Keberuntungan

Fakta menarik kucing hitam selanjutnya ialah ada yang beranggapan bahwa hewan ini dapat membawa keberuntungan? Hm, kalau mina sih engga percaya.

Tetapi di negara seperti Inggris Raya, Jepang, dan Rusia, memiliki kepercayaan jika ada seekor kucing hitam yang berjalan di hadapan seseorang, orang tersebut akan mendapatkan keberuntungan.

Sedangkan di negara German sendiri menganggap bila ada seekor kucing hitam berjalan di hadapan seseorang dari kiri ke kanan, maka nantinya orang itu akan dapat keberuntungan. Sebaliknya, bila berjalan dari kanan ke kiri, maka akan dapat kesialan.

3. Ketakutan Irasional Terhadap Kucing Hitam

kucing hitam
loop.co.id

Konon katanya, sejak dahulu kucing hitam selalu membawa teka-teki tersendiri kepada orang-orang baru atau orang-orang yang tidak ada kedekatan pribadi dengan kucing hitam tersebut.

Mereka yang dihantui rasa takut terhadap mitos-mitos yang beredar tentang kucing hitam, sampai enggan untuk menyebrang jalan bersama kucing hitam loh.

Ketakutan irrasional tersebut kemungkinan besar berkembang dari cerita rakyat yang tersebar luas, seperti kucing hitam yang identik dengan para penyihir.

Di Eropa kucing hitam dianggap sebagai simbol kejahatan, ada yang mengatakan kucing hitam adalah peliharaan penyihir, dan ada yang beranggapan bahwa penyihir dan kucing hitam merupakan sekutu iblis.

Kemudian penyihir dan kucing hitamnya diburu dan ditangkap bahkan disiksa sampai mengakui dosa-dosanya hingga akhirnya mereka dibunuh.

Tentunya itu semua adalah cerita rakyat, tidak bisa dipastikan kebenarannya, dan untuk kalian penyuka kucing hitam sama sekali tidak memiliki kemiripan dengan seorang penyihir.

Mereka yang suka dengan kucing hitam, mungkin orang-orang yang melihat sisi keindahan kucing tersebut bukan dari mitos dan cerita rakyatnya.

4. Kucing Hitam Tahan Terhadap Penyakit

Seorang ahli genetik kucing, mengungkapkan bahwa kucing memiliki penyakit yang sama seperti manusia, seperti kanker, AIDS, diabetes, hingga alzheimer.

Beberapa ilmuwan berpikir bahwa warna hitam pada kucing dikarenakan mutasi genetik duntuk melawan penyakit daripada berkamuflase.

Seperti yang disebutkan mentalfloss bahwa mutasi yang membuat warna hitam pada kucing karena keluarga genetik yang sama dengan gen pada manusia, dan membuat mereka tahan terhadap penyakit serius.

5. Kucing Hitam Sahabat Para Pelaut

penyakit pada kucing
by google.com

Selain ahli dalam mengusir tikus, kucing hitam juga dipercaya para pelaut sebagai jimat keberuntungan. Mereka dipercaya dapat menjaga perjalanan para pelaut saat berlayar, bahkan para istri pelaut sampai memelihara kucing hitam di rumah mereka untuk menambah keberuntungan.

Contohnya adalah kucing hitam bernama Tiddles yang telah berlayar mengarungi lautan sejauh 48.000 kilometer di atas kapal induk HMS Victorious.

6. Laris Diadopsi Karena Film Black Panther

Banyak orang yang ingin mengadopsi kucing hitam setelah kelarisan film superhero Black Panther di tahun 2018 lalu. Mereka juga menamai kucing mereka dengan nama karakter di film Black Panther seperti T’Challa dan Shuri.

Meskipun cuma booming sesaat, tapi setidaknya orang-orang sudah mengapresiasikan kucing hitam terlepas dari mitos dan cerita buruk yang mengikutinya.

7. Membantu Perjalanan Cinta Seseorang

cara menggemukkan kucing
kumparan.com

Terdapat sebuah kepercayaan di Jepang yang mengatakan bahwa seorang perempuan yang memelihara kucing hitam dapat menarik banyak calon suami.

Kemudian di negara Inggris Tengah, kucing hitam dianggap hadiah pernikahan, karena bisa memberikan keberuntungan dan kebahagiaan bagi si pengantin.

8. Merupakan warna kucing terpopuler

Menurut hasil survey yang dilakukan di negara Amerika Serikat, warna kucing yang populer urutan pertama adalah warna hitam, kemudian diikuti warna coklat dan warna putih.

9. Nama Kucing Hitam Tidak Seperti Warnanya.

Siapa nih yang punya kucing hitam dan dinamai black atau si blacky? Banyak juga para penyuka kucing yang mengadopsi kucing hitam diberi nama seperti charlie, bobi, catly, dan lainnya.

10. Terdapat 22 Kategori Pada Kucing Hitam

idntimes.com

Asosiasi Cat Fanciers Amerika Serikat meneliti bahwa terdapat 22 kategori warna hitam dalam jenis kucing hitam, dan terbagi menjadi tiga kelompok besar, yaitu:

  • Hitam Murni : Berwarna hitam pekat seperti batubara diseluruh tubuhnya. Hidungnya berwarna hitam dan pada bantalan kaki berwarna hitam atau coklat.
  • Sphynx : Memiliki bulu berwarna hitam dengan aksen gradasi dari hidung sampai ujung ekor. Pada bagian bantalan kaki berwarna hitam atau coklat.
  • Ragamuffin : Walapun secara spesifik tidak bisa dikatakan hitam, namun standarnya memungkinkan untuk disebutkan warna apapun dengan atau tanpa corak putih.

11. Kucing Hitam Setia Dengan Pemiliknya

Terlepas dari cerita mitosnya, kucing hitam juga termasuk hewan peliharaan yang menyenangkan loh, apalagi dia sangat setia pada pemiliknya.

Semua jenis kucing baik itu berwarna hitam atau putih, jika kamu merawatnya dengan baik dan penuh kasih sayang, mereka juga akan balik sayang dan nurut denganmu.

Nah, itulah beberapa fakta kucing hitam yang sangat menarik bukan? Jadi sudah sepatutnya untuk tidak mempercayai mitos apapun yang beredar, semoga artikel ini bermanfaat!

Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Kucing Persia Flatnose

Rumah Fauna
3 min read

Cara Melatih Kucing

Icha
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *