Cara Melatih Kucing

Sebagian orang pasti berpikir kucing adalah hewan pemalas dan manja dengan pemiliknya, namun kucing juga dapat hidup mandiri dan tidak sering menganggu jika mendapatkan pelatihan khusus.

Lalu bagaimana cara melatih kucing supaya dapat mandiri dan kreatif? Simak penjelasan ringkasnya dibawah ini :

Cara Melatih Kucing Buang Air

cara kucing buang air
sumber gambar dari gerava.com
Pasti akan sangat menjengkelkan ketika melihat kucing peliharaan kamu yang buang air sembarangan di halaman rumah.

Maka dari itu, sebaiknya kamu melatih kucingmu untuk buang air di tempat yang sudah disiapkan.  Berikut adalah beberapa tips dan caranya.

1. Buatkan tempat khusus untuk buang air

Sediakan kotak dengan ukuran sesuai kucing kamu, untuk kotaknya kamu bisa pilih warna atau model yang kucing kamu suka.

Jangan lupa sediakan pasir kering di dalam kotak tersebut, supaya kotorannya tidak terlalu bau dan juga karena kucing suka buang air di tempat yang berpasir.

Letakkan kotak tersebut di lokasi khusus yang jauh dari suara berisik supaya kucing kamu tetap nyaman saat buang air.

2. Pastikan Tempat Buang Air Kucing Selalu Bersih

Sepengalaman mina, kucing tidak mau buang air di tempat yang sudah dipenuhi kotorannya sendiri. Artinya ia tidak nyaman jika buang hajat di tempat yang sudah kotor. Oleh sebab itu kamu harus sering membersihkannya sebelum maupun hampir penuh.

Jangan lupa gunakan sarung tangan dan masker saat membersihkan kotoran si kucing, selain baunya yang sangat menyengat, tapi juga untuk menghindari bakteri yang ada.

Setelah kotak sudah dicuci bersih dengan sabun, isi lagi dengan pasir kucing untuk buang hajat kucingmu selanjutnya.

3. Arahkan Kucing Pada Tempat Buang Air

Biasanya kucing akan buang hajat setelah melakukan aktifitas seperti bermain, sesudah makan, dan juga seteleh bangun tidur.

Supaya kucing peliharaanmu terbiasa buang air di tempat yang semestinya, latih kucingmu dengan cara mengarahkan mereka ke tempat buang air tersebut.

4. Kurung Kucing Kamu Jika Masih Buang Air Sembarangan

Mengingat kucing tetaplah hewan yang tidak memiliki akal sehat dan tidak dapat mengerti dengan apa yang kita bicarakan, jadi wajar saja jika ia masih tidak menurut untuk buang ait pada tempatnya.

Cara lain untuk mengatasai hal ini dengan mengurung si kucing di ruangan yang terdapat kotak buang air. Pada saat ia telah melakukan aktivitas seperti makan, bermain, bangun tidur dan sebagainya.

Cara Melatih Kucing Untuk Tidak Mencakar Perabotan

alasan kucing suka mencakar
sumber gambar bobo.grid.id

Meskipun kucing sudah jinak dengan kamu, ia tetaplah hewan aktif yang masih memiliki naluri pemburu, sehingga sering kali masih suka mencakar barang yang ada di sekitarnya.

Biasanya kucing suka mencakar perabotan rumah seperti sofa dan kasur, apalagi kucing mempunyai kuku panjang, pasti sering buat kamu khawatir perabotannya akan rusak.

Maka dari itu penting untuk melatih si kucing untuk tidak melakukan hal itu lagi seperti berikut ini :

1. Buatkan Mainan Seperti Tiang Khusus

Cara pertama dengan membuat mainan seperti tiang yang di khususkan sebagai objek cakaran kucing kamu. Buatlah tiang tersebut di area bermain kucing kamu dan jauhkan perabotan atau benda lain yang dapat menarik daya tarik kucing kamu.

2. Perciki Kucing Dengan Air

Mengingat sebagian kucing takut air, kamu bisa menyiram sedikit air ke si kucing yang masih bandel dan sering mencakar perabotan rumah maupun tubuh kamu sendiri.

3. Berikan Mentol Pada Perabotan Rumah

Cara terakhir dengan memberi mentol pada perabotan kamu, karena kucing tidak menyukai bau minyak tersebut.

Cara Melatih Kucing Untuk Menjauhi Meja

alasan kucing mencuri makan
sumber gambar mysocialpet.it

Kucing termasuk hewan yang memiliki indera penciuman yang tajam, ia akan sangat peka dengan wangi masakan yang ada di atas meja.

Apalagi makanan yang tersedia berupa daging atau ikan yang menjadi makanan favoritenya. Pasti kamu pernah kan sedang makan dengan tenang tiba-tiba entah dari mana kucing kamu loncat ke atas meja, hmm jadi mengganggu waktu makanmu ya.

Nah, berikut adalah cara untuk melatih kucing terbiasa menjauh dari meja makan :

1. Buat Permainan Memanjat Untuk Kucing

Hewan yang super aktif ini suka sekali dengan aktivitas memanjat, seperti memanjat kursi, meja, rak-rak, dan sebagainya. Untuk itu coba buat wahana permainan khusus untuk kucing kamu memanjat, supay ia juga tidak mengganggu aktivitas kamu.

Selain itu juga supaya perabotan rumah kamu seperti meja ataupun kursi aman dan terlindungi.

2. Biasakan Kucing Main di Luar Dapur

Langkah selanjutnya dengan membiasakan kucing kamu untuk selalu main di luar dapur.

Lakukan hal ini ketika kamu sedang masak atau makan dengan keluarga, supaya tidak menganggu selera makan terlebih jika ada tamu di rumah kamu.

3. Singkirkan Makan Setelah Selesai Makan

Seperti yang sudah kita tahu kucing memiliki penciuman tajam, itu sebabnya ia senang berada di sekitar meja karena bisanya di meja tersedia banyak makanan.

Kucing kamu akan melakukan berbagai macam cara untuk dapat memanjat ke atas dan mengambil makanan tersebut.

Untuk menghindari hal tersebut, segera singkirkan makanan yang ada di atas meja makan supaya aromanya tidak tercium dengan kucing peliharaanmu.

Melatih Kucing Untuk Tidak Menggigit

sumber gambar dari google.com

Kucing memang memiliki sifat agresif dan seringkali menggigit apapun yang ia pegang, termasuk saat sedang bermain dengan pemiliknya.

Sifat kucing yang senang menggigit ini sulit berubah, karena sudah menjadi ciri khas hewan lucu ini, tapi kamu bisa melatihnya agar menjadi kucing yang lebih tenang dan tidak terlalu agresif.

Berikit adalah tips yang bisa kamu lakukan dalam melatih kucing untuk tidak terlalu agresif :

1. Jangan Memarahi Kucing Yang Suka Menggigit

Meskipun sifat agresifnya ini menjengkelkan, tapi jangan sampai membuat kamu menjadi memarahinya bahkan sampai memukul kucing kamu sendiri. Hal itu dapat membuat trauma dan justru membuat ia jadi lebih agresif.

Jadi, tetaplah dilatih dengan halus dan tenang meskipun kamu kesal karena hampir digigit atau dicakar.

2. Pura-pura Pingsan

Cara kedua yaitu dengan pura-pura pingsan saat kamu sudah digigit atau dicakar kucingmu, hal ini  untuk melatihnya dan memberi efek jera ketika ia menggigit kamu. Setelah kamu pura-pura pingsan, tinggal pergi kucing kamu supaya dia bisa belajar dan terbiasa.

3. Siapkan Tempat Berburu Untuk Kucing Kamu

Bisa jadi karena naluri berburunya kurang tersalurkan yang membuat kucing kamu menjadi agresif dan suka menggigit. Untuk itu kamu bisa membuatkan wahana berburu khusus untuk kucing kamu bermain.

Beberapa cara di atas merupakan latihan dasar dan sangat baik untuk diterapkan ke kucing kamu suapaya dia tetap jinak dan mudah diatur. Lakukan pelatihan diatas dengan santai dan sabar, supaya kucing kesayangan kamu bisa mengikuti dengan baik.

Kucing Savannah

Rumah Fauna
2 min read

Kucing Persia Flatnose

Rumah Fauna
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *