Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Budidaya Ikan Gurame

Ikan gurame (osphronemus goramy) merupakan jenis ikan air tawar konsumsi yang sangat populer di masyarakat Indonesia. Dagingnya yang tebal dan rasanya yang lezat, membuat ikan ini menjadi santapan nikmat keluarga.

Harga ikan gurame terbilang mahal dikarenakan masa panen yang memakan waktu cukup lama. Ikan gurame terbilang makanan elit, biasanya gurame yang berukuran besar disajikan dalam bentuk ikan bakar di rumah – rumah makan.

Ikan gurame ini mempunyai sebutan lain untuk di daerah tertentu, misalnya ikan gurame, ikan grameh, ikan kaloi, ikan kali, dan sebagainya.

Gurame memiliki bentuk tubuh yang pipih dan lebar, panjang tubuhnya standar yaitu sekitar 2 – 2,1 kali dari lebar tubuhnya. Ikan ini memiliki sirip perut dengan jari – jari pertama yang pendek berupa duri, sedangkan jari kedua lentur dan panjang menyerupai cambuk, dan mulut kan ini berbentuk moncong yang meruncing.

Terdapat banyak media dan cara untuk membudidayakan ikan gurame, seperti membudidayakan ikan gurame menggunakan terpal, membudidayakan ikan gurame pada kolam tembok, membudidayakan ikan gurame pada kolam tanah, dan sebagainya.

Tetapi budidaya yang sering diterapkan oleh masyakarat yaitu dengan cara membudidayakan ikan gurame menggunakan terpal. Hal ini dikarenakan lebih mudah saat proses panen dan dalam perawatan.

Meskipun begitu banyak juga yang membudidayakan ikan gurame dengan media kolam tanah yang lebih hemat. Atau media tembok yang bagi yang mempunyai modal besar atau lebih banyak.

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menghasilkan panen yang besar dan cepat dengan hasil yang memuaskan. Berikut cara budidaya ikan gurame yang cepat panen dan besar:

sumber gambar dari gdmordanic.com

1. Siapkan Kolam Untuk Budidaya

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan ternak ikan gurame adalah mencari lokasi yang tepat. Kolam gurame bisa terbuat dari media apa saja, kolam yang dibuat lebih baik jika mendapatkan sinar matahari secara langsung. Hal ini bertujuan untuk menjaga suhu kolam pada 25 – 28 derajat celcius.

Disarankan budidaya ikan gurame menggunakan dataran rendah daripada menggunakan dataran tinggi. Menurut penelitian ikan gurame akan lebih cepat tumbuh pada dataran dengan ketinggian maksimal 800 m di atas permukaan laut.

Kolam yang digunakan juga harus terbebas dari hama penyakit, untuk mengantisipasi adanya hama sebaiknya kolam dipasang saringan pada celah pemasukan air dan pengeluaran air.

Jangan lupa untuk menebarkan pupuk kandang sebanyak 500 gram/m2 pada kolam. Lalu diamkan kolam yang sudah diberi pupuk dalam waktu kurang lebih 7 hari.

Pemberian pupuk ini sangat menunjang keberhasilan kegiatan ternak tersebut, nantinya kolam akan dipenuhi dengan mikroorganisme baik yang dapat berguna sebagai pakan alami ikan gurame.

BACA JUGA: Cara Budidaya Ikan Lele

2. Pilih Bibit Ikan Gurame Yang Berkualitas

Bibit ikan gurame yang sehat memiliki berat kurang lebih 100 gram dan umurnya lebih dari satu tahun. Cara ini digunakan untuk menghasilkan gurame yang cepat panen. Jika beratnya sudah mencapai 500 gram ikan gurame sudah bisa dipanen dan laku dipasaran.

Tips lainnya, belilah bibit gurame di dekat tempat tinggal kamu, hal ini dilakukan supaya ikan gurame lebih mudah menyesuaikan lingkungan dengan kolom yang dibuat.

Bila lokasi yang dibeli terlalu jauh dikhawatirkan ikan gurame nantinya akan sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Dan menyebabkan ikan gurame menjadi stress dan mengalami kematian.

Ciri-ciri benih ikan gurame yang baik :

  • Bibit ikan gurame yang baik memiliki ukuran yang seragam atau sama.
  • Tidak memiliki cacat atau luka pada tubuh bibit ikan gurame.
  • Tubuh bibit ikan gurame juga tidak kaku dan memiliki sisik yang normal.
  • Pastikan untuk membeli bibit ikan gurame di daerah anda sendiri, agar bibit ikan gurame lebih mudah dalam proses adaptasi.

3. Keringkan kolam

Keringkan kolam sebelum melakukan penebaran benih ikan gurame, hal ini bertujuan agar ikan bebas dari serangan berbagai penyakit seperti jamur. Lakukan pengeringan kolam selama kurang lebih 10 – 14 hari.

4. Pendederan Ikan Gurame

Langkah selanjutnya adalah mengisi kolam dengan benih ikan gurame. Namun sebelum benih dimasukkan ke dalam kolam, sebaiknya benih tersebut diadaptasikan terlebih dahulu.

Benih ikan gurame yang sudah dipilih tadi ditempatkan dalam pelastik, kemudian masukkan benih yang dibungkus rapat oleh pelastik tersebut kedalam kolam. Hal ini bertujuan supaya suhu air kolam sama pada suhu air dalam pelastik.

Jika pelastik tersebut sudah mengembung, artinya suhu kedua air tersebut sudah sama. Selanjutnya benih ikan gurame sudah boleh dilepas ke dalam kolam secara perlahan.

BACA JUGA: Budidaya Ikan Nila di Kolam Beton

5. Berikan pakan yang bernutrisi

Ikan gurame termasuk ikan herbivora yang artinya jenis ikan pemakan tumbuhan. Namun ketika sedang menjadi benih, ikan ini bersifat karnivora. Saat menjadi benih pakan yang diberikan berupa cacing sutera dan kutu air.

Makanan pokok ikan gurame berupa pelet ikan, namun jika sulit menemukan pelet tersebut maka tumbuh-tumbuhanlah yang menjadi pakan alternatif ikan gurame. Pemberian pelet ikan dilakukan 2 kali sehari yang memiliki kandungan protein 25% sampai 30%.

Selain itu sayuran dan daun-daunan juga sangat baik bagi perkembangan ikan gurame, adapun jenis dedaunan dan pakan lain yang efektif untuk ikan gurame adalah :

  • Daun kangkung
  • Daun singkong
  • Daun talas
  • Daun sente
  • Daun ubi jalar
  • Daun pepaya
  • Labu
  • Ampas tahu
  • Dedak, dan lainnya.

Hindarilah pemberian pakan yang berlebihan, karena selain mubazir, sisa makanan yang mengendap dalam kolam mengandung amoniak dan dapat menjadi racun bagi ikan gurame.

Selain itu pastikan kondisi air tetap bersih,

Manfaat Ikan Gurame Untuk Kesehatan

cara budidaya ikan gurame
sumber gambar dari pinterest.com

Ikan gurame terkenal sebagai salah satu makanan yang mengandung banyak protein, gurame sendiri memiliki kandungan protein sebanyak 19%, terlebih kandungan asam amino essensial yang dihasilkan cukup besar.

Kandungan nutrisi lain yang terdapat dalam ikan gurame adalah lemak, yakni sebesar 2,2%. Gurame juga memiliki kandungan penting seperti vitamin dan zat makronutrien serta mikronutrien lainnya.

Dibalik rasa dagingnya yang sangat lezat, ikan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan loh, yaitu sebegai berikut :

1. Mencegah Kolestrol

Orang yang rentan terkena penyakit jantung coroner adalah seorang yang memiliki kadar kolestrol diatas 300 mg/dl. Hal tersebut bisa diatasi salah satunya mengkonsumsi ikan gurame. Karena ikan gurame memiliki simpanan minyak ikan yang sangat tinggi.

2. Baik Untuk Program Diet

Jika anda sedang menjalani program diet, mengkonsumsi ikan gurame merupakan alternative yang tepat. Karena ikan gurame tidak memiliki kandungan kolestrol yang banyak, sangat tinggi protein serta mengandung omega 3 yang banyak.

3. Menyehatkan Sistem Kardiovaskuler

Olahan ikan gurame yang sehat dan tepat dapat menghindarkan dari timbulnya pengumpulan trigliserida, dan menghindari pembekuan darah.hal tersebut secara menyeluruh bisa mempermudah sistem kerja kardiovaskuler.

4. Ikan Gurame Untuk Ibu Hamil

Ikan gurami mengandung nutrisi yang sangat baik. Kebanyakan ibu hamil menghindari seafood seperti sushi, ikan asap, kerang, ikan tongkol dan sebagainya karena takut terena merkuri. Sebab kandungan merkuri mampu merusak jaringan otak dan sistem syaraf. Ada beberapa jenis ikan yang mampu dikonsumsi oleh ibu hamil, salah satunya ikan gurame.

5. Membantu Perkembangan Otak

Ikan gurame mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk perkembangan sel otak, apalagi jika diberikan pada anak-anak.

Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa anak yang diberi nutrisi minyak ikan atau asam lemak yang berasal dari ikan mampu memicu kecerdasan dan perkembangan sel otaknya.

6. Menghindari Penyakit Kwashiorkor

Penyakit kwasiokhor atau disebut juga dengan penyakit busung lapar merupakan penyakit malnutrisi yang biasa terjadi pada anak-anak. Penyakit ini banyak dijumpai di daerah pedalaman yang kurang asupan gizinya.

Dengan mengkonsumsi ikan gurame yang kaya akan gizi juga protein, maka memungkinkan untuk terhindar dari penyakit kwashiorkor tersebut.

7. Membantu Pertumbuhan Otot

Protein pada ikan sangat bagus dalam pembentukkan otot, apalagi jika diberikan pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Biasanya anak-anak mengutamakan rasa makanan, beberapa anak usia balita alergi dengan susu dan tidak menyukai susu karena rasanya yang hambar.

8. Menghaluskan Kulit

Protein dipercaya dapat menghaluskan kulit dan membantu regenerasi kulit. Terdapat banyak krim atau kosmetik yang didalamnya terkandung protein. Jadi, jika mau kulit kamu tetap cantik dan sehat konsumsilah ikan gurame yang kaya akan protein.

9. Sumber Energi

Ikan gurame memiliki banyak kandungan asam amino esensial yang bermanfaat sebagai sumber energi dari bagian tubuh yang mengalami kerusakan.

10. Mempercepat Penyembuhan Luka

Protein pada ikan gurame mengandung unsur fibrinogen dan tromboplastin yang dapat membantu penyembuhan luka. Tomboplastin berfungsi untuk membantuk pembekuan darah saat kita terluka dan terjadi pendarahan.

Setelah itu fibrinogen membentuk jaringan baru yang sudah rusak akibat proses jatuh tadi. Hal ini membantu penyembuhan luka semakin cepat.

Nah itulah informasi mengenai cara budidaya ikan gurame dengan hasil yang melimpah beserta manfaat ikan gurame bagi kesehata. Semoga artikel ini dapat membantuk kalian khususnya para pemula yang sedang ingin mulai menjadi peternak ikan.

Rumah Fauna Situs Refrensi Hewan Peliharaan No #1 di Indonesia.

Jenis Ikan Oscar

Rumah Fauna
4 min read

Jenis Ikan Molly

Rumah Fauna
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *