Angelica Yolanda Gadis yang gemar menulis dan penyuka kucing.

Alasan Kucing Makan Anaknya

Jika seorang ibu memakan anaknya sendiri pasti terdengar sadis dan jahat ya, tapi kenyataannya memang seperti itu, karena kucing tetaplah hewan yang tidak memiliki akal sehat seperti manusia, meskipun kucing hewan jinak tapi yang namanya hewan pasti ada jiwa pembunuhnya.

Sehingga membuat induk kucing tega untuk memakan anaknya yang tidak berdosa. Tidak kenal betina atau jantan, pasti kasus semacam ini pernah kita liat meskipun jarang.

Tapi kenapa ya induk kucing kok bisa melakukan hal demikian? Alasannya apa ya? Berikur beberapa alasan kucing makan anaknya :

1. Induknya sangat lapar

kucing makan anaknya
gambar kucing galak by hewanpeliharaan.org
Biasanya induk kucing akan merasa sangat lapar sehabis ia melahirkan, saking lelah dan laparnya membuat induk kucing terpaksa untuk memakan anaknya yang baru saja dilahirkan.
Kasus ini beberapa kali terjadi, bahkan mina sendiri pernah melihatnya langsung, untuk mecegah kejadian ini kamu bisa meletakkan makanan untuk kucing kamu yang sedang melahirkan.
Selain itu bisa juga dengan memisahkan induk dengan anaknya yang baru dilahirkan untuk sementara supaya lebih aman.

Meskipun yang kita tahu, kucing sebenarnya ahli dalam mencari makan baik di dalam ruangan maupun di alam terbuka. Seringnya kasus ini terjadi pada kucing yang hidup di daerah kutub yang langka akan binatang dan tumbuhan.

Kembali mengingat, kucing tetaplah hewan yang punya jiwa pemangsa dan pemburu.

BACA JUGA: Ciri-ciri Kucing Mau Melahirkan

2. Anak Kucing Terlahir Dalam Kondisi Cacat

anak kucing dan induknya by google.com

Induk kucing bisa memakan anaknya yang terlahir cacat genetik atau sakit, menurut The Cat Site anak kucing yang meati setelah beberapa menit dilahirkan, kemuningkinan ia terlahir cacat.

Induk kucing akan merasa stress dan tidak tega melihat anaknya terlahir cacat, sehingga ia akan mengakhiri hidup anaknya dengan memakannya.

Anak kucing yang mati akan menjadi bangkai dan mengeluarkan bau busuk yang dapat memancing predator ke tempat persembunyiannya. Jadi, induk kucing akan menghabisi bangkai anaknya agar tidak ada bau yang tercium hewan lain.

3. Induknya stress

kucing stress
kucing stress by bobo.grid.id

Kucing bisa mengalami stress saat indukan hamil muda dan melahirkan di waktu yang tidak tepat, hal ini dapat membuatnya ingin menghabisi anaknya dengan cara dimakan tanpa rasa bersalah..

Sebab, bayi kucing yang lahir secara perematur saat musim dingin, kemungkinan besar hidupnya tidak bertahan lama.

Selain itu penyebabnya bisa terjadi karena induk kucing terlampau muda sehingga belum siap untuk mempunyai anak.

Sebenarnya stress yang dialami hewan bisa terjadi karena banyak hal, seperti hamil muda, anak terlahir prematur, ruangan yang sempit, kurangnya nutrisi, hingga stress karena merasa tidak aman dari predator.

Oleh sebab itu, saat kucing peliharaan kamu sedang hamil, buatkan ia tempat yang nyaman dan aman dari gangguan predator, jangan sampai si kucing stress dan memakan anaknya.

4. Anaknya Terlahir Dalam Kondisi Mati

sumber gambar kataperikucing.blogspot.com

Bayi kucing yang terlahir dalam kondisi mati dapat mengancam bayi kucing lainnya yang terlahir sehat, sebab bayi kucing yang mati bisa menyebarkan penyakit atau virus. Maka untuk mengantisipasinya induk kucing akan memakan bayinnya yang mati.

5. Ingin Mengurangi Jumlah Anak

keluarga kucing by petguide.com

Biasanya kasus ini terjadi pada kucing jalanan yang hidupnya di alam bebas dan tidak terawat. Saat kucing liar melahirkan, ia akan stress karena bingung melahirkan banyak anak, maka solusinya dengan membunuh anaknya sendiri.

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kesempatan hidup baginya maupun anak yang lainnya. Karena terlalu banyak anak akan membuatnya repot untuk mengumpani anaknya dan melindungi dari predator.

Artinya indukan lebih rela anaknya mati di tangannya sendiri daripada di tangan binatang lain.

6. Bayi kucing Dipegang Manusia

sumber gambar shutterstock

Ternyata induk kucing yang baru saja melahirkan tidak suka anaknya disentuh oleh manusia, karena ia tidak suka bayinya terdapat bau tangan manusia.

Kucing termasuk hewan yang memiliki indra penciuman yang tajam, dengan endusannya dapat mengetahui jika anaknya sudah tersentuh dengan manusia.

Hal itu akan membuatnya berpikir apakah bayi itu benar anaknya atau bukan, bayi kucing yang sudah terkontaminasi dengan tangan manusia bisa jadi diasingkan bahkan dimakan oleh ibunya sendiri.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan membantu persalinan kucing dengan tangan kita langsung.

Demikianlah alasan kucing makan anaknya dengan tragis dan tanpa rasa bersalah, meskipun hal ini jarang terjadi pada kucing yang dipelihara dengan baik, tapi tetap harus berhati-hati.

Mengingat kembali kucing tetaplah hewan yang tidak memiliki akal sehat dan berjiwa pemburu. Semoga artikel ini dapat membantu, terimakasih.

Angelica Yolanda Gadis yang gemar menulis dan penyuka kucing.

Kucing Persia Flatnose

Rumah Fauna
3 min read

Cara Melatih Kucing

Icha
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *