Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Cara Merawat Kucing Persia

cara memandikan kucing persia

Kucing persia identik dengan wajahnya yang lucu, menggemaskan, dan bulunya yang indah. Kucing persia menjadi salah satu hewan peliharaan yang sangat populer di dunia.

Baca Juga: Hewan Peliharaan

Biasanya ras persia memerlukan perawatan khusus untuk menjaga kebersihan dan kesehatan bulunya. Biasanya juga kucing ras juga mudah terserang penyakit. Oleh sebab itu pemilik kucing harus benar-benar paham bagaiamana cara merawatnya.

Berikut adalah cara merawat kucing persia cocok untuk pemula yang mudah banget dilakukan!

1. Menjaga Kebersihan Lingkungan 

kucing persia
pinterest.com

Kebersihan kandang dan lingkungan kucing akan sangat berpengaruh pada kesehatannya. Apalagi kucing adalah hewan yang tidak bisa diam, mereka suka menjelajahi semua tempat di lingkungan rumah kamu. Tentunya kamu tidak bisa memastikan dia sudah bermain dimana saja, apakah tempatnya bersih atau tidak.

Oleh sebab itu, rajinlah untuk menjaga kebersihan lingkungan kucingmu ya catlovers.

Baca Juga: Jenis Kucing Persia

2. Gunakan Tempat Makan Yang Rendah

Gunakanlah mangkuk makan dan minum yang rendah supaya kucing persia kamu mudah menjangkaunya. Biasanya juga kucing persia lebih suka mangkuk datar dengan pinggiran yang rendah, atau tidak ada pinggiran sama sekali. Selain itu, hindari pemakaian bahan plastik karena dapat menjadi tempat hidupnya bakteri.

3. Memberikan Makan Kucing Persia

Supaya kondisi tubuh kucing selalu prima, kamu harus memberikan makanan yang bergizi dan penuh nutrisi! Kamu bisa beli jenis makanan kucing yang ada di pet shop, disana ada banyak sekali produk makanan kucing mulai dari jenis makanan basah dan yang kering. Untuk hal ini sesuaikan saja dengan kecocokan kucingmu.

Rumahfauna.com merekomendasikan makanan kucing yang mungkin bisa kamu pilih: Makanan kucing terbaik.

Kemudian untuk kamu yang ingin kucing kesayanganmu gemuk dan sehat, silahkan baca petunjuknya Cara Menggemukan Kucing Persia.

4. Jangan Berikan Makanan Anjing

Beberapa kasus ini terjadi pada pemilik kucing dan anjing sekaligus, dengan alasan untuk menghemat biaya. Jika kamu ingin kucing peliharaan tetap sehat, sebaiknya jangan lakukan hal ini.

5. Membersihkan Kotoran Kucing

pinterest.com

Jika kamu tidak mau si kucing buang air sembarangan, kamu bisa menyediakan kotak yang sudah terisi pasir. Kemudian bersihkan kotak pembuangan tersebut jika sudah penuh.

Supaya kucing persia kamu tidak buang air sembarangan yaitu dengan melatihnya untuk disiplin buang air pada tempatnya. Silahkan baca artikel di bawah ini untuk menambah ilmu kamu dalam merawat kucing.

Baca Juga: Cara Melatih Kucing

6. Mandikan Kucing Persia

Memandikan kucing persia ini tidak boleh sembarangan loh, apalagi bulunya yang lebat dan panjang. Biasanya dibutuhkan shampo khusus kucing untuk merawat bulu kucing.

Kucing dimandikan minimal dua minggu sekali, tapi jika terlalu kotor bisa satu minggu sekali. Kalau kamu ada waktu dan punya budget lebih, silahkan bawa kucingmu ke petshop terdekat untuk grooming.

7. Menjaga Kesehatan Bulu Kucing

Dengan kucingmu rajin mandi, kegiatan tersebut bisa membantu kucingmu untuk merawat kesehatan bulunya. Tapi masih ada beberapa cara lagi untuk menjaga kesehatan bulunya, yaitu dengan menyisir bulu kucing persia sebanyak dua kali sehari. Lakukan ini jika kamu mau bulu si kucing berkilau dan tidak rontok.

Baca Juga: Penyebab Bulu Kucing Rontok

8. Memberikan Vaksin

Memberikan vaksin pada kucing bisa menjaga kekebalan tubuhnya dari berbagai macam penyakit. Lakukan pemberian vaksin sesuai jadwal, dan bisa dilakukan pada dokter hewan terdekat.

9. Ajak Main Kucing Persia

Apakah kamu pernah merasa bosan jika berdiam diri seharian? Jawabannya pasti iya. Nah, kucing juga bisa merasakan hal ini loh. Jika kucing sudah bosan, efeknya bisa mengganggu nafsu makannya.

Maka dari itu ajaklah kucing persia kesayanganmu untuk bermain bersama di halaman rumah supaya tidak stress.

10. Perhatikan Selalu Kesehatan Kucing Persia

makanan kucing persia
pinterest.com

Sebagai pemilik kucing, kamu harus peka terhadap kondisi tubuhnya. Alias kamu harus rajin mengontrol kesehatan si kucing. Caranya dengan memberikan vaksin yang cocok dan memberinya makanan bergizi.

Nah, itulah cara merawat kucing persia versi rumahfauna.com yang sangat mudah dilakukan khususnya bagi para catlover yang baru mengadopsi kucing persia.

Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Kucing Savannah

Rumah Fauna
2 min read

Kucing Persia Flatnose

Rumah Fauna
3 min read

Cara Melatih Kucing

Icha
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *