Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

ciri ciri kucing sakit

Kucing adalah hewan mamalia yang memiliki tingkah laku sangat aktif dan lincah. Sama seperti manusia, kucing yang biasanya aktif bermain, akan jadi lemas saat tubuhnya sedang merasa sakit.

Oleh sebab itu, sebagai pemilik kucing yang baik hati, kita harus rutin memeriksa kesehatan kucing kesayangan kita.

Penyakit pada kucing juga bermacam-macam lho, ada yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau luka luar.

Apa saja ciri-ciri kucing sakit? Kucing yang sedang sakit biasanya akan memberikan tanda-tanda, adapun tanda-tanda lengkapnya bisa kamu lihat dalam uraian berikut ini.

10 Ciri-ciri Kucing Kamu Sedang Sakit

1. Kucing demam

Ciri utama kucing yang sedang sakit yaitu ia akan mengalami demam sehingga suhu tubuhnya terasa panas.

Suhu normal kucing berkisar antara 37,7 – 39,1 Derajat Celcius. Jika suhu tubuhnya lebih dari itu sudah pasti kucing kamu sedang mengalami demam, terlebih jika ia terlihat lesu dan pendiam.

Jika mengalami hal ini, silahkan bawa kucingmu ke dokter hewan terdekat untuk pertolongan pertama.

2. Kehilangan Nafsu Makan

Karena sedang demam, kucing pun akan kehilangan nafsu makannya. Kamu bisa pancing nafsu makannya dengan makanan yang ia sukai. Tapi jika tidak berhasil juga, silahkan minta bantuan ke dokter hewan terdekat.

[Baca Juga: Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

3. Kucing Jadi Tidak Lincah

Karena sakit sudah pasti bikin tubuh kucing kamu jadi lemas dan tidak bergairah. Bagaimana kucing yang terlihat hyperaktif, seketika jadi lebih sering tidur bahkan bisa sepanjang hari. Kondisi ini juga terjadi karena asupan makanan yang kurang masuk ketubuh sikucing.

4. Kucing Mengalami Diare atau Mencret

Sistem pencernaan pada kucing biasanya mengalami penyesuaian dengan makanan yang dikonsumsi kucing sehari hari.

Tidak jarang pemilik kucing suka mengganti jenis makanan yang biasanya dikonsumsi si kucing, dengan harapan kucing mereka suka dan lebih sehat.

Tapi sayangnya kucing akan sulit untuk beradaptasi dengan makanan yang baru, maka kucing bisa mengalami diare, sembelit bahkan disertai demam.

5. Mulut Kucing Menjadi Bau

Karena panas dalam, mengakibatkan nafas sikucing menjadi bau, dan saat hal ini terjadi biasanya kucing hanya ingin minum.

6. Kucing sering merasa haus

Ketika kucing sedang sakit demam atau panas dalam, biasanya cenderung lebih banyak meminta minum, karena tenggorokan kucing yang mudah kering dan kucing menjadi dehidrasi.

7. Kucing Muntah-muntah

Kamu pasti pernah melihat kucing muntah kan? kucing muntah bisa terjadi karena tersedak makanan atau saat kondisi perut yang tidak stabil akibat sakit panas.

Jika hal ini terjadi segeralah bawa kucing kesayangan kamu ke dokter hewan terdekat ya!

8. Berat Badan Kucing Menurun

Tidak cuma manusia saat sakit berat badannya jadi turun, kucing sakit juga bisa mengalami hal seperti ini.

Saat kucing sakit, kucing akan merasa lemas dan tidur terus menerus, karena hal ini asupan makananan yang masuk kedalam tubuh semakin menurun.

Kondisi inilah mengakibatkan berat badannya menjadi turun bahkan mungkin turun drastis.

9. Hidung kucing berair

Kucing yang sedang sakit flu, hidungnya akan mampet dan mengeluarkan air. Kucing normal yang sehat bagian hidungnya berwarna merah, hangat, dan tidak berair.

10. Bentuk Tubuh Kucing Berubah

Salah satu contoh perubahan bentuk tubuh pada kucing yaitu adanya pembengkakan dibagian tubuh tertentu atau terdapat luka.

Perubahan bentuk atau luka yang terdapat diluar tubuh sikucing bisa kita amati, namun jika lukanya terdapat di dalam tubuh kita harus membuka mulutnya lalu mencium bau nafasnya.

Jika nafasanya mengeluarkan bau yang tidak normal, kemungkinan besar kucing tersebut terkena penyakit tertentu, seperti penyakit pencernaan, atau penyakit lainnya.

Kesimpulan

Nah ciri-ciri itulah yang bisa kita perhatikan pada kucing kita yang sedang sakit, kelihatannya memang tidak begitu menakutkan ya.. tetapi yang keliatannya biasa saja malah bisa membahayakan kucing kita.

Oleh karena itu kenali ciri-ciri kucing sakit sejak dini. Segaralah bahwa ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama. Terima kasih

Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Kucing Savannah

Rumah Fauna
2 min read

Kucing Persia Flatnose

Rumah Fauna
3 min read

2 Replies to “ciri ciri kucing sakit”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *