Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Cara Merawat Kucing

Seberapa sering kamu membawa kucing ke dokter hewan? Memperhatikan kesehatan kucing, rumahfauna ingin mengingatkan kamu bahwa meskipun sikucing tampaknya tidak sakit, melakukan pencegahan tetaplah penting.

Selain mengunjungi dokter hewan, berikut adalah beberapa cara merawat kucing baik kesehatan mental dan juga kondisi tubuh kucing:

1. Berikan Lingkungan Yang Nyaman

Tahukah kamu kalau lingkungan bisa mempengaruhi prilaku, kebiasaan dan kesehatan kucing? Kucing adalah hewan peliharaan yang aktif, sehingga membutuhkan ruangan yang luas dan aman untuk dia beraktifitas. Contohnya dengan menjauhkan mereka dari hewan liar dan menjauhkannya dari kebisingan.

2. Jauhkan Barang Yang Bikin Kucing Terluka

Cara merawat kucing

Kadang kala kita pernah meletakkan dengan asal barang-barang yang telah kita gunakan, seperti contohnya tali, benang, wol bahkan benda tajam.

Kucing seringkali tertarik dengan barang seperti itu, ia akan memainkannya bahkan sampai digigit apalagi tertelan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kamu harus selalu merapihkan barang-barang yang ada dirumah.

2. Hindari Kucing Dari Benda Yang Beracun

kucing seringkali menjilat dan bahkan memakan apa yang tampak seperti makanan jika sudah sangat lapar.

Maka jauhkan benda yang mengandung bahan kimia seperti halnya pewangi, pembersih lantai, hingga sabun.

3. Siapkan Pasir dan Wadahnya Untuk Kucing Buang Air

kucing buang air

Buatkan tempat untuk kucing kamu buang air dengan menggunakan pasir atau tanah kering. Sebaiknya buatkan di tempat yang sepi dan aman dari gangguan binatang lain, karena kucing juga membutuhkan privasi untuk buang air.

4. Berikan Makanan dan Minuman Yang Higenis

Air bersih dan segar sangat penting untuk kesehatan kucing kamu. Jika kucing tampaknya tidak minum dari mangkuk, pertimbangkan untuk memberinya gelas tinggi (beberapa kucing tidak suka membungkuk untuk minum) atau air mancur kucing. Pastikan untuk mengisi air dengan pasokan segar setiap hari.

Nah, untuk makanan pastikan kamu memberi makanan yang bergizi juga dan bernutrisi, agar ia bisa tumbuh sehat serta berkembang dengan maksimal.

Baca Juga: Makanan Kucing Terbaik

5. Melakukan perawatan fisik

cara memandikan kucing

Bulu kucing yang lebat dan panjang seringkali dihinggapi kutu, sehingga membutuhkan perhatian khusus untuk kebersihannya. Kamu bisa memandikan kucingmu sekali dalam dua hari agar kucing terhindar dari kutu dan jamur yang bisa bikin bulunya rontok.

Jangan lupa gunakan sampo khusus kucing saat memandikannya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah selesai dimandikan keringkan serta sisir bulu kucing tetap tampak menggemaskan.

Jika bulu kucing terlalu panjang, Kamu bisa memotongnya agar terlihat lebih rapih. Begitu pula dengan kuku, jika sudah terlihat panjang bisa kamu potong sebulan sekali. Jadi kamu tidak perlu repot lagi bawa kucingmu ke salon, mudahkan?

6. Berikan Vaksin

vaksin kucing

Pemberian vaksin bertujuan agar kucing tidak mudah terkena penyakit baik ringan maupun berat. Apalagi kalau kucing kamu sangat aktif bermain di luar ruangan. Virus maupun bakteri bisa datang dari mana saja seperti sepatu, lantai, sofa, dan sebagainya.

7. Belikan Kucing Mainan

Gambar Kucing Bengal Bermain

Kamu bisa beli mainan untuk kucing kesayanganmu seperti tikus-tikusan, bola-bolaan, tongkat dan lain sebagainya. Kucing akan selalu memainkannya saat bosan di suatu ruangan, hal ini bisa bikin kucing kamu kembali aktif lho.

8. Biarkan Kucing Mengenal Lingkungannya

kucing bermain di alam bebas

Ada kalanya kucing juga bosan jika terus dikurung dalam kandang, karena itu ia membutuhkan udara segar sekaligus mengenalkannya pada lingkungan luar rumah.

Biarkan kucing peliharaanmu bebas menyusuri pekarangan atau halaman rumah dalam beberapa saat.

9. Ajaklah kucing berinteraksi langsung

merawat dengan cara mengacak kucing berbicara

Kucing merupakan tipe hewan yang pengertian dan mudah berinteraksi dengan siapa saja, termasuk pemiliknya. Ajaklah kucing kamu untuk berinteraksi langsung denganmu, supaya selalu menumbuhkan rasa  kepekaan dan kesetiaan.

Itulah hal dasar yang bisa dilakukan dalam cara merawat kucing, bukan pekerjaan yang sulit kan? Tentu bukan jika kamu memang termasuk pecinta kucing. Semoga informasi di atas bisa membantuk kamu yang sedang mulai memelihara kucing.

Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Kucing Savannah

Rumah Fauna
2 min read

Kucing Persia Flatnose

Rumah Fauna
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *